TUTORIAL

Tampilkan postingan dengan label Tutorial. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Tutorial. Tampilkan semua postingan

Senin, 25 Februari 2013

Sakura-sakura ~brooche~

Bismillah...



Hei, 61 pcs suvenir bunga sakura ini rampung. Setelah ini saya mau buat suvenir bunga merah lagi. Yah, bikin lagi. Simpel tapi cepat buatnya. Cara buat suvenir ini gampang juga. Setelah menggunting 3 pola (bunga merah, sakura, dan daun), 2 helai daun kemudian ditempelkan ke dasar kain flanel pink tua -> lem bunga sakura menggunakan lem fox dan tempelkan ke bunga merah -> setelah kedua bunganya menyatu tempelkan dengan lem secukupnya ke antara dua helai daun di permukaan flanel pink tua pada langkah pertama tadi, tidak usah terlalu rapat. di situ seninya -> tempelkan pula manik-manik mutiara ke tengah bunga -> langkah terakhir adalah menggunting sesuai bentuk bunga dan daun yang telah tertempel. 

Yatto owarimashita, eh belum sih masih ada bentuk bros lain yang mesti kubuat... Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Hima Rain

Jumat, 28 Desember 2012

Kantong Kertas Unik


Bismillah...

Kamu punya banyak kertas pamflet, kalender bekas, ataupun majalah yang tidak terpakai? Kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat kantung kertas unik buatanmu sendiri. Selain menghemat biaya kamu pun bisa mengurangi sampah bukan?! Kantungnya pun bisa kamu gunakan untuk membawa makanan ataupun untuk membungkus hadiah untuk orang-orang terdekat anda.

Kamu bisa menggunakan kreativitasmu untuk membuat kreasi kantung kertas ini. Saya pun mendapatkan tutorialnya dari majalah Nova lama di rumah. Dan ini kreasiku.

Bahan dan Alat:
-          Aneka kertas bekas, baik sampul majalah, kalender, atau pamflet.
-          Pita, tali, kancing, rumput-rumputan, dun-daunan, lem, gunting, serta cutter

Cara membuat:

  • Ambil kertas yg diinginkan. Ambil pula benda yang berbentuk persegi, misalnya buku atau kamus. Saat ini saya gunakan pamflet bekas jica matsuri yang dulu diberi Ninis. Hehehe.


  • Bungkus benda tersebut dengan kertas sampul yang kamu pilih dan rekatkan dengan lem.


  • Biarkan bagian atas atau salah satu celah tetap terbuka.

  • Setelah itu lipat bagian samping kiri-kanan serta bagian bawah kertas. Liat gambar.



  • Jadilah kantung kertas buatan anda sendiri.


  • Setelah itu kamu bisa mengisinya dengan hadiah yang ingin kamu berikan. Kemudian lipat kantung.

  


  • Untuk hiasan, kamu bisa beri pita ataupun tali. Jika kamu menginginkan aksen unik dengan kantung kertasmu, kamu bisa melubangi bagian atas kantung yang telah dilipat dengan pelubang kertas. Setelah itu ambil rumput-rumputan yang telah kamu  hias dengan pita cantik kemudian masukkan ke dalam lubang tersebut. Manis bukan hasilnya. Untuk kali ini saya hanya gunakan pita yang kuikat dari bagian bawah hingga ke atas hingga menutupi kantong secara vertikal. lihat gambar




Untuk alternatif variasi lainnya sepenuhnya bisa kamu kreasikan sendiri bagaimana menghiasnya. Selamat mencoba.


Hima Rain

Kamis, 29 November 2012

Cara Membuat Sushi dari Flanel

Tutorial Sushi Felt
Bismillah…
Apa kabar sobat blogger? Lama tak bersua ya. Lama kan? Dua pekan lalu Airin Handicrabby dapat pesanan sushi felt banyak banget, dalam pekan itu saya buat sushi terus sampai saya bosan liatnya. Supaya saya tidak bosan sengaja saya jepret-jepret beberapa foto saat membuat. Foto-foto ini untuk keperluan postingan tutorial felt kali ini, nah kali ini kalian harus dibekali keahlian gulung-gulung, teknik jahit-menjahit tidak dibutuhkan kok kali ini. Kalo sudah ahli gulung-gulung pasti pintar deh bikin sushi ini. Nah, berikut tutorial cara membuat sushi dari flanel.

.......................................o0o.......................................
Pertama-tama, pastikan siapkan flanelnya dulu. Yang kita butuhkan untuk sushi felt adalah yang berwarna kuning (untuk tiruan tamagodashi), yang kedua hijau muda dan hijau tua (tiruan sayur-sayuran), orange (sebagai daging), putih (sebagai nasi), dan hitam (sebagai nori). Setelah bahan, hal yang kita butuhkan adalah alat, yang paling penting pertama adalah gunting kemudian lem lilin beserta pelelehnya. 

tahap ke-2
Kedua, gunting dulu flanel berwarna kuning, hijau muda, hijau tua, dan orange. Ukurannya 4 cm x 1,5 cm. Flanel putih dipotong dengan ukuran 20 cm x 1,5 cm. Untuk warna hitam potong dengan ukuran lebar 1,5 cm dulu, untuk panjangnya tidak usah ditentukan.















Flanel putih, ujung-ujungnya dipotong gerigi seperti ini hasilnya












tahap ke-3
Ketiga, gunakan keahlian gulung-menggulungmu sekarang. Gulung satu persatu flanel-flanel kuning, hijau, dan orange tadi. Saat menggulung usahakan rapat sehingga hasilnya rapi, rekatkan ujungnya dengan lem lilin. Satukan keempat flanel berwarna tadi dengan merekatkan sisi-sisinya dengan lem. Lihat pada gambar.
















tahap ke-4
Keempat, ambil flanel putih yang telah dipotong gerigi tadi kemudian sisi ujungnya diberi lem dan rekatkan flanel berwarna tadi. Gulung hingga kain putihnya habis dan sedikit-sedikit diberi lem di saat menggulung putih supaya kuat.
















tahap ke-5
Kelima, seperti saat sebelum menggulung putih tadi, sekarang lakukan hal yang sama untuk nori atau flanel hitamnya. Rekatkan ujung flanel hitam dan gulung sushinya hingga menutupi seluruh bagian sushi. Dan tutup dengan merekatkan lem di ujungnya.





















Seperti ini hasilnya

Sushi ini sudah jadi, tapi jika kamu menginginkannya bergantung di tasmu atau di hpmu. Silakan memberi gantungan kunci atau hp pada sushi. 












Buat lubang pada sushi dengan jarum besar. Kemudian masukkan ring gantungan kunci dan sambungkan dengan rantai gantungan kuncinya. Tadaaa.


Selamat mencoba, perhatian bukan untuk dimakan nih. HEHEHEHE.

Jika ingin bertanya kalau kurang mengerti silakan menghubungi kontak ym ku: himawari.chu. Tapi maaf ya kalau saya lama membalasnya, soalnya sedang susah koneksi internet. 

Hima Rain

Rabu, 05 September 2012

Mawar Merah Bertangkai dari Flanel

Bismillah...

Dua hari lalu saya kembali buat kreasi felt. Kali ini kreasi yang kubuat adalah mawar merah bertangkai. This is the first time i made the rose with the stalk. Saya dapat tutorial membuat mawar di blog www.howjoyful.com/ setelah itu kucoba membuat tangkai seperti yang kubuat di tutorial membuat bunga matahari. Setelah buat bunganya terlebih dahulu, kupasanglah kuncup mawar ke tangkai yang telah dililiti flanel sebelumnya. Dan jadilah...

apa pendapatmu kawan

Coba deh buat beberapa lagi terus taruh di vas bunga. Bakal lebih cantik terus letakkan di mejamu atau di ruang tamumu.

tak ada vas, t4 tisu pun jadi
Mawar merah memang tidak ada duanya. Membuatnya pun berasa lebih enak soalnya keren banget paduan warna merah dan hijau. So natural. Setelah mawar ini saya akan coba buat Lotus alias Teratai. Bunga subur di tempat yang unik. 

nampang lagi yuk

Hima Rain

Sabtu, 23 Juni 2012

Cara Membuat Bunga Matahari dan Tangkainya dari Kain Flanel

Bismillah...


Apa kabar sobat blogger? Gimana? Kangen ma Hima Rain? Hehehe Lama tidak posting karena saya sedang sibuk menyelesaikan skripsi kawan. Postingan ini saja saya schedule dari jauh-jauh hari untuk menanti hari-hari sibuk seperti sekarang. Permintaan seorang kawan untuk posting tutorial karya di bawah ini. Kalau jadi, kalian bisa jadikan vas bunga.

 

 
...................................................

Nah, tidak berlama-lama:
1. Siapkan alat dan bahan: Lem Lilin, kawat (panjang sesuai keinginan), kain flanel yang telah dipotong dengan ukuran 30 cm x 1 cm

2. Potong kain flanel dengan bentuk daun seperti di bawah ini

3. Buat bunga mataharinya, caranya pernah saya posting di sini

4. Lilitkan flanel yang panjang tadi pada kawat, rekatkan dengan menggunakan lem lilin. Kemudian lilitkan pula daun pada tangkai. Begini hasilnya:

5. Untuk bagian kelopak bunga, rekatkan kelopak pada tangkai tadi dengan terlebih dahulu membuat lubang pada kelopak. Kemudian beri lem lilin. (lihat gambar)

6. Untuk cara selanjutnya, lihat pada gambar

7. Pada poin ini waktunya untuk menempelkan bunga pada tangkai, cek gambar

8. Begini hasilnya:

Begitulah, tutorial singkat membuat kreasi Bunga Matahari dengan tangkainya. Semoga kalian suka dan mengerti. Tidak mengerti?? Silakan menghubungi saya via ym. Akan kujawab semua pertanyaan kawan-kawan. 
\(^o^)/


Hima Rain

Cara Membuat Bunga Matahari dari Kain Flanel (Edisi Terbaru)


Bismillah... Hari ini hima mau membagikan tutorial lagi cara membuat bunga matahari dari flanel. Dulu saya buatnya kayak ginidan sekarang saya akan membuatnya dengan cara berikut. Lets cekidot

1. Persiapkan alat dan bahanmu, karena sunflower itu kuning jadi yang kita butuhkan adalah kain flanel kuning dan coklat untuk bagian tengah bunga. Jangan lupa gunting, jarum dan benang.


2. Buat pola di atas kain

3. Gunting pola tadi

4. Gunting juga kain yang coklat. Ukurannya lebih kecil daripada yang kuning

5. Gini nih penampakan hasilnya

6. Langkah selanjutnya lipat dua kain kuning bulat tadi 

 7. Gunting bagian tengahnya, tapi jangan sampai putus ya.... sedikit aja.

8. Ikuti gambar di bawah ini, setelah itu lipat lagi bagian yang tergunting itu kemudian gunting lagi bagian tengahnya seperti langkah 7

9. Setelah itu potong lagi menjadi 3 bagian..Hingga keseluruhannya berjumlah 12. Liat gambar

10. Setelah itu usahakan untuk membuat kelopak dengan rapi.

Liat bagian yang saya garis. Itu bagian yang harus digunting untuk membuat kelopak.

11. Jadinya bakal seperti ini, eh sisa guntingan itu jangan dibuang ya (ada gunanya diakhir)

12. Tumpuk kedua kelopak

13. Jahit dari bawah dahulu

14. Coba bikin seolah-olah ada titik di kelopak, jahit bagian titik. Liat gambar di bawah ini. Jahit jelujur ya, karena diakhir jahitan akan ditarik.

Jadinya akan seperti ini kalo jahitan telah ditarik
aksen kelopaknya terlihat bukan??!!

15. Waktunya menjahit bagian tengah bunga

Jahit jelujur sekeliling kain coklat bulat tadi. Kemudian tarik jahitan, isi dengan sisa guntingan kain tadi. Secukupnya aja. Liat gambar di bawah ini

16. Tempelkan di atas kelopak kuning dan kemudian jahit pinggir bagian bunga yang coklat tadi. Jahitnya tembus hingga ke kelopak kuning. 

..........................................................


Itulah keenam belas cara yang telah saya paparkan. Semoga anda mengerti hehehehe.. Tidak mengerti? Hubungi rumah sakit terdekat. Ah maaf bercanda. Hubungi saya via ym, saya akan menjawab semua pertanyaan anda. Sekian dari Hima, selamat mencoba........

Hima-Rain