TUTORIAL

Rabu, 17 April 2013

Jya, Uete Shiyou!

Bismillah...

Tanaman selalu bikin sejuk. Sejuk dilihat, sejuk dipandang, dan sejuk di hati. Iya kan?! Menanam tanaman di sekitar rumah itu bikin adem rumah lho. Berbagai tanaman bisa kamu tanam, mulai dari tanaman-tanaman penyejuk, penghias, bahkan sayur-sayuran untuk dimakan. Saya sendiri menanam tanaman-tanaman kecil di balkon rumah untuk penyejuk loteng rumah yang cukup panas. 


Di sisi rumahpun Mama menanam beberapa  pohon dan tanaman. Ada pepaya, belimbing, dan beberapa daun sereh. Kebanyakan sih tanaman hias. Bunga pukul 9, bunga anting-anting, tapak dara, dan berbagai tanaman yang tidak kuketahui namanya. Tanaman, selain untuk penghias bisa dimanfaatkan sebagai obat juga. Banyak khasiat dari tanaman hias yang baru kutau setelah googling. Tapak dara ini salah satunya Air rebusan daun tapak dara bisa menyembuhkan diabetes dan hipertensi, akarnya malah bisa untuk obat asma. Hum, bunganya sendiri pemirsa, bisa untuk orang yang kurang darah. Wow, subhanallah ya khasiatnya. 


tapak dara, dengan bekgron rumah tetanggaku
Itu baru tapak dara, tanaman hias lain juga banyak manfaatnya asal kitanya si pemelihara banyak membaca dan mencari tau. Terus terang saya baru tau khasiat tanaman-tanaman hias itu setelah iseng googling dan baca Buku Pintar Senior milik bapakku. Ternyata mereka adalah apotek hidup. 

Pernah liat tanaman ini nda?

sumber gambarnya pinjam di sini
Tanaman ini namanya daun meniran, di makassar sering disebut camba-camba sibokoi. Artinya? Hum, saya nda tau. Seringkali karena tumbuhnya liar, hanya dianggap rumput dan dicabut semena-mena sama orang. Saya dulu begitu, waktu kecil tanaman ini kujadikan bahan untuk main masak-masakan dan kucabut semena-mena. Paling banyak tumbuh sih dekat rumah. Setelah mamaku terkena rematik, beliau dikasi resep dari tukang herbal untuk minum daun ini. Ternyata tanaman liar ini  bermanfaat untuk mengobati rematik. Subhanallah.. tanaman liar pun punya khasiat. Bemana dengan rumput yak? Saya belum googling tuh. 

Selain sebagai obat untuk diminum, tanaman juga salah satu pereda stress yang ampuh, menurutku. Biasanya yang kulakukan adalah mencoba menanam tanaman baru lagi sembari berbicara dengan tanaman, "cepat tumbuh ya nak (baca pohon kecil)". Stress rasanya bisa langsung hilang ditelan kesibukan menanam. Coba deh bagi yang  suka stress.... 


Menanam yuk!

Hima Rain

Selasa, 09 April 2013

Kuku

Bismillah...

Muncul dengan langkah malu-malu di depan rumah.....

Malam itu hujan deras hingga jalanan dan taman di samping rumah ikut dipenuhi air hujan. Banjir saat itu mendaki hingga pertengahan betis orang dewasa. Terdengar bunyi kecipak-kecipak air kecil dari sudut rumah sebelah rumahku hingga menuju ke rumah sebelahnya lagi. Dikira tikus yang berenang, ternyata seekor kucing kuning lucu sedang berenang mencari tempat berteduh. Issh kesyian.... Oleh my bro diambilnya kemudian ditaro di rumah.... Kuku means kucing kuning... 

Hola



maksa tuh tangan

Hima Rain