TUTORIAL

Selasa, 31 Desember 2013

Umm Tahun Baru?? Tentang Hati dan Cinta

Bismillah...

Selain Ulang Tahun, saya pun tidak merayakan Tahun Baru. Iya, masya Allah kalau ada yang bertanya kenapa, awalnya mungkin saya akan menjawab tidak suka dan alasan-alasan agar orang lain tidak tersinggung dengannya. Dan saya pun berpikir tidak sepatutnya menyimpan ilmu yang telah kita dapatkan sebelumnya, apalagi ini tentang ad-dien.

Kenapa saya tidak merayakan ultah, tahun baru dan perayaan lain yang dibuat oleh manusia? Jawabannya: ini persoalan aqidah, masalah kepercayaan dan pembenaran hati. Subhanallah masalah hati itu adalah masalah kita dengan Allah. Ya penjelasannya panjang, kita liat yang satu ini saja yuk beberapa kutipan kuambil dari Fanspage Yusuf MansurNetwork, cekidot.

Ada baiknya ketika melakukan atau merayakan sesuatu ada baiknya kita tau asal-usulnya. Nah, terkait Tahun Baru, kita liat sejarahnya dulu dehh~

Perayaan tahun baru masehi memiliki sejarah panjang. Banyak di antara orang-orang yang ikut merayakan hari itu tidak mengetahui kapan pertama kali acara tersebut diadakan dan latar belakang mengapa hari itu dirayakan. Kegiatan ini merupakan pesta warisan dari masa lalu yang dahulu dirayakan oleh orang-orang Romawi. Mereka (orang-orang Romawi) mendedikasikan hari yang istimewa ini untuk seorang dewa yang bernama Janus, The God of Gates, Doors, and Beeginnings. Janus adalah seorang dewa yang memiliki dua wajah, satu wajah menatap ke depan dan satunya lagi menatap ke belakang, sebagai filosofi masa depan dan masa lalu, layaknya momen pergantian tahun. (G Capdeville “Les épithetes cultuels de Janus” inMélanges de l’école française de Rome (Antiquité), hal. 399-400)

Umm ternyata eh ternyata sejarahnya tidak lain dan tidak bukan hari itu adalah hari dedikasi salah satu dewa orang-orang Romawi, jelas ya ini bukan berasal dari Islam, tidak setitikpun.

Umm sejarahnya tidak ada hubungannya dengan Islam, selain itu fakta besar lainnya “Merayakan tahun baru tidak ubahnya merupakan tasyabbuh (perbuatan meniru) kebiasaan agama lain”, yang dengannya semakin lama akan semakin mengikis aqidah kita dan juga mengikis pula rasa bangga terhadap agama Islam ini. Sebagaimana hadits riwayat Ahmad, Abu Dawud dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban berikut: “Barangsiapa bertasyabbuh (menyerupai ) suatu kaum maka ia termasuk dari mereka”.

Allah SWT berfirman:


ولن ترضى عنك اليهود ولا النصارى حتى تتبع ملتهم”.



“Dan orang-orang yahudi dan nasrani tidak akan rela kepadamu hingga kamu mengikuti agama/millah (Tradisi khas keagamaan, jalan hidup) mereka”. (QS. Al-Baqarah: 120)


Umm selain dua poin di atas, ada satu poin yang patut kita liat juga. Perayaan tahun baru identik dengan pesta dan kembang api. Keduanya menghambur-hamburkan harta untuk sebuah kesia-siaan. Membakar mercon sama saja dengan membakar uang. Paadahal masi ada hal bermanfaat lain yang bisa kita lakukan dengannya;

وَآَتِ ذَا الْقُرْبَى حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا (26) إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا [الإسراء/26، 27]


"Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya." (QS Al-Israa’ [17] : 26-27)


Semoga kita senantiasa selalu dilindungi Allah dari kesia-siaan dan dari perbuatan maksiat kepadaNya. Masya Allah persoalan aqidah itu persoalan kita dan Allah. Kalo perayaan tahun baru adalah perbuatan mengikis aqidah, sungguh menghindarinya adalah suatu perbuatan yang sangat baik. Dan tulisanku ini adalah wujud cintaku kepada sesama saudara-saudari muslim.





Hima Rain

Minggu, 29 Desember 2013

Hiragana Table

Bismillah...

Huaah kyou wa nichiyoubi desuyo~ Bagusnya kita belajar bahasa Jepang kali ya, kemarin dapat tabel hiragana yang lucu di Fanspage Kokoro no Tomo. Tabel hiragana ini chou kawaii dan colourful. Cocok untuk belajar huruf bagi yang mau mempelajari hiragana. 

klik untuk memperbesar
Saya suka huruf hi pada himawari dan a pada ame hahahay. Kalian suka yang mana?


Hima Rain

Senin, 16 Desember 2013

Madu Jadied, Sehat Lambung!

Bismillah...

Hum blog ini jadi kurang bermanfaat sejak lama tidak kutulisi, mari kita coba mengambil manfaat darinya lagi. Hari ini saya mau memperkenalkan salah satu produk Indonesia yang memang di tivi-tivi belum muncul iklannya tapi Masya Allah sangat bagus khasiatnya untuk kesehatan perut alami. Saya sudah menggunakannya kurang lebih sejak 2 tahun walaupun kugunakan tidak rutin dan hanya kuminum kalo sedang terkena maag saja. Nama produk ini "Madu JADIED Sehat Lambung", dengan tagline solusi untuk masalah lambung tanpa efek samping! 


Hei, this is real news, look at my eyes to prove it, fufufu!


Dengan Netto 165 gram, Madu Jadied ini merupakan ramuan herbal olahan yang terdiri dari madu murni, sari kurma, minyak zaitun, minyak habbatussauda, Zingiber Officinale (jahe) dan Mentha Arvensis (ekstrak daun mint). Kalian tau komposisi kesemuanya itu menghasilkan ramuan yang sangat menyamankan perut. Dengan izin Allah ramuan ini sungguh manjur lo kalo kalian sedang mengalami gangguan perut; karena maag, masuk angin, dan lainnya. Biasanya kalo saya sedang maag saya minum ini dua sendok kalo sakit banget, tapi kalo biasa saja sakitnya cuma sesendok, alhasil beberapa menit kemudian perut kembali normal. Alhamdulillah ya sesuatu. 

Madu sendiri adalah obat alami yang dianugerahkan oleh Allah kepada manusia untuk segala macam penyakit lho. Ilmu pengetahuan sudah banyak mengeluarkan bukti-bukti khasiat pengobatan luar biasa dari madu. Khusus untuk masalah perut, madu berkhasiat untuk menyembuhkan sakit perut dan membersihkan kotoran di perut hingga di akarnya (Rasulullah is My Doctor hlm. 176), bisa mengurangi tingkat keasaman lambung saat maag. 

Sari Kurma sangat bagus untuk lambung dengan manis alaminya, sangat bagus untuk semua jenis permasalahan perut. Minyak Zaitun adalah minyak alami yang sangat baik membantu menyamankan perut. Jahe adalah anti muntah dan mual (efek saat sakit maag), selain itu meredakan perut kembung, gangguan pencernaan, infeksi usus, dan beberapa jenis keracunan makanan. Minyak Zaitun dapat membantu menstimulasi dan meringankan perut yang bermasalah (Rasulullah is My Doctor hlm. 199). Hummmm bagaimana? Kolaborasi penyembuh gangguan perut yang keren bukan?!! 

Biasanya kalo maag kambuh saya biasanya langsung minum madu ini 2 sendok dan minum air sesudahnya. Walaupun belum makan madu ini tidak ada efek sampingnya. Setelah minum ini kadang saya berbaring telentang dan beberapa menit kemudian perutku kembali nyaman. Kadang juga kalo perutku sakit karena kebanyakan makan makanan pedas, madu ini jadi solusi praktis. Perut jadi aman, lambungku juga jadi hangat dan tidak kembung lagi. 

Untuk rasanya sendiri, awal-awal saat meminumnya agak-agak lain rasanya karena ada rasa mint yang kurang kusukai, namun rasa madu dan sari kurma yang manis jadi bikin enak.  

So, jadi mau coba kan? Coba yuk!


Ingat tidak hanya maag saja, madu ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga dan mengobati lambung. Bisa diminum untuk anak-anak dan orang dewasa 3 kali sehari. Jangan lupa dengan Basmalah dan keyakinan bakal diberi kesehatan oleh Allah melalui ramuan madu ini. Keyakinan adalah hal utama dalam apapun, ingat hanya Allah Yang Maha Penyembuh. Selamat mencoba!

Hima Rain

sumber info herbal:
Buku Rasulullah is My Doctor karya Jerry D. Gray

Kamis, 12 Desember 2013

Bros Bunga Satin ~Tutorial~

Bismillah...

Beberapa hari ini saya tidak menulis di blog yah karena saya sedang menjalin cinta dengan mainan baru. Ya, saya jatuh cinta dengan kain satin. Ummm saat ini saya sedang asik-asiknya mengubah bentuk kain ini jadi bros-bros lucu. Kain ini sungguh asik dijadiin bros karena warnanya terang, kesannya elegan, gampang dibentuk dan juga hasil brosnya jadi banyak. Hei, bagaimana dengan flanel? Hooo tenang flanel masi nomor satu kok di hatiku, saat ini pun masi ada rancangan bentuk baru usulan teman yang akan kuperkenalkan padamu nanti. 

Oke baik kita ke paragraf dua, umm setelah buat bros ini dalam jumlah banyak ingin juga deh kubagi ke kalian cara membuatnya. Bentuk bros ini memang sudah lumrah sih, kalian bisa temukan banyak di penjual-penjual aksesori di pasar ataupun di mall. Nah, kali ini saya akan membagi cara membuatnya ke kalian. Caranya sangaaat mudah. Jya, hajimemasho~

Pertama
Siapkan bahan berupa kain satin, benang, manik-manik, peniti bros beserta mangkoknya, dan lem lilin. Untuk alat jangan lupa gunting, jarum, dan glue gun.

Kedua
Cetak bentuk bulat dengan ukuran diameter 8 cm ke atas kain, kalo saya pake tutup bedak marcks untuk bikin bulatannya. Gunting dan buat 5 lembar yang sama.














Ketiga
Lipat menjadi dua bagian kainnya, setelah itu lipat lagi menjadi dua. (Liat gambar deh biar lebih jelas). Lakukan ini untuk kelima bulatan kain tadi.



Keempat
Bagian yang sudah terlipat itu kini kita jait jelujur bagian bawah yang lengkung itu. Jahit kelima bulatan dan jangan biarkan benang putus di tengah jalan.




Kelima
Nah, sekarang satukan kedua ujung terpisah itu dengan jahitan dan jahit hingga kuat dan tidak terlepas lagi.





Keenam
Waktnya manik-manik beraksi, ambil 3 biji manik-manik dan rekatkan pada bagian tengah bunga menggunakan lem lilin.


Ketujuh

Rekatkan pula bagian belakangnya dengan mangkok pin beserta penitinya. Pake lem lilin juga ya.

















Kedelapan
Inilah hasilnya, cho~ kawaii deshou...


~Semoga bermanfaat aamiin...~


Hima Rain

Sabtu, 07 Desember 2013

Hadiah dan Kelegaan Karena Datang Lebih Awal

Bismillah…

23 April 2011,
Hari ini mentari pagi menyapaku dengan silaunya dari balik jendela pete-pete (red;angkot) yang kutumpangi menuju kampus. Cahaya yang sedikit hangat itu menghangatkan dinginnya sela-sela jari-jemari yang sedari tadi bersinggungan dengan angin paksaan yang mencoba masuk dari pintu depan angkot. Iya sedari tadi pak supir ini terus saja menancap gas di sepanjang jalur-jalur panjang jalanan pagi itu seperti tidak memperdulikan ada seorang penumpang dag-dig-dug ria dan berwajah cemas akibat manuver-manuver bak pengemudi professional itu.

Ahad, bukan main di hari libur sedunia itu aku mesti beraktifitas sepagi mungkin. Jujur di pagi hari lain biasanya, apalagi ahad aku lebih sering melakukan rutinitas menonton kartun pagi atau sekedar berbaring-baring tidak jelas dan memanjakan rasa malas. Aku selalu berpikir tidak mengapa berlambat-lambat ria karena aku bisa bergerak dengan cepat melampaui waktu.  Sungguh rasa percaya diri berlebihanku itu sungguh menjerumuskan. Tak ayal aku selalu menjadi orang yang telat dan dijuluki Ratu Telat di setiap kesempatan ‘janjian’.

Tetapi hari ini berbeda, aku seperti terhipnotis dan termotivasi untuk bangun jauh lebih cepat. Sholat, mandi tepat waktu. Berangkat pun 2 jam sebelum jadwal. Ada apa denganku? Apakah semalam aku diberi ramuan tepat waktu oleh Doraemon? Atau seorang pangeran tampan menasehatiku untuk tidak jadi ratu telat lagi? Hahaha, entahlah yang pastinya hari itu aku tidak ingin terlambat lagi.

2 pekan lalu seorang teman sekampus yang kukenal sebagai seorang aktivis dakwah itu memberikan beberapa tiket seminar kepadaku. Ia yang kukenal itu menawarkan sebuah tiket seminar untukku dan beberapa tiket lain untuk ditawarkan ke orang lain. Entahlah angin apa yang membuatku tiba-tiba menyetujui untuk mengambil serta menawarkannya ke orang lain. Yah, temanya memang menarik, sangat bermagnet. Aku pun inisiatif menawarkan ke dua orang  sahabat. Itulah sebabnya aku di ahad nan dingin ini berada di sini sekarang, kedinginan dan kelaparan. Aku abaikan sarapan tadi padahal dari semalam aku tidak makan malam, maka makin beratlah kurasakan pagi itu.

Aku turun dari pete-pete di depan gerbang kampus dan aku masih harus menjemput dua orang teman yang akan ikut seminar bersamaku. Tiba di tempat tujuan kami, aku dan kedua orang ini dalam langkah malu-malu, datang ke kampus pagi itu...hehehe (copas puisi dikit nih). Wah, suasana di jalanan tadi hampir sama dengan suasana depan gedung seminar ini. Sepi. Tapi masi terlihat lebih banyak orang-orang di depan sana. Sepertinya itu panitia pelaksana. Kami bertiga awalnya celingak-celinguk mencari pintu masuk dan aku sendiri sibuk melayangkan mata mencari mungkin ada penjual makanan di sana.  Oalah ternyata eh ternyata kami terlalu cepat datang. Panitia di bagian akhwat masi bersibuk-sibuk dan berjalan ke sana kemari mempersiapkan segalanya.

Setelah mencatat nama di buku registrasi, kami dipersilahkan menunggu karena ruangan belum siap, maka makin kelaparanlah diriku. Perutku makin bergelora tetapi tetap kutunggu ruangan terbuka dalam diam. Tak dinanya seseorang memberikan kepada kami sebuah hadiah kecil dan juga diberi sepotong kue. Alhamdulillah aku terharu. Aku mengatur napas dan berusaha untuk tidak terlalu lebay, dan kuberikan senyum termanisku kepada si pemberi makanan.

Tekadku untuk menepati waktu saat itu diberi hadiah oleh Allah dengan sarapan pagi sederhana untuk perutku yang sangat keroncongan pagi itu. “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”.

Datang sebagai tercepat hari itu membuatku kami menjadi sedikit istimewa. Memilih tempat duduk strategis dan  mendapat hadiah pula sebagai peserta tercepat. Seminar pun dimulai dan memang bedah buku bank konvensional itu sungguh memukau. Aku jadi tertarik untuk memiliki bukunya. Tapi aku tidak punya cukup uang membelinya. Kututup harapanku untuk memilikinya. Ternyata di akhir acara takdir berkata lain, moderator mengumumkan bahwa ada doorprize hadiah buku itu untuk 10 peserta. Ya, Allah  sungguh aku terkejut saat itu. Allah menjawab keinginanku langsung hari itu. Hari itu aku pulang dengan membawa setumpuk kesenangan dan hadiah yang tidak kusangka-sangka. Sejak hari itu saya bertekad untuk berubah.
--------o0o--------

Aku tahu kisah ini tidak terlalu istimewa tapi aku belajar banyak hal dari peristiwa hari itu. Semua ini menjadi saksi nyata bahwa sesungguhnya kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula. Hari itu aku membuat satu keputusan baik untuk diriku yaitu keluar dari zona nyamanku dan menetapkan diri untuk menjadi orang yang tidak menunda waktu. Dan hadiah yang kudapat hari itu pun tidak seberapa, tapi sungguh ada suatu perasaan aneh yang kurasakan. Rasa ini sungguh tidak biasa. Sebuah rasa lega yang luar biasa, ini seperti saat aku berhasil memperbaiki benang kusut di tengah jalan saat menjahit atau seperti saat aku berhasil mengeluarkan duri kecil yang tertusuk di ujung jariku. Iya iya, itu yang muncul. Beberapa saat aku menyadari itu yang dinamakan kelegaan dan kepuasan. Aku berhasil menaklukkan rasa manja di dalam diri dan kebiasaanku.


Istimewanya adalah Allah memberiku hadiah untuk permulaan tekad baikku di hari itu dengan menjawab keinginanku langsung di hari yang sama. Menghargai waktu ternyata akan membuka rejeki-rejeki lain yang sebelumnya belum pernah kurasakan. Sungguh, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? 

Kamis, 05 Desember 2013

Info Giveaway Craft Desember 2013

Bismillah...


Apa kabar kawan blogger? Apakah kalian salah satu penyuka handicraft dan segala yang berhubungan dengannya? Yuk ikut beberapa giveaway desember berikut. Hummm ada yang hadiahnya handicraft, DIY kit tools, ataupun bahan-bahannya saja. Kalau dapat bahan-bahan dan DIY kit tools kan lumayan buat latihan buat craft dan kalau handicraftnya untuk keperluan sendiri kan fufufu. Ayo ikut batas waktunya rata-rata akhir tahun. Cekidot...


  1. #2 GIVEAWAY Moymoik fabric
  2. dec 2013 Goodthinks Giveaway ^^
  3. Giveaway Akhir Tahun
  4. Fillyawie's Year End Giveaway
  5. CRAFTY PATTY'S 1ST GIVEAWAY
  6. Giveaway: 20 Living In Vintage Fabric Panels
  7. Giveaway Ichi Desember 2013

Kalau masi ada info craft lainnya silakan share yuk di komentar. Happy crafting all....


Hima Rain

Rabu, 04 Desember 2013

Tiap Kali Hujan Kenapa Ada Angin

Bismillah...

Tiap Kali Hujan Kenapa Ada Angin


Aku mungkin akan sangat senang jika engkau mengaitkanku dengan langit

Ya, teman setia hujan pasti adalah langit

Apa aku langit?
Ah aku hujan
Kami sepakat menamai diri sesuai suka

Aku suka, dia juga suka

Sengaja
Aku menunjuk langit dan menyatakan suka padanya
Untuk mengalihkan perhatian kalian yang sedang memadu rindu
Hujan bukan obat nyamuk penemani romantismemu saat itu

Hujan pun terus mengamati langit
Ia jadi suka
Bagaimana ini?
Aku tidak ingin memancarkan air merah madu

Hujan resah tapi ia tetap suka
Hari itu hujan memandang langit lagi
Tetiba angin melesat
Ingin meraih lengan hujan

Tidak mereka tidak
Angin dan hujan saat itu tidak bersatu
Tidak bersatu membuat badai
Angin sendiri tenang
Hujan tetap menatap

pic source
Hujan terdiam menatap lama
Tak sadar angin lenyap dari derasnya hujan
Hujan tetap melihat angin
Angin lenyap tapi ia di sana


Hima Rain

Senin, 25 November 2013

So, Smile!

Bismillah...

Perlahan kuturun
Tak lama kulompat sedikit dari air
Ia lebih lincah dariku

Aku berhenti
Menunggu melesat reda
Lanjut kemudian terhenti di tengah
Ia muncul dan duduk

Aku berdiri sambil diam dan perlahan memiringkan kepala
Bingung bertanya-tanya
Siapa?

Saya memang kaku,
Susah gerak bila tidak tau
Dingin berseliweran dan kupeluk jaketku
Ia tetap duduk
Masi jua duduk dan melihat
Dari balik kaca hitamnya

Ia buka dan kemudian aku sadar
Senyum ia
Senyum meluluhkan segalanya

さわやかな笑顔~


Hima Rain

Minggu, 17 November 2013

What I Have to Do, My Future Shop?

Bismillah...

Bicara tentang mimpi saya pasti ingat dengan lirik ini:

Mimpi adalah kunci
untuk kita menaklukkan dunia
berlarilah tanpa lelah
sampai engkau meraihnya

Ya, liriknya kena banget bagi seorang yang punya mimpi. Bukan mimpi yang terjadi di alam bawah sadar ketika kita tidur, tetapi mimpi yang merupakan hal yang sangat kita inginkan di dunia ini. Saya punya banyak mimpi. Mimpi yang terkadang saking inginnya kuwujudkan jadi betul-betul terbawa mimpi di malam hari. 

Saya punya mimpi punya toko sederhana yang menjual segala hasil karya kerajinan tanganku. Apakah mimpiku itu kecil? Oh no, saya menganggap itu mimpi yang sangat besar. Sedari kecil saya memang tidak mengharapkan memiliki toko seperti itu. Tetapi seiring hobi berjalan saya makin cinta dengan craft. Sehingga dengan adanya toko itu saya bisa menyebarkan hasil kreasiku dan bisa juga menyebarkan ilmu craft juga sekalian. Saat ini mimpi itu mungkin belum bisa terwujud dengan cepat, tapi setidaknya sudah ada banyak hal yang saya lakukan untuk mewujudkannya.

1. Ud'uni astajib lakum. Selalu berdoa, doa adalah salah satu penyebab berhasilnya seseorang. Selalu berdoa kepada Allah dan mintalah segala apa yang kau inginkan niscaya Allah akan mengabulkan. Tapi ingat ya mintalah kepada Allah disertai dengan usaha. Usaha itu adalah salah satu pengantar keberhasilan, tapi dahuluilah dengan doa. Doa di kala lapang jauh lebih bermakna ketimbang doa di kala sempit. Itu adalah bentuk kesyukuran kita kepada Allah.

pic source
2. Membuat target pencapaian. Bila punya mimpi ada baiknya membuat terlebih dahulu target pencapaian. Target itu berupa waktu kapan mimpi itu terwujud atau bisa kita sebut deadline kali ya. Contohnya seperti ini, "Saya akan punya toko dalam waktu 1 tahun" misalnya. Ada baiknya lagi mimpi itu ditulis gede-gede di tembok sehingga kalian akan lebih sering melihat dan mengingatnya.

pic source
Deadline memang tidak hanya digunakan kalo ingin menyelesaikan sesuatu tetapi mimpi pun berhak diberi deadline. Apa sih gunanya? Banyaak dan ngaruh banget. Kita bakal lebih fokus meraihnya dan sangat menentukan hasilnya kelak. Tidak punya target waku akan membuatmu santai dan berleha-leha dalam meraih mimpi dan mimpi makin semakin jauh?! Padahal lirik di atas jelas menyebutkan "berlarilah tanpa lelah" itu mengindikasikan tidak ada kata berjalan santai dalam meraih mimpi #menurutku. Oke intinya saya dan kalian yang punya mimpi mesti membuat target waktu pencapaian. 

3. Punya toko online. Saat ini saya memiliki toko online, ini adalah salah satu pijakanku untuk memiliki toko offline. Tau kan kalo online itu berarti saya belum punya toko di tataran offline alias di dunia nyata. Saya memiliki 3 galeri di dunia maya. Toko-toko saya itu saya bentuk di tahun 2011, awal peluncuran usahaku. Apakah saya puas dengan ketiga toko online itu? Belum, tidak ada yang lebih baik ketimbang melihat aslinya di dunia nyata. Fufufu

Airin Handicrabby

4. Menabung. Eits ini nih cara yang paling sering digunakan orang untuk mewujudkannya dan saya pun juga menggunakannya. Menabung berapa lama untuk mewujudkannya? Fufufu hanya saya yang tahu.

pic source

5. Bikin stok karya banyak-banyak. Hei, sebelum punya toko harus punya isinya kaaan. Hehehe dan membuat stok adalah bagian penting terjadinya toko offlineku. Tiap hari berinovasi dan bertekad membuat 1 atau lebih karya baru setiap harinya. Bayangkan kalo diselaraskan dengan waktu target pencapaianku. Pasti akan banyak sekali karya-karya baruku di saat launching nanti yeaay.



6. Memantaskan diri. Selalu berupaya memantaskan diri untuk punya toko. Berusaha untuk terus bisa mengendalikan diri dan memiliki rasa bertanggung jawab terhadap sesuatu yang telah dibuat. Belajar, belajar, belajar, dan belajar lagi. Berani berbuat berani bertanggung jawab #eh.  

Yap, 6 hal yang mesti saya lakukan terus-menerus secara berkesinambungan untuk meraih mimpi punya toko. Yossssh gambarimasu Doakan saya yaaa teman-temaan. Itulah salah satu cerita singkat mengenai salah satu mimpi-mimpiku. Masih banyak mimpi lain yang belum kuceritakan, kalo kuceritakan pasti postingan ini akan sangat-sangat-sangat panjang. Jya, ijoo desu.

夢を実現して頑張れ~~


Hima Rain

Kamis, 14 November 2013

Aku, Aktifitasku, dan Acer Slim Aspire E1

Bismillah...




karena...


Saya punya 4 aktifitas yang mendominasi hariku saat ini.

Aktifitas Crafting
Setelah lulus kuliah saya mantap memutuskan untuk bekerja sebagai seorang crafter, pembuat kreasi kerajinan tangan. Saya senang browsing atau menjelajahi internet untuk mencari referensi ide untuk inovasi-inovasi kreasiku selanjutnya. blog-blog crafter jadi sasaranku untuk mencari ide. Sebagai pengusaha muda (hohoo) yang baru akan meniti karir pun, saya secara tidak langsung dituntut untuk mencari networking ke banyak orang dan banyak tempat melalui internet fufufu.

kreasiku niiiih~
Selain itu saya pun dituntut untuk selalu online karena statusku sebagai pemilik toko online. Saat ini saya hanya online menggunakan notebook. Ketiadaan smartphone jadi mendominasi aktifitas online via  notebookku saat ini. Kendala yang paling sering kutemui adalah notebookku menjadi sering cepat panas dan speednya menurun. Akibatnya saya sering keteteran dengan performa yang lambat itu. Akhir-akhir ini saya mereview salah satu notebook yang bisa mengatasi masalah 'panas' itu. Notebook seri Acer Slim Aspire E1 didesain memiliki sistem pendingin yang cukup memadai. Sehingga suhu kerja notebook bisa terjaga dengan lebih baik sehingga tidak cepat panas. ~~ Woaaa bahagiaa ~~

Seri Acer Slim Aspire E1 didukung oleh  performa prosesor Intel di dalamnya, mulai dari Intel® Celeron® dan Core™ i3. Setau saya kedua prosesor ini adalah prosesor low-end yang kinerja performanya bisa diacungi jempol. Cukup berkualitas dan handal untuk kerja basic computing, seperti membuka atau membuat dokumen, akses internet, dan sebagainya. Selain kinerja prosesor yang mantap, Acer Aspire E1 Slim series pun dijejali baterai yang berdaya tahan lama.

Daya tahan baterai yang tahan lama. Saya ambil contoh Acer Aspire E1-432, notebook ini disandingkan dengan baterai yang mampu bertahan lama. Senang kan dengarnya?! Senang dong, ia akan memudahkanku yang sering menyalakan notebook dalam jangka waktu lama ini sehingga tidak terlalu sering mencolokkan charger. Sebagai seorang crafter, banyak gambar-gambar referensi craft yang mesti saya cari atau jadikan ide untuk membuat kreasi baru lagi untuk usaha online shopku. Saya pun punya kebiasaan untuk membiarkan notebookku menyala pada saat mengerjakan kreasi, sebagai pekerja yang detil saya selalu memperhatikan gambar-gambar kreasi dari notebook untuk kubuat lagi. Daya tahan baterai akan memudahkan dan jauh memuat efisien aktifitas craftingku itu. 

Aktifitas Blogging dan Gaming
Selain membuat kreasi saya pun memiliki aktifitas lain yaitu ngeblog. Saya memiliki dua blog yang kuperuntukkan menuliskan keseharianku sebagai crafter dan terkadang sharing seputar hobiku ini. Di blog ini biasanya saya sering menuliskan tutorial cara membuat kreasi ataupun sekedar upload gambar-gambar kreasiku. Sedangkan di blog Airin Handicrabby saya akan menampilkan gambar-gambar kreasi yang khusus untuk dijual. 


Aktifitas ngeblogku ini akan sangat nyaman bila didukung oleh performa dan kinerja notebook Acer Aspire E1 Slim Series ini. Saya akan jauh lebih mudah mengotak-atik gambar kreasiku dengan performa Intel HD Graphics yang ditawarkan notebook ini. 

Performa HD Graphics ini pun mampu membuat saya yang hobi ngegame ini jauh lebih nyaman dan berjalan lancar. Seperti pula yang kupaparkan di paragraf sebelumnya, daya tahan baterainya ini mampu bertahan lama saat memainkan  game. Nah, komplit banget. ~~Ngeblog oke, ngegame pun tak kalah asyik!~~

Form 30 % lebih tipis. Notebook Acer seri E1 didesain dengan bentuk yang memang lebih tipis dari laptop umumnya. Inilah yang menjadi daya tarik paling nyata di awal perkenalanku dengan notebook acer. Acer Aspire E1-432 adalah salah satu keluaran notebook Acer Aspire E1 Slim Series. Slim series berarti notebook seri E1 ini didesain dengan ukuran yang 30 % lebih tipis daripada tipisnya notebook pada umumnya. Walaupun hanya kulihat lewat layar kaca, sangat jelas bentuk dari notebook ini meyakinkan tampilannya. Ukuran tipis, desain minimalis, dan juga masih memperlihatkan daya tarik yang elegan sangat cocok untuk wanita yang ingin tampil menarik.

Selain ingin tampil menarik dengannya, ia pun pasti akan membuatku lebih nyaman saat membawanya ikut serta. Ia dipastikan sangat ringan, jadi dijinjing atau dibawa dalam tas tak mengapa, dipeluk dengan tangan pun tak mengapa. Tangan tidak akan mudah lelah membawanya. Aktifitas ngeblog dan ngegameku di mana saja akan sangat memudahkanku dengan form tipis Acer ini.

Aktifitas Watching
Saya adalah alumni mahasiswa sastra Jepang yang telah menyelesaikan studi sepertiku ini dan memiliki pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan jurusanku dulu. Saya takut itu bisa membuatku lupa dengan bahasa jepangku hahahaha. Oleh karena itu, semenjak lulus saya pun mulai mengaktifkan diri mencari dan menonton film dan dorama-dorama Jepang. Saat ini koleksi sangat banyak sehingga notebookku saat ini sudah full loaded kayaknya hehehe. Notebook Acer Aspire E1-432 memiliki media penyimpanan harddisk SATA berukuran 500GB, sangat besar ya untuk menyimpan file-file filmku itu. Menonton film pun, acer bisa menampilkan kualitas gambar yang cerah dan lancar. 



Itulah alasan-alasanku ingin memiliki Notebook Acer Slim Apire E1. Apakah saya sudah layak?? Fufufufu
Karena saya butuh dan Acer Aspire Slim Series pun mampu memenuhi apa yang kubutuhkan dalam segala kerja digitalku. Segala hal yang kubutuhkan ada di dalam tubuh tipisnya itu dan boleh kubilang nyaris sempurna. Iya, kenapa nyaris karena sesungguhnya kesempurnaan hanyalah milik Allah *smile. Namun sudah jelas notebook ini punya performa oke yang bisa kuceritakan dengan bangga kepada siapapun.


Hima Rain

Tulisan ini diikutsertakan dalam event “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia

Minggu, 10 November 2013

Cara Membuat Bros Mini Pohon

Bismillah...

Lama juga tidak menulis tutorial di Hima Rain, kali ini tutorial buat bros mini pohon nih. Liat ke bawah deh itu tuh bentuk brosnya. Imut nda? Imut dong. Langsung saja deh kita buat, yukk!!


Pertama-tama siapkan dulu alat-alatmu buat ngejait. Gunting dan jarum paling penting, flanel hijau tua dan coklat kayu terus benang coklat dan hijau tua, pulpen untuk membuat pola, dakron, lem lilin beserta glue gun dan terakhir peniti bros. Jangan lupa ya kumpulkan semua benda itu.

Pola yang kubuat agak-agak miring nih tapi kalian bisa rapikan pada saat pengguntingan. Di bawah ini gambar pola yang bisa kalian download dan pindahkan bentuknya ke kain. Setelah menggambar pola di kain terus digunting dengan rapi ya. 

ini polanya, jiplak ke karton ya
yang sudah digunting

Setelah tahap pengguntingan usai, segera jahit bagian hijaunya dulu nih. Jahit feston sekelilingnya tapi jangan seluruhnya dulu, sisakan buat isi dakron ya. 



Perlahan isi dengan dakron secukupnya pada bagian hijau ini dan lanjutkan jahitan festonnya lagi hingga jahitan selesai. 




Nah, jangan lupa untuk jahit bagian batangnya. Ambil benang coklat kemudian jahit keliling batang flanel tadi masi dengan teknik tusuk feston kok. Jangan lupa ya jahit juga bagian belakangnya. Bagian depan dan belakangnya sama lho. 



 Nah, sudah terjahit dan jadinya seperti di bawah ini. Beri peniti bros, rekatkan dengan lem lilin. 



Tadaaaa.....

Kalian suka? Ato makin diliat makin suka? Fufu, Ayolah yuk bikin juga, mudah sekali lho. Tidak sampai 15 menit membuatnya. Oke, sampai jumpa pada tutorial selanjutnya.


Hima Rain

Sabtu, 09 November 2013

Sensei Rabu dan Kamis

Bismillah...

"Senseeeeei!!", sebuah kata yang akrab kudengar dua hari itu. Kata yang kusuka itu disandangkan padaku walaupun singkat.

Rabu dan Kamis pekan ini saya memasuki lingkungan yang sudah cukup lama tidak kujalani dan tidak kutemui lagi, yaitu lingkungan sekolah yattaaa! Eits memasuki sekolah itu berasa abg lagi fufufu. Seolah-olah refleksi saat saya masi pake abu-abu putih itu tiba-tiba muncul di depan mata, huaaa hontou ni natsukashiii naaa.


Umm, memang sedikit deg-degan mengingat mulai hari itu saya akan berinteraksi dengan anak-anak abg yang seusia dengan adikku yang bungsu. Apalagi ya mengingat kelakukan adikku yang bandel ini pasti tidak jauh beda dari tingkah anak yang akan kuajari ini. AIsh suudzhon daku, pikiran burukku tuh saat itu. Saya mulai mengajar pada hari Rabu. Sengaja kuambil tawaran dari seniorku untuk menggantikan sementara salah satu sensei yang sedang pergi untuk tes cpns itu. Mumpung juga Airin Handicrabbyku kan juga sedang libur jadinya ya daripada tidak berbuat apa-apa di rumah mending mencoba mengajar lagi.

Mengajar itu kuanggap passion bagiku mungkin karena sedari kecil cita-citaku guru sih. Saya pernah mengajar di salah satu sekolah dasar di Makassar saat bergabung di Yayasan Rumah Belajar Honobono pada divisi pendidikan. Jadi ya pengalaman mengajarku baru bertaraf anak SD. Pernah sih saya mengajar anak SMP dan SMA tapi itu sebatas mengajar privat. So, jadi sedikit deg-degan deh.

Saat memasuki kelas pertama, setiap mata di kelas itu memandangku dengan sedikit heran. Awalnya saya sedikit ciut apalagi dengan tatapan mereka itu. Kata-kata pembukaan mengajarku untuk pertama kali jadi sedikit kacau. Kata-kata yang telah kupersiapkan sedari malam malah menciut dan irit banget. Wah, wah mungkin butuh kursus merangkai kata untuk mengajar ya fufufu. Apalagi keringatku mulai bercucuran hahahaha karena panasnya siang itu, seakan-akan menambah daftar nervous di hatiku. Beberapa menit berlalu segera keciutanku itu kuhapus perlahan dengan senyuman termanisku untuk meredakan suasana tidak biasa ini. Senyumku saat itu alhamdulillah cukup untuk mencairkan suasana walaupun kata-kata perkenalanku agak sedikit kacau. 

Menit demi menit alhamdulillah kelas pertama lancar dan berakhir dengan lancar pula pada kelas kedua walaupun tingkat kebandelan kelas kedua itu sedikit lebih tinggi. Pada hari berikutnya yaitu Kamis, taraf bandel kelas yang kuajar bervariasi. Kelas pertama adalah kelas unggulan, sangat senang mengajar di kelas ini, kata unggulan yang disandang kelas ini betul-betul tidak bohong. Rata-rata anak-anak ini ingin belajar dan fokus. Wah, good class!

Nah, kelas kedua dan ketiga cukup bandel dan sanggup membuat tenggorokanku sakit karena banyak berteriak. Huff, tidak bisa disalahkan sih mengingat mereka masi labil dan mungkin saja caraku mengajar bikin mereka bosan dan lebih baik ngobrol saja. Seusai mengajar yang melelahkan hari itu saya pun menanyakan sana-sini bagaimana caranya mengatasi siswa yang ribut. Salah satu teman menjawab lebih baik memberikan mereka spidol dan menyuruh si anak ribut menjelaskan seperti guru. Fufufu, tidak terpikirkan olehku sebelumnya. Kupikr itu cara yang jitu.

Saya pun bertekad pekan depan akan kugunakan cara itu kalau mereka ribut lagi. Namun mungkin tekadku itu bisa saja tidak akan terjadi mengingat saya mendapat kabar kalau hari ini sensei yang mengajar di sana telah kembali. Eh, bukannya sebulan?! Hahaha entahlah, yang pastinya dua hari itu saya senang menjadi guru dan senang dipanggil "Sensei" sama anak-anak fufufu. 

Ternyata masih banyak hal mengenai pengajaran yang belum saya ketahui. Seusai dua hari itu saya sadar saya mesti banyak-banyak belajar lagi mengenai metode belajar yang baik serta belajar tentang kepribadian anak didik. Dan tidak lupa belajar SABAR menghadapi orang lain. Guru memang profesi yang tidak mudah dan kadang bikin sebel, tapi entah kenapa saya masi ingin mengajar lagi. Magnetnya itu lho, sesuatu. Huwaaa mau kuliah lagi khusus pendidikan guru dehh, masi bisa nggak yaaa? Hehehehehe...


Hima Rain

Kamis, 07 November 2013

Kanzashi, Tsukurimashouka?

Bismillah...

Sudah sebulan sejak saya mendapatkan DIY kit pembuatan tsumami zaiku, bermacam-macam model kreasi kain ini saya buat. Kanzashi memang punya magnet tersendiri. Sekali buat ingin buat terus dan berinovasi terus. Keren sih bentuk bunga ini dan cara buatnya pun simpel dan bahan-bahannya mudah didapatkan. Saat ini saya senang membuat bentuk kanzashi yang ada jumbai-jumbainya. Kawaii sih, sepertinya kanzashi ini bisa jadi tren model bros baru. 

~Emas dan Putih~





~Merah nih~





Hontou ni kawai deshou?!! Jya, tsukurimashouka?


Hima Rain

Rabu, 06 November 2013

Acer Aspire E1-432, Teman Bermain dan Belajar

Bismillah...

Keluargaku memiliki komputer pertama kami di tahun 2004, Bapak dan Ibu membelinya pada saat pameran komputer berlangsung tidak jauh dari rumah. Sejak memiliki komputer kami sang anak makin sering berhadapan dengan benda elektronik ini. TV pun makin jarang dinyalakan. Bermacam tugas di sekolah kami gunakan bersama komputer itu, tidak jarang pula kami bermain game bawaan microsoft dengan komputer itu. Seiring waktu komputer ini pun makin lama makin berkurang performanya, mungkin karena keseringan dipakai dan mengharuskan daya tinggi sehingga seringkali "latto listrik" atau lazimnya disebut mati listrik kerap kali terjadi. Kasian si komputer issh. 

Saya dan adikku paling sering main game menggunakan komputer itu jadi yah mungkin itu juga salah satu penyebabnya. Main game mobil-mobilan dan tembak-tembakan berpasangan menggunakan komputer memang enak tapi si komputer jadi cepat hang dan CPU pun panas. Kadang juga nih komputer tiba-tiba mati. Kasihan. Seiring waktu nih komputer jinjing makin bersinar dan lama-kelamaan makin bersinar di mata saya dan saudara-saudaraku. Dengan sedikit permintaan kami pun dibelikan notebook, orang tua setuju karena salah satu dari kami sudah akan memasuki bangku kuliah. Komputer yang dijinjing akhirnya jadi salah satu fasilitas baru kami untuk belajar dan membuat tugas. 

Memiliki notebook ternyata tidak jauh berbeda dari memiliki komputer. Kami bersaudara masih juga sering menggunakannya untuk bermain game berpasangan, apalagi kala itu muncul keluaran game race terbaru. Internet pun saat itu mulai kami kenal, berbagai macam game dari dunia maya pun kami download dan mainkan bersama, contohnya Kangaroo, Scrabble, dan Monopoli. Wow, adikku semakin seringa mendownload dan kami pun semakin sering memainkannya. Cukup lucu juga mengingat masa lalu itu. Seringnya digunakan itulah membuat notebook milik bersama ini jadi bernasib sama dengan komputer lama  kami itu. Kurang performanya dan menjadi semakin cepat panas (fenomena panas terulang kembali).

Sampai saat ini pun, kami bersaudara terkadang masi sering bermain game internet. Kakak yang umurnya setahun di atasku masi sering memainkan duel Tetris Game via fb, saya sendiri hobi memainkan game "Spot the Difference", adik perempuan yang lebih muda setahun dariku memainkan game virtual world "Ameba Pigg" dengan sangat intens (ini nih pemegang notebook keluarga terlama saat ini), dan si bungsu sendiri lebih senang pergi ke warnet hanya untuk main game Point Blank. 

halaman depan ameba pigg

Si adik yang suka bermain ameba pigg ini sudah cukup sebal dengan performa notebook kami yang cepat panas itu, apalagi baterainya pun sudah tidak kuat untuk memainkan game dengan lama (Padahal itu akibat perbuatannya yang nonstop pemakaian). Si adik memutuskan untuk membeli notebook baru yang tahan panas, ringan dibawa-bawa ke kampus, dan bisa bermain game dengan nyaman. Kucoba tawarkan produk terbaru Acer E1 Slim Series yaitu Acer Aspire E1-432. Notebook ini telah didukung performa Intel® Processor di dalamnya
Keunggulan utama dari notebook Aspire E1-432 ini adalah penggunaan prosesor Intel 4th Gen terbaru, atau lebih dikenal dengan kode nama Haswell. Acer mempersenjatai notebook ini dengan prosesor Intel® Dual Core Celeron® Processor 2955U yang memiliki dua buah inti (dual core) dan berjalan pada kecepatan 1.40 GHz.
Seperti yang kukutip di atas itu dari website Acer Indonesia, keunggulan dari notebook ini adalah Intel Processornya atau dengan kata lain inilah otak komputernya. Kenapa saya kemudian menawarkan notebook ini kepada adikku yah karena memang performa notebook ini untuk bermain game bisa sangat memuaskan untuknya. Intel 4th Gen tersebut sekarang terintegrasi Intel HD graphics terbaru. Sebenarnya saya sendiri kurang tau apa fungsi dari Intel HD GRaphics ini, tapi yang pastinya saat saya memainkan game terbaru di notebook lamaku dan game itu ternyata error, biasanya akan selalu muncul pesan new tab mengenai resolusi dari Intel HD graphics ini. Jadi kemungkinan ini berhubungan dengan screen notebook, resolusi, dan kinerja graphics . Hum, kalo Acer bisa memecahkan masalah tersebut dengan Intel HD graphics terbarunya itu, Insyaa Allah adikku bisa bermain game dengan nyaman. 



Satu lagi keunggulan menariknya nih yaitu daya tahan baterainya. Mantap, dalam 3-4 jam bisa  nonstop bermain game menggunakan notebook Acer Aspire E1-432 ini. Oke, itu keunggulan dari sisi "bermain". Dari sisi "belajar", adik saya ini sebenarnya sudah menginjak semester akhir dan sedang proses mengerjakan tugas akhir. Keunggulan-keunggulan Acer E1 ini akan membuatnya jauh lebih menyenangkan dan tersenyum lebar. Dari daya tahan baterai pun akan sangat bertahan jauh lebih lama daripada saat memainkan game. Aktifitas di kampusnya yang mobile itu bisa membuat dia jauh lebih fleksibel menggunakan Acer si tipis itu tanpa terlalu sering mencolokkan charger ke mana-mana. Tipis dan ringan serta ia pun bisa tampil keren dengan notebook slim yang paling tipis di kelasnya. Wow, keunggulan yang bersinar sekali di mata mahasiswa seperti dia. Harganya pun murah apalagi untuk kantong mahasiswa sepertinya. "Doakan adikku bisa membelinya ya kawan-kawan".

Nah, seperti itulah kisah pendek mengenai bermain game di tengah keluargaku khususnya saya dan saudaraku. Kami memang hobi memainkan game via notebook. Daya tarik game saat ini pun makin meninggi saja tapi ada baiknya aktifitas tersebut bisa diimbangi dengan hal-hal yang jauh lebih positif dan belajar adalah salah satunya, apalagi menggunakan notebook keren berkualitas tinggi itu fufufufu.. Happy ngegame and always be positive yaa!


Hima Rain
sumber gambar: 
http://www.acerid.com/
crop dari website ameba pigg by hima rain

Tulisan ini diikutsertakan dalam event “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia