TUTORIAL

Senin, 28 Februari 2011

Kaleng-kaleng itu

Dapat kaleng-kaleng bekas. Lumayan banyak, bingung mau buat handicraft apa lagi yah dari kaleng itu??... I have no idea.. Let's search for that...

Just remember

I'm lucky I'm in love with my best friend
Lucky to have been where I have been
.............

Dengar lagu ini saya jadi ingat dengan semester 1... hummm, i'm remember of him

Tutorial Gantungan Bunga Bertuliskan Nama

1. Siapkan bahan-bahan: Kain flanel 3 warna, untuk gantungan ini saya menggunakan warna kuning tua untuk background, kuning muda untuk lapisan atas, dan hijau untuk tulisan. Tali untuk gantungan dan manik-manik.

2. Buat pola bunga 5 kelopak pada flanel kuning muda (untuk lapisan atas). Lihat gambar di bawah ini.



3. Setelah bagian bunga lapisan paling atas jadi, buat lagi pola bunga yang lebih besar pada flanel kuning tua sesuai pola bunga yang kecil.


4. Beginilah hasilnya kalau sudah dipotong.


5. Langkah selanjutnya adalah mengukur tali sesuai panjang bunga dan bagian untuk manik-manik.


6. Masukkan manik pada tali dan ikat bagian bawahnya agar manik-maniknya tidak jatuh.


7. Beri manik-manik pada kedua ujungnya dan ikuti langkah ke-6. Dan beginilah hasilnya.


8. Letakkan tali yang telah ada manik2 pada ujungnya pada bagian atas kain bunga background (Bunga yang besar). Ingat sisakan bagian untuk pengait.


9. Lem dengan lem lilin tali tersebut pada bunga yang besar tadi. (Lihat gambar di bawah)


10. Rekatkan bunga bagian atas (bunga yang kecil) pada bagian bunga yang dilem tadi. Ratakan lem dengan tangan


11. Balik bunga tersebut dan rekatkan kembali bunga yang kecil pada background (bunga yang besar) di bagian sebelahnya.


12. Beginilah jadinya


13. Gunting pola tulisan sesuai keinginan. Rekatkan pada bunga lapisan atas. Pada bagian yang satu, saya tuliskan nama dalam katakana


14. Pada bagian baliknya lagi, saya berikan tulisan nama yang Indonesianya.


15. Beri gantungan hape pada pengaitnya.


16. Beginilah jadinya...



ini versi pinknya, kubuat tulisan kanji dari flanel. Bacanya Murasaki.. Bagus bukan??
SELAMAT MENCOBA!!!!!

Hari di mana aku berlari

25 Februari 2011

Hari itu aku ditugaskan sebagai moderator di kajian muslimah di perpustakaan sastra. Pekan lalu, divisi diklat yang ditugaskan sebagai perangkat acara. Begitu pula pada hari itu. Mungkin aku agak menyesal saat itu karena saya selalu saja membuang-buang waktuku hingga semua plan yang aku rencanakan tidak berjalan dengan benar. I was so regret at the time.

Di pete-pete aku sungguh-sungguh gelisah sebab sepertinya aku sudah telat seperti yang dijanjikan. Yang kulakukan hanya berdoa dan menunggu mudah-mudahan saja ada yang menelponku untuk membicarakan penggantiku untuk saat itu. Uufff, sungguh merepotkannya menjadi diriku. Always late in every situation.

Sesampainya di kampus yang kulakukan hanyalah mempercepat langkah dan sedikit berlari dan mengejar waktu. Sekian lama tidak berlari yang kurasakan hanyalah lelah dan nyeri pada kaki. Khotbah jumat telah berlangsung pertanda kajian muslimah telah berjalan. Namun sesampainya di sana ternyata acaranya belum dimulai dikarenakan pemateri yang tidak kunjung datang. Huffff.. so tired. Tapi alhamdulillah and i miss something.... ^_^

Have a morning

Morning with my half close eyes and so warm cause there's Long-long, my cat, in my feet. How do i know this cat was on my feet along night. how funny if I imagine that.

Minggu, 27 Februari 2011

How Nervous I am

Malam ini aku mengajar privat seperti biasanya di rumah murid-muridku. Seperti biasa dengan langkah yang sedikit tidak pasti aku melewati parkiran motor pelamonia dengan menundukkan kepala tanpa niat sedikitpun menoleh pada pak tukang parkir di sana. Sudah menjadi kebiasaanku sejak 4 bulan yang lalu aku menghabiskan akhir pekanku di rumah murid-muridku tersebut. Hari ini aku kembali mengajar (menjawabkan) pr adek-adek muridku dikarenakan mereka yang tidak kunjung tau mengenai pelajaran tersebut.

Tiba-tiba di tengah pelajaran muncul seseorang, lelaki bertubuh tinggi datang ke rumah adek murid-muridku. Sepertinya dia ingin memperbaiki komputer atau apa, sebab dia langsung mendatangi komputer tanpa tanya-tanya terlebih dahulu. Aku yang langsung hufff menarik napas, karena sebentar lagi pastinya aku akan kehilangan konsentrasi dan sedikit nervous karena ada orang lain yang tidak kukenal di rumah itu dan akan melihtku mengajar. how nervous i am.

Beberapa kali saya menelan ludah ketik ujung mataku menangkap ia sedang melihatku mengajar. what should i do. I don't like that situation. Untungnya datang seorang tamu yang tidak lain adalah guruku sehingga dia masuk dan aku kembali konsen mengajar adik-adik muridku. Alhamdulillah jam 9 selesailah sudah aktivitasku.

Tutorial Membuat Hiasan Kamar

Nee, minna.. Konnichiwa. Ohisashiburi ne. Ima, tutorial wo kaitain da...

Tutorial kali ini mengenai Hiasan Kamar. Saya membuatnya kira-kira beberapa bulan yang lalu dan baru sempat menulisnya di blog
............................................................................................................................................
Tutorial Hiasan Kamar


Persiapkan bahan-bahan sesuai gambar di atas. Kain flanel yang telah dibentuk huruf sesuai keinginan, tali kur untuk gantungan, dan pola untuk membuat bunga matahari (lihat gmb 2)


Pola Bunga Matahari





Jahit huruf-huruf yang telah dibentuk tersebut pada tali kur, jahit bersama dengan tali kur agar jahitan lebih kuat dan isi dengan dakron. Pertama jahit telebih dahulu huruf F, lalu I, kemudian B

Jahit bunga matahari pada bagian atas ketiga huruf untuk hiasan, tepatnya di atas huruf F


Buat Sulaman bunga matahari pada bagian atas huruf, contohnya seperti di atas.



Beginilah hasil sulamannya


Jejengggg..
Beginilah hasilnya.... Cantik bukannn
Selamat berkreasi

Rabu, 16 Februari 2011

Ya, Rabb. penguasa segala alam ini. Maafkan diri hamba yang telah terlanjur berpikiran negatif seperti itu. Jagalah diri hamba baik dari kiri, kanan, atas, bawah, depan, dan belakang. Bersihkanlah hati dan pikiran hamba dengan cahaya suci darimu Ya, Rabb.. Ampuni hamba atas apa yang telah hamba perbuat Ya Rabb.. Ampuni dosa-dosa hamba Ya Allah. Berikanlah hamba hati yang jujur dan bersih..

Sabtu, 12 Februari 2011

Tutorial Membuat Mini Sunflower


Kemarin baru dapat pesanan untuk membuat Gantungan Hape berbentuk Bunga Matahari. Sekalian saja saya tulis tutorialnya.
Nah, mari kita mulai
.................

1. Buat pola bunga matahari di kain flanel kuning. Ukuran sesuai keinginan anda. Klo pola ini berdiameter 2cm. (Liat gambar di bawah)




2. Setelah itu gunting polanya hingga menjadi seperti gambar di bawah. Abis itu potong lagi flanel hijau tua sebesar 0,5cmx3,5cm untuk batangnya. Untuk bagian tengah bunga, sediakan flanel coklat tua dan bentuk lingkaran berdiameter1,5cm. Sediakan pula bentuk daun dari flanel hijau muda.


Begini polanya





3. Jahit batang bunganya dengan tusuk feston.



4. Sekarang waktunya menjahit bunganya. Tempelkan timbal balik kain flanel coklat muda tadi pada bunga matahari. Beri pengait di ujung bunga lalu perkuat dengan jahitan tusuk feston.

Kemudian jahit keliling namun jangan sampai selesai jahitan.



5. Sebelum selesai jahitan, masukkan batang bunga matahari tadi di lubang yang belum dijahit. Setelah itu jahit hingga selesai. Hingga begini hasilnya...




6. Jahit daun dengan menggunakan flanel hijau muda di bagian batang. Begini hasilnya....




7. Buat lagi bunga matahari sebuah tanpa pengait di atasnya. Caranya sama dari poin 1 sampai 7. Setelah jadi, tinggal tempel aja di atas bunga matahari pertama tadi. Jadilahhh kayak ginii....




8. Beri gantungan hape di pengait yang tadi.. Gini deh hasillnyaaa.......
Cantikkkk kannn????!!!!!


Nahhh... selamat mencobaaa...
Sampai jumpa di postingan selanjutnyaa....

Yah, Cuma Bisa Berandai-andai



INGIN KE TEMPAT SEPERTI INI

Really Happy

500 viewer. thanks God.

Selasa, 08 Februari 2011

Bagaimana Cara Merawat Kacamataaa

Teman-teman pembaca sekalian, kali ini Hima ingin bagi-bagi tips lagi nih. Saya yang pengguna kacamata akut ini ingin share soal kacamata dikit. Judulnyaaa "Bagaimana Cara Merawat Kacamataaa"...

Pertama: Kalau kamu ingin membersihkan kacamata, jangan lap kacamatanya kalau lagi kering nanti bisa lecet kacamatanya. Pakai air sabun yang kadarnya busa rendah kayak sabun cuci tangan. Jangan lupa bilas pake air bersih ya. Sekedar info nih, saya sering banget bersihin kacamata pake lap kering. Alhasil kacamataku cenat-cenut tergores ke sana kemari. huhu.. MySpace


Kedua: Kalau abis beraktivitas nih, abis dari kantor mungkin atau abis masak2 di dapur. Baiknya kamu melihat-lihat kondisi kacamatamu deh. Banyaknya debu yang melekat atau bekas minyak abis menggoreng bisa membuat kacamatamu kabur. Dan juga mengganggu penglihatan kamu. Nah, klo sudah begitu mendingan kamu bersihkan cepat deh. Caranya liat di atas ya.

Ketiga: Kalau mau tidur atau mau sekedar baring2 aja, jangan lupa buka kacamatamu. Soalnya pernah nih, saya gara-gara ktiduran dan lupa buka kacamata. Alhasil gagang kacamataku bengkok. Ati-ati ya kawan, jangan kayak saya.

Keempat: Kalau kamu lagi gak pake kacamatamu, jangan taro di kantong ato gantung-gantung nda jelas deh. Bahaya buat kacamata kamu. Pernah nih saya taro kacamata di kantong baju. Karena nda hati-hati, kacamataku jatuh dan prangg! Pecah deh. Ati-ati ya kawan.

Kelima: Nah, ini juga cukup penting nih. Saya copas nih dua poin dari salah satu situs. Katanya kalau kamu lagi gak make kacamatanya, letakkan dalam keadaan terbuka deh. Kalau saya jarang kasi gitu. hehe. Trus katanya kalau mau setelan kacamatanya gak berubah, ketika mo lepas ato mo pake kacamatanya, pegang kedua gagangnya. Gittu deh. Nah, ini situsnya (sy tidak mau dibilangi copas tak bertanggung jawab, hehehe). http://www.conectique.com/life_skill_tips/article.php?article_id=4611

Keenam: Ini ni poin paling penting..ting..ting!!! Jaga mata lo dari segala ancaman. Jangan sampe matamu rabun terus hingga selama-lamanya atau tambah naik minusnya . MySpace Bawa ke dokter untuk sekedar ngecek. Kan kalo tidak rabun tidak usah pake kacamata jadi nggak usah rawat kacamata. hehe Nah, begitulah teman.. Dua kata terakhir untuk menutup postingan ini... MAKAN WORTEL.... MySpace

A Letter for my Lovely Blog

Assalamualaikum my lovely blog. It's so long when i didnt write in you. Uhm, 5 days.. Ooooo I'm sorry i was so busy recently. Of, course now i'm back again and let's start together..

Love from ur writer

MySpace

Himachu

Kamis, 03 Februari 2011

Cara membuat Pin Bunga Cantik

Kali ini saya akan posting sebuah tutorial untuk membuat pin bunga cantik...

Berikut gambarnya..


1. Siapkan 2 kain flanel dengan warna yang anda inginkan, peniti bros, dan manik-manik. Gunting kain flanel tersebut dengan ukuran berbeda.


Peniti bros dan manik-manik

Kelopak Flanel ukuran besar dan kecil

2. Ambil satu kelopak bunga dan lipat kelopak tersebut seperti ini.


3. Jahit bagian ujung yang dilipat tersebut dan jahit dengan 4 kelopak lainnya.

4. Setelah dijahit dan dipertemukan kelima kelopak tersebut. tarik benangnya


dan jahit kembali ujung-ujung kelopaknya hingga kuat



hingga membentuk bunga yang cantik seperti ini

5. Nah,, sekarang waktunya untuk membuat kelopak bagian atasnya. Kita pergunakan warna yang lebih muda. Di sini saya memilih warna hijau muda. Caranya sama seperti membuat kelopak besar di atas.


Lipat Ujung daunnya


Jahit semua ujung kelima kelopaknya


Letakkan di atas kelopak besar dan kemudian jahit ujung-ujungnya dan


tarik jahitan kelopaknya


Jahit bersama dengan kelopak yang di bawahnya. Jahit dengan kuat agar terlekat sempurna.

6. Pasang manik-manik di tengah-tengah kelopak tersebut dan jahit dengan kuat.


dan beginilah hasilnya...

7. Tahap terakhir rekatkan peniti bros dibalik kelopak ini dengan menggunakan lem lilin. Dan jadilah bros bunga cantikkk. hehe..


Akhirnyaaaa.. Haaahhh.. Capekkk juga MySpace
Yatttaaaa......


Nah, yang ingin membuat.. Selamat mencoba.....
Sampai ketemu di postingan selanjutnya
MySpace

Rabu, 02 Februari 2011

Serangan Panik yang Kukira Penyakit Jantung

Saya sengaja mencari artikel tentang hal ini karena saya pernah merasakan hal serupa tersebut. Kecurigaanku tentang saya memiliki penyakit jantung sepertinya terobati dengan artikel ini. Saya harap saya hanya diserang oleh penyakit panik. Sampai saat ini saya tidak pernah berobat ke dokter. Saya berusaha mencari tahu saja lewat artikel-artikel kesehatan di internet. Yah, semoga artikel ini dapat membantu kawan-kawan sekalian ataupun untuk sekedar menambah ilmu di bidang kesehatan.

Terima kasih.

Article by : http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2010/11/04/panik-yang-satu-ini-gangguan-jiwa/

----------------------------------------------------------------------------------------------------

Panik yang Satu Ini Gangguan Jiwa!

Seringkali dalam pergaulan seseorang mengatakan kata Panik…”Aduh..gue panik nih, besok ujian gue belum siap!”…”Busyet, kira-kira dong kalau bicara…bikin gue Panik aja!”. Demikian lah contoh beberapa kalimat sehari-hari yang memakai kata panik. Tetapi apakah demikian panik yang akan kita bahas kali ini?

Dalam praktek saya sebagai Psikiater yang mengkhususkan diri di bidang Psikosomatik, banyak pasien datang dengan keluhan gejala psikosomatik yang sebenarnya merupakan gangguan cemas panik. Dari penelitian yang saya lakukan di Klinik Psikosomatik tempat saya bekerja, didapatkan dasar dari keluhan Psikosomatik yang dialami pasien adalah suatu gangguan kecemasan panik (lebih dari 80%).

Apa saja sebenarnya keluhan yang dimasukan dalam kategori keluhan “serangan panik”

1. Jantung berdebar alias palpitasi atau istilahnya takikardia

2. Sesak napas atau perasaan tercekik

3. Keluhan mual dan ingin muntah (bloating)

4. Keluar keringat dingin (pengalaman klinis mengatakan pada laki-laki seringkali kakinya basah karena keringat)

5. Gemetar badannya

6. Perasaan takut menjadi gila, takut mati dan kehilangan kontrol diri

7. Merasa asing dengan sekitarnya atau merasa diri sendiri asing

8. Kesemutan

9. Perasaan seperti panas di sekitar bagian kaki dan tangan yang menjalar

Kondisi diatas “sialnya” terjadi tiba-tiba tanpa dipicu oleh alasan yang jelas. Tidak heran orang yang pernah mengalami ini langsung biasanya menuju IGD Rumah Sakit karena khawatir merupakan bentuk suatu serangan jantung. Setelah baik pun, karena kondisi ini biasanya berlangsung paling lama 15 menit, pasien sering ketakutan untuk beraktifitas sendirian di luar rumah, selalu minta ditemani kemana-mana.Inilah kondisi GANGGUAN PANIK yang sering disertai dengan AGORAFOBIA (ketakutan berada di tempat terbuka karena takut ditinggalkan tidak berdaya)

Kondisi ini membuat si pasien lebih sering mengunjungi dokter penyakit jantung atau penyakit dalam namun “sialnya” lagi tidak ditemukan adanya suatu keluhan yang mendasari terjadinya kondisi ini. Kalau sudah begini pasien biasanya mulai dinasehati oleh dokternya “Tenang aja, jangan stres, bapak gak apa-apa kok”. Si pasien dalam hati pasti menjawab “Tidak apa-apa gundulmu, lha wong saya merasakan tidak enak dan tidak nyaman kok dibilang tidak ada apa-apa??!!”

Dari pengalaman saya sangat jarang sekali menemukan ada sejawat dokter non-psikiatri yang menyarankan pasien untuk datang ke seorang psikiater. Tidak bisa disalahkan juga karena psikiater memang lebih dikenal hanya mengurusi pasien gangguan jiwa berat alias skizofrenia atau disebut GILA saja. Apalagi pasien sendiri belum tentu menerima kondisinya ini perlu penanganan psikiater.

Hal ini makin diperparah jika si pasien oleh si dokter jantung atau penyakit dalam juga diberikan obat penenang seperti Alprazolam (nama dagang terkenalnya Xanax, Alganax, Alviz, Zypraz) yang sebenarnya hanya bersifat mengurangi gejala dan tidak boleh dipakai lama-lama. Hal ini karena dalam buku Teks Substance Abuse dikatakan, pada kondisi pemakaian normal dalam dosis terapi pun, obat Alprazolam bisa menimbulkan ketergantungan. Jadi paling lama pakai obat ini yah 4 minggu atau lebih baik lagi tidak pernah memakai.”Sialnya” lagi obat ini memang ampuh luar biasa dan seringkali dipakai tanpa memikirkan efek samping dan potensi ketergantungannya.

Jadi apa yang harus dilakukan?

Ada baiknya jika mengalami kondisi seperti di atas bisa segera menghubungi psikiater. Kondisi Gangguan Panik adalah salah satu gangguan jiwa yang paling sering dijumpai seperti layaknya gangguan Depresi. Penanganan yang baik dan tepat akan memperbaiki kualitas hidup pasien. Pengobatan dengan obat dan psikoterapi merupakan kombinasi yang baik dan terbukti secara ilmiah.




Selasa, 01 Februari 2011

Buatka Tempat Pensil, ganggg

Hari ini buatka tempat pensil yang baru. Tempat pensil lucu yang dibalut ma Flanel warna coklat dan dihiasi dengan bunga matahari dan pada tempat penyimpanan kertas kuberi tulisan dalam bahasa Jepang "Himawari" dalam Katakana. Yang artinya bunga matahari..

Bahan utama dari tempat pensil ini adalah bahan-bahan yang tak terpakai lagi. Karton yang ada di bagian tengah tisu gulung dan dus dari tinta printer. Selebihnya saya beli, seperti flanel n lem.

Cara buatnya gampang banget..
1. Kamu kumpulkan barang-barang yang tersebut di atas. Kalau kamu nggak punya Bagian Tengah Tisu, kamu bisa menggunakan botol bekas ataupun gelas yang udah gak kepake lagi. Terserah kamu. Kalau dus bisa sembarang aja, mau dus sepatu ato dus televisi pun boleh.

2. Untuk alas, kamu potong dusnya dengan ukuran yang kamu inginkan. Abis itu kamu balut dus itu dengan flanel (terserah warna apa yang kamu inginkan). Begitu pula dengan stand tempat pensilnya. Kamu boleh membalutnya dengan warna apapun.

3. Setelah semuanya telah terbalut dan terbungkus dengan flanel. Waktunya kamu untuk membuat tempat kertasnya.. (yang ada di samping stand tempat pensil itu looo.., liat gambarnya deh). Potong dus lagi dengan ukuran yang kamu inginkan setelah itu kamu buat kotak kecil tanpa tutup. Setelah kotak itu jadi, waktunya kamu untuk membungkusnya juga.

4. Nah, sekarang waktumu untuk menempelkannya satu persatu. Rekatkan stand tempat pensilnya ke bagian alasnya, begitu pula dengan tempat Kertasnya. Bagusnya kamu menggunakan lem lilin. Lebih kuat soalnya.

5. Jika sudah merekatkan semuanya, waktumu untuk menghiasnya. (hiasan terserah dari kamu). Tempat pensil kali ini saya hias dengan bunga matahari dan tulisan "himawari".

Nah, selamat mencoba
nb: mungkin agak sulit ya memahami tutorial ini dikarenakan tidak ada gambarnya (lupa kupoto soalnya )MySpace yaaahh nasib