TUTORIAL

Sabtu, 31 Maret 2012

Saputangan and Earth Hour

Apa itu saputangan? Menurut teman kuliah gw, Wikipedia (hehehe), 

"Saputangan atau selampai adalah selembar kain (cita) berbentuk persegi yang digunakan untuk kebersihan pribadi, antara lain mengelap tangan, menutup mulut ketika batuk, dan bersin, membersihkan bagian luar mulut, dan membuang ingus."

Nah, udah tau kan? Ah, tidak mungkin kalian tidak tau. Ah, imposibble thing tuh kalau gak tahu. Makanya cari tau kayak saya :p. Dalam bahasa inggris, saputangan itu disebut "Handkerchief", cara sebutnya [henkecif], kalo bahasa jepangnya "hankachi". Sebelas dua belas lah. Saya cari tau karena ingin punya saputangan pengganti setelah saputangan terakhirku hilang 2 tahun yang lalu :(

Saat itu sedang demo (kayak akhir-akhir ini), jadi macet. Saya disuruh turun sama pak Supir. Sepertinya ketinggalan di pete-pete itu. Padahal itu sapu tangan kesayangan. Saya bingung mau beli sapu tangan di Makassar letaknya di mana?? Kalau di pinggir jalan sih banyak, tapi itu kan scarf. Saputangan dan scarf beda kan? Yah, pokoknya beda lah. 

saputangan

scarf
Saputangan itu banyak gunanya kawan. Wikipedia sudah bilang tuh di atas. Dua tahun tidak pake saputangan bikin saya -boros-seboros-borosnya- . Pake tisu kayak orang kesetanan, keringat dikit ambil tisu, ingusan ambil tisu, wedew... Padahal tisu itu dari kayu, ini miyang bikin global warming. Maafkan daku kayu. Maafkan Hima yang aneh ini, Bumi. Padahal hari ini Earth Hour kok diriku ingat saputangan?! Yah pokoknya selain mematikan listrik, pake saputangan juga salah satu menjaga bumi. Setuju kan kawan? Mari mengganti tisu dengan saputangan.

Kamis, 08 Maret 2012

Tips Memulai Usaha ala Hima Rain


Bismillah....

Memiliki keinginan untuk berwirausaha? Hima punya tips nih (tadi abis dengar Mas Ippho juga). Semoga saja bisa membantu kawan-kawan sekalian yang ingin memulai usaha. :D

1. Mulailah dari yang kecil. Jika kamu punya impian yang besar untuk memiliki usaha yang besar maka mulailah dari yang kecil terlebih dahulu. Karena segala sesuatu yang kecil akan membawa kita ke gerbang hal-hal yang besar. Jangan meremehkan hal kecil. Jika kamu tidak memiliki modal untuk memulai usaha maka carilah orang-orang yang memiliki modal dan bekerjasamalah dengannya. 


2. Jangan selalu mengatakan diri anda tidak memiliki modal. Banyak modal-modal yang tidak kita ketahui terdapat dalam diri anda. Setiap orang memiliki potensi. Andalkan potensi-potensi anda tersebut dan bukalah jasa. Jasa pengajaran, jasa pengetikan, bahkan jasa pencucian piring atau baju. Semua hal bisa anda lakukan asal anda betul-betul berniat melakukannya. Semisal jika anda memiliki kelebihan dalam berbahasa maka buatlah jasa pengajaran bahasa. Anda memiliki kelebihan-kelebihan lain maka gali dan kembangkanlah potensi anda. Itulah modal-modal utama dalam diri anda. 


3. Setelah anda memiliki modal, anda pun bisa memulai usaha kecil-kecilan dan terus-menerus mengembangkannya. Anda bisa memulai usaha dari hal-hal yang anda sukai. Sukailah pekerjaan anda maka anda pun akan betah dalam mengelolanya. Mencari pundi-pundi pun harus dengan hati karena jika hati berbahagia maka sempurnalah semuanya.

4. Satu hal yang paling penting dalam memulai usaha. Jangan takut mendapatkan kerugian. Dalam berwirausaha, kerugian adalah hal biasa. Jika anda mengalami kerugian atau bahkan hingga menutup usaha jangan mengatakan itu sebuah kerugian dan kegagalan karena anda telah mendapatkan satu keuntungan yang paling mahal yaitu, PENGALAMAN.

5. Hal yang paling penting dari segala poin di atas adalah doa dan restu. Mintalah kepada Dzat yang menciptakan dirimu. Berdoalah dan beribadahlah sebanyak-banyaknya karena rezeki dan segala hal lainnya berasal dari Allah Subhanahu Wata'ala. Dan jangan lupa minta restu dari orang tua karena ridho orang tua adalah ridho Allah.  


Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.
(QS. Al-Jumuah Ayat : 10)


Hima-Rain

Selasa, 06 Maret 2012

Hujan dan Apa Persiapanmu?


Bismillah...


Kemarin senang deh dapat telepon dari sobat dunia maya yang betul-betul maya.. Hahaha. Wah-wah sepertinya kami berdua memang harus kopdar deh supaya menghilangkan rasa penasaran dalam diri masing-masing. Betul kan K May? :D

Kemarin adalah hari yang sangat dingin menurutku. Mulai bangun hingga sore hari matahari masih malu-malu juga untuk melihat kami penghuni Makassar. Tanpamu aku galauuu *ala-ala iklannya Sule. Di musim pnghujan seperti ini memang harus selalu membawa persiapan yang cukup untuk menghadapinya terutama para mahasiswa-mahasiswa yang selalu sibuk seperti saya ini *sok sibuk. 

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan kalau hari sedang hujan.
1. Mental, persiapkan dirimu dan mentalmu terutama untuk menghadapi rainy day. Satu hal paling penting jangan takut air, karena yang takut air cuma kambing lho. hahaha. Kalo hari di luar sedang hujan dan anda bepergian dan kemudian anda tidak terkena air setetes pun itu tidak wajar. Kalau hujan pasti ada basahnya walaupun dikit. Motto saya kalau sedang mendapati  hujan, "Saat hujan kalau tidak basah tidak normal". Jadi, JANGANTAKUTAIR. 

2. Pakaian cadangan. Yah, ini adalah salah satu persiapan paling penting. Biasanya kita tidak tau kapan akan turun hujan yang sangat deras seperti kemarin yang kudapatkan. Dan kemarin diriku tidak membawa persiapan apapun dan alhasil saya kedinginan di kampus karena basah kekuyupan. Halah. Biasanya yang paling sering kena basah adalah; sepatu, kaos kaki, rok atau celana. Mending bawa ketiga kategori ini di dalam tasmu buat berjaga-jaga. 

3. Payung, sebenarnya benda ini akan kuletakkan di poin kedua, tapi tak apalah. Yang penting dibaca juga :D. Payung adalah benda paling manis yang pernah dibuat oleh manusia (sebenarnya lebih manis gula). Bentuknya melengkung ke bawah yang membuatnya sedikit punya daya tarik (ini kesanku loh, jadi jangan anggap aku aneh). Yah inti dari paragraf ini "SWEDIALAH PAYUNG SEBELUM HUJAN".

4. Kantong Plastik, yah jikalau dirimu tidak membawa payung. Kamu bisa berandai-andai. Asosiasikanlah kantong ini sebagai payung dan kamupun akan berbahagia di hari yang penuh air ini. Hihiihi. Intinya berani pede pake kantong plastik di kepala. Fungsi lain adalah kamu bisa menggunakannya untuk mengamankan tasmu yang mungkin tidak anti air. Beres kan. Tuntas kan problemmu?!!

5. Uang. "Tak ada uang tak ada barang:. Kalimat ampuhnya sang penjual. Jikalau benda 1-4 tidak ada di dalam tasmu yah setidaknya benda kelima ini ada di dompetmu. Jadi sekiranya dirimu sedikit terobati bisa ke toserba dan mengorbankan pundi-pundimu untuk membeli payung atau sekedar membeli bakso. 

6. Teman. Banyak-banyaklah berteman karena jikalau dirimu sedang kehujanan dan tidak membawa payung atau kantong plastik sedikitpun *kasian banget yah. Mungkin saja tiba-tiba ada orang lewat dan membawa payung, kamu bisa nebeng bukan??!!! 

Hahahaha....

Dan masih banyak lagi persiapan-persiapan yah, pasti teman-teman lebih tau apa yang kalian butuhkan. Tetapi yang paling penting kalau kamu mendapati hujan baik itu hujan rintik-rintik, gerimis, atau pun hujan deras sekalipun bacalah doa saat turun hujan. "Allahumma shayyiban nafi'an". Doa adalah hal yang paling ampuh dan bermanfaat. Doa di kala hujan juga salah satu momen diijabahnya doa lho kawan-kawan. Banyak-banyak berdoa yuk, walaupun kita tidak membawa persiapan-persiapan yang kusebutkan di atas setidaknya Allah akan selalu membantu diri kita bukan?!! Maka dari itu tersenyumlah di kala hujan. Jangan cemberut seperti ini ya. Hehehehe



Hima-Rain yang kemarin kehujanan, kedinginan plus kelaparan.

Jumat, 02 Maret 2012

Waspadalah, Waspadalah!


Bismillah..

Sepertinya ada yang aneh dengan update blogku. :( Sudahlah semoga besok baik kembali.

Mau sedikit cerita pengalaman tadi pagi. Bisa bikin nightmare nih kalo saya gak cerita. Ceritanya kurang lebih seperti ini.
..........................................
Hari ini saya ingin pergi daurah di salah satu lokasi di Antang, naiklah diriku pete-petejurusan Antang. Awalnya sih senang-senang saja karena semua yang ada di pete-peteperempuan semua. Sampai di Jl.Urip Sumoharjo saya masih anteng-anteng saja. Diriku mulai gelisah saat memasuki Antang, entah apa yang membuatku begitu gelisah. Saat melewati LAN Antang, naiklah seorang laki-laki 25-an. Wajahnya friendly dan agak kurus. Supir membukakan pintu agar dia duduk di depan saja di samping supir tapi dia menolak dan duduk di belakang bersama kami wanita-wanita. Dia nda risih apa.

Sekitar 10 meter setelah laki-laki itu, naiklah lagi seorang laki-laki yang berumuran sekitar 20-an. Pak supir juga membukakan pintu untuknya tapi dia menolak dan duduk di belakang. Dia malah duduk di depanku. Yang risih malah saya. Kira-kira 10 meter lagi naiklah laki-laki seperti gaya seorang pns tapi lebih dekil. hihi. 3 orang laki-laki yang menolak untuk duduk di samping supir itu telah membuat kami risih. Apalagi bertambah satu orang lagi yang tidak mau duduk di samping supir. Genaplah 4 orang laki-laki kagak jelas.

Saat itu saya mulai curiga. Rasa gelisah hebat langsung kurasa. Apalagi saat laki-laki di depanku mulai mual-mual kagak jelas. Setelah itu salah satu laki-laki kagak jelas itu nyolek-nyolek menyuruh saya pindah.  (Nda sopan banget nyolak-nyolek). Dan kujawab. 

"Di sini saja, Pak. Soalnya saya sudah mau turun", jawabku mantap. Hum, karena saya tidak pindah si pria di depanku tiba-tiba mau muntah depanku, hiiiiiiii. Pindah deh di samping laki-laki yang tadi nyuruh pindah. Saat duduk di sampingnya kok dia mepet-mepetin diriku dengan temannya. Hiiiiiiiii pindahlah diriku di samping supir dan langsung berteriak, "Pak, kiri pak kiriiiiiiii". Kaget dengan suaraku Pak supir bilang, "Sabar-sabar dek". Huhuhu... Saya sudah gelisah setengah mati sambil gemetar-gemetar ngasi duit. 

Alhamdulillah saya sudah sampai tujuan, kalo tidak mungkin saya sudah lompat dari pete-pete. Sampai di tempat tujuan saya ceritakan semua pada teman, kata teman mereka adalah gerombolan pencopet yang ingin mencuri barang-barang penumpang dengan cara mengalihkan perhatian. Hiiiiiiii.. Alhamdulillah diriku sudah turun, semoga tidak terjadi apa-apa dengan penumpang lain. 

Pelajaran hari ini: Jangan terlalu percaya pada penampilan bagus, selalu waspada di manapun dan kapanpun. Kalo nemu lagi orang-orang seperti itu mending turun saja dari pete-pete yang dinaiki. Cari aman lebih baik dan jangan lupa berdoa. Itu yang paling ampuh mengalahkan semua kejahatan. Jangan remehkan  bisikan hati kecil, biasanya hati selalu memberikan sinyal saat ada orang yang ingin menjahati kita.  Waspadalah..waspadalah...

Hima-Rain yang masi sedikit-sedikit trauma.