TUTORIAL

Selasa, 31 Desember 2013

Umm Tahun Baru?? Tentang Hati dan Cinta

Bismillah...

Selain Ulang Tahun, saya pun tidak merayakan Tahun Baru. Iya, masya Allah kalau ada yang bertanya kenapa, awalnya mungkin saya akan menjawab tidak suka dan alasan-alasan agar orang lain tidak tersinggung dengannya. Dan saya pun berpikir tidak sepatutnya menyimpan ilmu yang telah kita dapatkan sebelumnya, apalagi ini tentang ad-dien.

Kenapa saya tidak merayakan ultah, tahun baru dan perayaan lain yang dibuat oleh manusia? Jawabannya: ini persoalan aqidah, masalah kepercayaan dan pembenaran hati. Subhanallah masalah hati itu adalah masalah kita dengan Allah. Ya penjelasannya panjang, kita liat yang satu ini saja yuk beberapa kutipan kuambil dari Fanspage Yusuf MansurNetwork, cekidot.

Ada baiknya ketika melakukan atau merayakan sesuatu ada baiknya kita tau asal-usulnya. Nah, terkait Tahun Baru, kita liat sejarahnya dulu dehh~

Perayaan tahun baru masehi memiliki sejarah panjang. Banyak di antara orang-orang yang ikut merayakan hari itu tidak mengetahui kapan pertama kali acara tersebut diadakan dan latar belakang mengapa hari itu dirayakan. Kegiatan ini merupakan pesta warisan dari masa lalu yang dahulu dirayakan oleh orang-orang Romawi. Mereka (orang-orang Romawi) mendedikasikan hari yang istimewa ini untuk seorang dewa yang bernama Janus, The God of Gates, Doors, and Beeginnings. Janus adalah seorang dewa yang memiliki dua wajah, satu wajah menatap ke depan dan satunya lagi menatap ke belakang, sebagai filosofi masa depan dan masa lalu, layaknya momen pergantian tahun. (G Capdeville “Les épithetes cultuels de Janus” inMélanges de l’école française de Rome (Antiquité), hal. 399-400)

Umm ternyata eh ternyata sejarahnya tidak lain dan tidak bukan hari itu adalah hari dedikasi salah satu dewa orang-orang Romawi, jelas ya ini bukan berasal dari Islam, tidak setitikpun.

Umm sejarahnya tidak ada hubungannya dengan Islam, selain itu fakta besar lainnya “Merayakan tahun baru tidak ubahnya merupakan tasyabbuh (perbuatan meniru) kebiasaan agama lain”, yang dengannya semakin lama akan semakin mengikis aqidah kita dan juga mengikis pula rasa bangga terhadap agama Islam ini. Sebagaimana hadits riwayat Ahmad, Abu Dawud dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban berikut: “Barangsiapa bertasyabbuh (menyerupai ) suatu kaum maka ia termasuk dari mereka”.

Allah SWT berfirman:


ولن ترضى عنك اليهود ولا النصارى حتى تتبع ملتهم”.



“Dan orang-orang yahudi dan nasrani tidak akan rela kepadamu hingga kamu mengikuti agama/millah (Tradisi khas keagamaan, jalan hidup) mereka”. (QS. Al-Baqarah: 120)


Umm selain dua poin di atas, ada satu poin yang patut kita liat juga. Perayaan tahun baru identik dengan pesta dan kembang api. Keduanya menghambur-hamburkan harta untuk sebuah kesia-siaan. Membakar mercon sama saja dengan membakar uang. Paadahal masi ada hal bermanfaat lain yang bisa kita lakukan dengannya;

وَآَتِ ذَا الْقُرْبَى حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا (26) إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا [الإسراء/26، 27]


"Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya." (QS Al-Israa’ [17] : 26-27)


Semoga kita senantiasa selalu dilindungi Allah dari kesia-siaan dan dari perbuatan maksiat kepadaNya. Masya Allah persoalan aqidah itu persoalan kita dan Allah. Kalo perayaan tahun baru adalah perbuatan mengikis aqidah, sungguh menghindarinya adalah suatu perbuatan yang sangat baik. Dan tulisanku ini adalah wujud cintaku kepada sesama saudara-saudari muslim.





Hima Rain

Minggu, 29 Desember 2013

Hiragana Table

Bismillah...

Huaah kyou wa nichiyoubi desuyo~ Bagusnya kita belajar bahasa Jepang kali ya, kemarin dapat tabel hiragana yang lucu di Fanspage Kokoro no Tomo. Tabel hiragana ini chou kawaii dan colourful. Cocok untuk belajar huruf bagi yang mau mempelajari hiragana. 

klik untuk memperbesar
Saya suka huruf hi pada himawari dan a pada ame hahahay. Kalian suka yang mana?


Hima Rain

Senin, 16 Desember 2013

Madu Jadied, Sehat Lambung!

Bismillah...

Hum blog ini jadi kurang bermanfaat sejak lama tidak kutulisi, mari kita coba mengambil manfaat darinya lagi. Hari ini saya mau memperkenalkan salah satu produk Indonesia yang memang di tivi-tivi belum muncul iklannya tapi Masya Allah sangat bagus khasiatnya untuk kesehatan perut alami. Saya sudah menggunakannya kurang lebih sejak 2 tahun walaupun kugunakan tidak rutin dan hanya kuminum kalo sedang terkena maag saja. Nama produk ini "Madu JADIED Sehat Lambung", dengan tagline solusi untuk masalah lambung tanpa efek samping! 


Hei, this is real news, look at my eyes to prove it, fufufu!


Dengan Netto 165 gram, Madu Jadied ini merupakan ramuan herbal olahan yang terdiri dari madu murni, sari kurma, minyak zaitun, minyak habbatussauda, Zingiber Officinale (jahe) dan Mentha Arvensis (ekstrak daun mint). Kalian tau komposisi kesemuanya itu menghasilkan ramuan yang sangat menyamankan perut. Dengan izin Allah ramuan ini sungguh manjur lo kalo kalian sedang mengalami gangguan perut; karena maag, masuk angin, dan lainnya. Biasanya kalo saya sedang maag saya minum ini dua sendok kalo sakit banget, tapi kalo biasa saja sakitnya cuma sesendok, alhasil beberapa menit kemudian perut kembali normal. Alhamdulillah ya sesuatu. 

Madu sendiri adalah obat alami yang dianugerahkan oleh Allah kepada manusia untuk segala macam penyakit lho. Ilmu pengetahuan sudah banyak mengeluarkan bukti-bukti khasiat pengobatan luar biasa dari madu. Khusus untuk masalah perut, madu berkhasiat untuk menyembuhkan sakit perut dan membersihkan kotoran di perut hingga di akarnya (Rasulullah is My Doctor hlm. 176), bisa mengurangi tingkat keasaman lambung saat maag. 

Sari Kurma sangat bagus untuk lambung dengan manis alaminya, sangat bagus untuk semua jenis permasalahan perut. Minyak Zaitun adalah minyak alami yang sangat baik membantu menyamankan perut. Jahe adalah anti muntah dan mual (efek saat sakit maag), selain itu meredakan perut kembung, gangguan pencernaan, infeksi usus, dan beberapa jenis keracunan makanan. Minyak Zaitun dapat membantu menstimulasi dan meringankan perut yang bermasalah (Rasulullah is My Doctor hlm. 199). Hummmm bagaimana? Kolaborasi penyembuh gangguan perut yang keren bukan?!! 

Biasanya kalo maag kambuh saya biasanya langsung minum madu ini 2 sendok dan minum air sesudahnya. Walaupun belum makan madu ini tidak ada efek sampingnya. Setelah minum ini kadang saya berbaring telentang dan beberapa menit kemudian perutku kembali nyaman. Kadang juga kalo perutku sakit karena kebanyakan makan makanan pedas, madu ini jadi solusi praktis. Perut jadi aman, lambungku juga jadi hangat dan tidak kembung lagi. 

Untuk rasanya sendiri, awal-awal saat meminumnya agak-agak lain rasanya karena ada rasa mint yang kurang kusukai, namun rasa madu dan sari kurma yang manis jadi bikin enak.  

So, jadi mau coba kan? Coba yuk!


Ingat tidak hanya maag saja, madu ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga dan mengobati lambung. Bisa diminum untuk anak-anak dan orang dewasa 3 kali sehari. Jangan lupa dengan Basmalah dan keyakinan bakal diberi kesehatan oleh Allah melalui ramuan madu ini. Keyakinan adalah hal utama dalam apapun, ingat hanya Allah Yang Maha Penyembuh. Selamat mencoba!

Hima Rain

sumber info herbal:
Buku Rasulullah is My Doctor karya Jerry D. Gray

Kamis, 12 Desember 2013

Bros Bunga Satin ~Tutorial~

Bismillah...

Beberapa hari ini saya tidak menulis di blog yah karena saya sedang menjalin cinta dengan mainan baru. Ya, saya jatuh cinta dengan kain satin. Ummm saat ini saya sedang asik-asiknya mengubah bentuk kain ini jadi bros-bros lucu. Kain ini sungguh asik dijadiin bros karena warnanya terang, kesannya elegan, gampang dibentuk dan juga hasil brosnya jadi banyak. Hei, bagaimana dengan flanel? Hooo tenang flanel masi nomor satu kok di hatiku, saat ini pun masi ada rancangan bentuk baru usulan teman yang akan kuperkenalkan padamu nanti. 

Oke baik kita ke paragraf dua, umm setelah buat bros ini dalam jumlah banyak ingin juga deh kubagi ke kalian cara membuatnya. Bentuk bros ini memang sudah lumrah sih, kalian bisa temukan banyak di penjual-penjual aksesori di pasar ataupun di mall. Nah, kali ini saya akan membagi cara membuatnya ke kalian. Caranya sangaaat mudah. Jya, hajimemasho~

Pertama
Siapkan bahan berupa kain satin, benang, manik-manik, peniti bros beserta mangkoknya, dan lem lilin. Untuk alat jangan lupa gunting, jarum, dan glue gun.

Kedua
Cetak bentuk bulat dengan ukuran diameter 8 cm ke atas kain, kalo saya pake tutup bedak marcks untuk bikin bulatannya. Gunting dan buat 5 lembar yang sama.














Ketiga
Lipat menjadi dua bagian kainnya, setelah itu lipat lagi menjadi dua. (Liat gambar deh biar lebih jelas). Lakukan ini untuk kelima bulatan kain tadi.



Keempat
Bagian yang sudah terlipat itu kini kita jait jelujur bagian bawah yang lengkung itu. Jahit kelima bulatan dan jangan biarkan benang putus di tengah jalan.




Kelima
Nah, sekarang satukan kedua ujung terpisah itu dengan jahitan dan jahit hingga kuat dan tidak terlepas lagi.





Keenam
Waktnya manik-manik beraksi, ambil 3 biji manik-manik dan rekatkan pada bagian tengah bunga menggunakan lem lilin.


Ketujuh

Rekatkan pula bagian belakangnya dengan mangkok pin beserta penitinya. Pake lem lilin juga ya.

















Kedelapan
Inilah hasilnya, cho~ kawaii deshou...


~Semoga bermanfaat aamiin...~


Hima Rain

Sabtu, 07 Desember 2013

Hadiah dan Kelegaan Karena Datang Lebih Awal

Bismillah…

23 April 2011,
Hari ini mentari pagi menyapaku dengan silaunya dari balik jendela pete-pete (red;angkot) yang kutumpangi menuju kampus. Cahaya yang sedikit hangat itu menghangatkan dinginnya sela-sela jari-jemari yang sedari tadi bersinggungan dengan angin paksaan yang mencoba masuk dari pintu depan angkot. Iya sedari tadi pak supir ini terus saja menancap gas di sepanjang jalur-jalur panjang jalanan pagi itu seperti tidak memperdulikan ada seorang penumpang dag-dig-dug ria dan berwajah cemas akibat manuver-manuver bak pengemudi professional itu.

Ahad, bukan main di hari libur sedunia itu aku mesti beraktifitas sepagi mungkin. Jujur di pagi hari lain biasanya, apalagi ahad aku lebih sering melakukan rutinitas menonton kartun pagi atau sekedar berbaring-baring tidak jelas dan memanjakan rasa malas. Aku selalu berpikir tidak mengapa berlambat-lambat ria karena aku bisa bergerak dengan cepat melampaui waktu.  Sungguh rasa percaya diri berlebihanku itu sungguh menjerumuskan. Tak ayal aku selalu menjadi orang yang telat dan dijuluki Ratu Telat di setiap kesempatan ‘janjian’.

Tetapi hari ini berbeda, aku seperti terhipnotis dan termotivasi untuk bangun jauh lebih cepat. Sholat, mandi tepat waktu. Berangkat pun 2 jam sebelum jadwal. Ada apa denganku? Apakah semalam aku diberi ramuan tepat waktu oleh Doraemon? Atau seorang pangeran tampan menasehatiku untuk tidak jadi ratu telat lagi? Hahaha, entahlah yang pastinya hari itu aku tidak ingin terlambat lagi.

2 pekan lalu seorang teman sekampus yang kukenal sebagai seorang aktivis dakwah itu memberikan beberapa tiket seminar kepadaku. Ia yang kukenal itu menawarkan sebuah tiket seminar untukku dan beberapa tiket lain untuk ditawarkan ke orang lain. Entahlah angin apa yang membuatku tiba-tiba menyetujui untuk mengambil serta menawarkannya ke orang lain. Yah, temanya memang menarik, sangat bermagnet. Aku pun inisiatif menawarkan ke dua orang  sahabat. Itulah sebabnya aku di ahad nan dingin ini berada di sini sekarang, kedinginan dan kelaparan. Aku abaikan sarapan tadi padahal dari semalam aku tidak makan malam, maka makin beratlah kurasakan pagi itu.

Aku turun dari pete-pete di depan gerbang kampus dan aku masih harus menjemput dua orang teman yang akan ikut seminar bersamaku. Tiba di tempat tujuan kami, aku dan kedua orang ini dalam langkah malu-malu, datang ke kampus pagi itu...hehehe (copas puisi dikit nih). Wah, suasana di jalanan tadi hampir sama dengan suasana depan gedung seminar ini. Sepi. Tapi masi terlihat lebih banyak orang-orang di depan sana. Sepertinya itu panitia pelaksana. Kami bertiga awalnya celingak-celinguk mencari pintu masuk dan aku sendiri sibuk melayangkan mata mencari mungkin ada penjual makanan di sana.  Oalah ternyata eh ternyata kami terlalu cepat datang. Panitia di bagian akhwat masi bersibuk-sibuk dan berjalan ke sana kemari mempersiapkan segalanya.

Setelah mencatat nama di buku registrasi, kami dipersilahkan menunggu karena ruangan belum siap, maka makin kelaparanlah diriku. Perutku makin bergelora tetapi tetap kutunggu ruangan terbuka dalam diam. Tak dinanya seseorang memberikan kepada kami sebuah hadiah kecil dan juga diberi sepotong kue. Alhamdulillah aku terharu. Aku mengatur napas dan berusaha untuk tidak terlalu lebay, dan kuberikan senyum termanisku kepada si pemberi makanan.

Tekadku untuk menepati waktu saat itu diberi hadiah oleh Allah dengan sarapan pagi sederhana untuk perutku yang sangat keroncongan pagi itu. “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”.

Datang sebagai tercepat hari itu membuatku kami menjadi sedikit istimewa. Memilih tempat duduk strategis dan  mendapat hadiah pula sebagai peserta tercepat. Seminar pun dimulai dan memang bedah buku bank konvensional itu sungguh memukau. Aku jadi tertarik untuk memiliki bukunya. Tapi aku tidak punya cukup uang membelinya. Kututup harapanku untuk memilikinya. Ternyata di akhir acara takdir berkata lain, moderator mengumumkan bahwa ada doorprize hadiah buku itu untuk 10 peserta. Ya, Allah  sungguh aku terkejut saat itu. Allah menjawab keinginanku langsung hari itu. Hari itu aku pulang dengan membawa setumpuk kesenangan dan hadiah yang tidak kusangka-sangka. Sejak hari itu saya bertekad untuk berubah.
--------o0o--------

Aku tahu kisah ini tidak terlalu istimewa tapi aku belajar banyak hal dari peristiwa hari itu. Semua ini menjadi saksi nyata bahwa sesungguhnya kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula. Hari itu aku membuat satu keputusan baik untuk diriku yaitu keluar dari zona nyamanku dan menetapkan diri untuk menjadi orang yang tidak menunda waktu. Dan hadiah yang kudapat hari itu pun tidak seberapa, tapi sungguh ada suatu perasaan aneh yang kurasakan. Rasa ini sungguh tidak biasa. Sebuah rasa lega yang luar biasa, ini seperti saat aku berhasil memperbaiki benang kusut di tengah jalan saat menjahit atau seperti saat aku berhasil mengeluarkan duri kecil yang tertusuk di ujung jariku. Iya iya, itu yang muncul. Beberapa saat aku menyadari itu yang dinamakan kelegaan dan kepuasan. Aku berhasil menaklukkan rasa manja di dalam diri dan kebiasaanku.


Istimewanya adalah Allah memberiku hadiah untuk permulaan tekad baikku di hari itu dengan menjawab keinginanku langsung di hari yang sama. Menghargai waktu ternyata akan membuka rejeki-rejeki lain yang sebelumnya belum pernah kurasakan. Sungguh, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? 

Kamis, 05 Desember 2013

Info Giveaway Craft Desember 2013

Bismillah...


Apa kabar kawan blogger? Apakah kalian salah satu penyuka handicraft dan segala yang berhubungan dengannya? Yuk ikut beberapa giveaway desember berikut. Hummm ada yang hadiahnya handicraft, DIY kit tools, ataupun bahan-bahannya saja. Kalau dapat bahan-bahan dan DIY kit tools kan lumayan buat latihan buat craft dan kalau handicraftnya untuk keperluan sendiri kan fufufu. Ayo ikut batas waktunya rata-rata akhir tahun. Cekidot...


  1. #2 GIVEAWAY Moymoik fabric
  2. dec 2013 Goodthinks Giveaway ^^
  3. Giveaway Akhir Tahun
  4. Fillyawie's Year End Giveaway
  5. CRAFTY PATTY'S 1ST GIVEAWAY
  6. Giveaway: 20 Living In Vintage Fabric Panels
  7. Giveaway Ichi Desember 2013

Kalau masi ada info craft lainnya silakan share yuk di komentar. Happy crafting all....


Hima Rain

Rabu, 04 Desember 2013

Tiap Kali Hujan Kenapa Ada Angin

Bismillah...

Tiap Kali Hujan Kenapa Ada Angin


Aku mungkin akan sangat senang jika engkau mengaitkanku dengan langit

Ya, teman setia hujan pasti adalah langit

Apa aku langit?
Ah aku hujan
Kami sepakat menamai diri sesuai suka

Aku suka, dia juga suka

Sengaja
Aku menunjuk langit dan menyatakan suka padanya
Untuk mengalihkan perhatian kalian yang sedang memadu rindu
Hujan bukan obat nyamuk penemani romantismemu saat itu

Hujan pun terus mengamati langit
Ia jadi suka
Bagaimana ini?
Aku tidak ingin memancarkan air merah madu

Hujan resah tapi ia tetap suka
Hari itu hujan memandang langit lagi
Tetiba angin melesat
Ingin meraih lengan hujan

Tidak mereka tidak
Angin dan hujan saat itu tidak bersatu
Tidak bersatu membuat badai
Angin sendiri tenang
Hujan tetap menatap

pic source
Hujan terdiam menatap lama
Tak sadar angin lenyap dari derasnya hujan
Hujan tetap melihat angin
Angin lenyap tapi ia di sana


Hima Rain