TUTORIAL

Sabtu, 30 Juni 2012

Pesta Kawinan dan Kursi

Bismillah...

Pergi ke acara kawinan, DULU adalah hobi dadakanku. Di umur-umur pra abg alias masa-masa SD saya sering sekali ikut-ikut Mama', Bapak, atau Tanteku ikut ke acara kawinan. Mungkin karena saya yang paling nurut kalo disuruh pergi jadinya saya yang selalu diajak. Enak sekali bisa ikut dan yang pastinya selalu pake baju yang cantik-cantik. Saya suka sekali menggunakan baju-baju ala pesta yang berenda-renda itu atau pake baju terusan yang bagian bawahnya mengembang itu lo.. Banyak pita-pita dan sebagainya, rambutku pun dihias sedemikian rupa oleh mamaku. Wajahku diberi bedak tebal dengan paksa dan bawah mataku diberi celak. Wah, wah wah kalo ada fotoku masa kecil dulu pasti saya ngikik sendiri.


Selain pake baju cantik saya pun suka sekali ikut karena ada suvenir pernikahan yang lucu-lucu dan imut yang selalu diterima Mama' atau Bapak yang kemudian bakal ditransfer ke diriku. Ini juga salah satu awal mula saya menyukai benda-benda seperti craft looo. Eh, makanan di pesta-pesta kawinan juga enak-enak. Dasar anak-anak sukanya yang enak-enak saja. Hahaha. Menjelang SMA, hobi itu menghilang entah ke mana, semakin bertambahnya kedewasaan dalam diriku --hehehe-- kegiatan itu kukurangi bahkan sekarang jadi sangat jarang. Kalo ada teman seangkatan saja atau teman lama yang nikah baru saya pergi ke acara kawinan, itupun dengan berpikir panjang dulu. 

Saya ingat acara kawinan terakhir yang kuikuti, salah satu acara kawinan yang menurutku sungguh sangat tidak menyamankan, tidak menyenangkan, dan membuat diriku ingin lari dari gedung nan luas itu. Hari itu saya diajak mamaku untuk pergi ke sebuah acara kawinan keluarga yang terbilang tidak terlalu dekat tapi ya bisa dibilang dekat juga. Awalnya saya menolak dengan keras karena saya baru pulang kampus dan masih capek banget, tapi karena kasian liat mamaku sudah dandan cantik dan tidak ada yang ingin menemaninya makanya dirikupun mengorbankan diri. Berbekal sedikit baju kuliah hasil setrikaan berangkatlah diriku dan mamaku dengan becak, dekat banget sih dari rumah. Jalan kakipun bisa, tapi karena kakinya mamaku sedang masa penyembuhan jadinya kami memilih naik becak. 

Sampainya di sana gedung sudah ramai, mobil-mobil pun banyak berdatangan. Kami ternyata bersamaan datangnya dengan pengantin. Eh, mamaku malah ikut rombongan pengantin dan masuk bersama-sama mereka. Hahaha lucunya kami jadi iring-iringan keluarga. Sampai di dalam kami langsung ambil t4 duduk, pas saya mau duduk langsung ada ibu-ibu dengan tangkasnya menaruh tas di kursi yang ingin kududuki. Takut banget sih diambil kursinya, bukan dia juga kok yang punya. 

kupinjam dr sini
Ternyata kursi di ruangan itu dikit banget. Kalo kuhitung-hitung kursi dan undangan itu banyakan undangannya. Kira-kira 1 banding 9 deh. Memangnya sekarang Indonesia punya adat makan berdiri ya. Ckckckck. Di situ saya mulai risih, bayangkan saja saya yang biasanya makan duduk dengan terpaksa disuruh makan berdiri, ya saya tidak maulah. Kuliat orang-orang dengan mudahnya makan dengan pose berdiri. Makan dengan posisi berdiri itu berarti makan dengan setan looo, setan itu makannya sambil berdiri. Makanya kita harus duduk dan baca basmalah. Nyaaamm itu baru cara makan yang ahsan, cara makannya Rasulullah. Saran nih yang mau buat pesta kawinan, banyak-banyakin kursinya yah. Kasian undangan kalo disuruh berdiri kurang lebih sejam. Bukannya mau senang malah gak tenang. Setelah acara kawinan itu, saya jadi gak minat lagi ikut acara-acara seperti itu. Pesta terlalu mewah, formal, tapi kursi saja tidak cukup. Sekarang Indonesia sudah banyak sekali terwarnai dengan hal-hal berbau barat dan salah satunya adalah standing party, saya lebih suka ikut walimahan. Begitulah ceritaku hari ini, apa kalian pernah risih juga seperti diriku atau menikmatinya.. Hum setiap orang berbeda-beda sih.......

Hima Rain

Senin, 25 Juni 2012

Tulisan Berantai : Topsy Kretts ~Ala Hima~


Bismillah…

Alhamdulillah bertemu lagi, kali ini mau tulis postingan berantai dari Ninis yang kutahu sebelumnya dari Maya. Duh, ni peer betul-betul berantai, kali ini rantainya ke rumah Sunflowerku. Nah, kata si Ninis judulne ‘Topsy Kretts’, terpleset dari kata-kata Top Secret. Kite disuruh nulis 5 benda rahasia dan apa maknanya bede’.

Cekidotmi saja di’.

Ichi
Kardus Rahasia, ini bukan sembarang kardus. Ini adalah kardus bekas komputer pertamaku. Apa hubungannya dengan komputer pertama dan kardus ini? Tidak ada kok, cuma sekilas info saja. Di dalamnya tersimpan banyak benda-benda yang kuanggap berharga yang dianggap orang lain tidak berharga. Agak eksklusif memang karena benda-benda yang kusimpan itu kalau dinilai tidak terlalu penting lagi dan hanya bikin full tempat saja. Ada beberapa benda yang cukup rahasia. Yang tidak terlalu rahasia akan kupaparkan deh. Ada gantungan-gantungan kunci yang kusimpan dari kecil hingga saat ini. Ada pula kertas-kertas kado pembungkus kado-kado dari teman, sapu tangan pertama dari mamaku, dan beberapa benda-benda aneh lainnya. Jangan ditanya deh, kenangannya banyak banget sih. Setiap kali nostalgia, saya pasti buka-buka kardus ini.


 

Ni
Drum. Ini drum pemberian bapakku, katanya sih bekas penyimpanan tinta mesin fotokopi. Drum ini ada dua, satu diberikan ke tanteku dan satunya ini kuambil untuk menyimpan barang-barangku. Di dalam sini lebih banyak benda-benda rahasia yang tidak akan kuperlihatkan. Kudeskripsikan satu-dua saja yah, ada beberapa surat rahasia dari teman rahasia. Ada beberapa koleksi-koleksi benda kenangan masa kecil dan lain sebagainya. Ini top secret lah. Hahaha, selain sebagai peti penyimpanan, drum ini juga fleksibel dengan seringnya kujadikan sebagai tempat duduk. Selain ukurannya yang cukup tinggi dan sesuai dengan meja belajarku, drum ini pun nyaman digunakan sebagai tempat duduk.





San
Tumpukan karton ini sepertinya tidak terlalu penting yah. Sudah bulukan, kertasnya kuning dan buram, apalagi banyak debu dan sarang laba-labanya. Hehe tapi jangan liat bentuknya, liat isinya. Eh, jangan liat isinya deh, malu aku. Ada tulisan-tulisan rahasia di dalamnya, ini lebih rahasia ketimbang diari-diariku. Begitu deh. Ya, begitu deh. Hahahahaha… Tempatnya pun rahasia.



Shi
Blog Rahasia. Hahahahaha, yang ini tidak akan kuberitahu urlnya. NAMANYA JUGA RAHASIA. :P

Go
Apa lagi ya, pokoknya rahasia-rahasiaku itu banyak. Banyaaaaaaaaaak banget. Kalo saya membongkar isi kardus dan drum itu bakal ketahuan deh rahasianya. Pokoknya itu deh. Yaa, itu deh.

Sudah yaaa, nanti terkuak lagi semuanya. Kan tidak etis, itu namanya bukan top secret lagi dong. Oh, iya karena drum dan kardus-kardus itu (kardusku di kamar tidak hanya di atas itu) di rumah saya dibilangi ‘payabo’, istilah bahasa Makassar untuk orang yang suka mengumpulkan barang-barang tidak penting dan unvalued lagi atau lebih kalian kenal artinya ‘pemulung’ hahaha, saya tidak peduli yang penting saya senang. Kalau senang kan tidak masalah, iya kan kawan?!

Hima Rain

*eh, lupa kulempar dih..tuing..tuing... baiklah, kali ini kuberantaikan lagi dengan rantai-rantai sunflower milikku. Kali ini rantai sunflower ini kuberikan pada Mbak Dinar-Azami feltAjiTifa PascariyantiMeutia Rahmah, dan Mbak Novi Sukma  



Minggu, 24 Juni 2012

Handphone Pouch with Pull-Tab Feature

Bismillah...

Kali ini saya berhasil membuat  pouch handphone yang pull-tab. Alhamdulillah. Karna tidak tau bagaimana bagian dalam pouch yang ada talinya itu, jadinya saya sedikit berimajinasi dan rekasaya. Dan alhasil seperti ini. Semoga mirip.




Hima Rain

Sabtu, 23 Juni 2012

New! Alhamdulillah

Bismillah...

Alhamdulillah, sekarang blog Hima Rain menggunakan nama domain baru yaitu hima-rain.web.id. Kira-kira tiga hari sudah saya bolak-balik berkutat dengan setting dns dan sebagainya. Wow, ribet ya. Apalagi saya harus browse Google mengenai cara setting dns, setting di blogger dan sebagainya. Untunglah ada kawan blogger yang membantu. Trims ya.

Dan juga kali ini dengan tampilan baru dan beberapa postingan lama yang kurepost. Dan saat ini Hima belum bisa memajang link blog kawan-kawan karena masih sedikit trauma dengan malware. Maaf ya, sedikit hari akan kembali kupajang link blog kawan-kawan. 



Sekedar info lagi, dua hari yang lalu Hima mendapat sms. 

"Hari ini telah memasuki bulan Sya'ban. Rasulullah senantiasa memperbanyak ibadahnya pada bulan Sya'ban sebagai ajang pelatihan dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. Bulan nan mulia tersebut akan menghampiri kita sekitar satu bulan lagi. Ayo saling mendoakan semoga kita dikuatkan oleh Allah dalam ibadah-ibadah kita. Fastabiqul khairat. Semangat karena Allah. "

Hima Rain

Solusi Mengatasi Marah

Bismillah...

Marah bisa menyebabkan orang tidak terkendali. Terkadang pula dapat membuat orang tersebut out of box. Yang kesehariannya diam, tenang, bahkan ramah kemungkinan besar jika marah bisa menjadi-jadi. Marah merupakan hasutan dari syetan laknatullah yang ingin melihat manusia terjerumus dan melakukan hal-hal buruk karena emosi yang tersulut akibat kemarahan. Marah bisa menimbulkan dampak-dampak yang nantinya akan membuat kita menyesalinya di kemudian waktu.

"Bagaimana sih mengatasi marah?"
Saya pun selalu menanyakannya sendiri pada diriku sendiri. Memiliki emosional yang berlebihan bisa membahayakan diri dan orang lain. Berdasarkan sebuah buku yang baru-baru ini kubaca 'Terapi Kecemasan' karya Muhammad Al-Munajjid, di akhir bab saya mendapatkan penjelasan mengenai marah dan solusi mengatasi marah.

Ada 11 cara yang dipaparkan beliau dalam bukunya, dan kali ini akan kupaparkan secara singkat.
1. Memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan.
Dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Ketika seseorang marah lalu berucap a'udzubillah (yang artinya) 'aku berlindung kepada Allah' maka amarahnya akan hilang." Beristi'adzah adalah salah satu solusi untuk menjauhkan godaan syetan yang sedang menghasut kita untuk marah, maka dianjurkan untuk membacanya.

2. Diam
Ketika kita marah, salah satu solusi ampuh supaya kita tidak meledak-ledak adalah diam. Menjaga mulut mengeluarkan kata-kata yang tidak diinginkan saat marah bisa meredakan dan mencegah diri dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

3. Tenang
Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Jika seseorang di antara kalian hendak marah, hendaklah ia duduk niscaya marahnya akan hilang. Jika belum hilang, hendaklah ia tidur berbaring." Al-Khaththabi rahimahullah, orang yang berdiri siap untuk bergerak dan menampar; orang yang duduk sedikit mencegah dari keduanya; dan orang yang berbaring terhindar dari keduanya. Maka dari itu disimpulkan bahwa tujuan Rasulullah memerintahkan duduk dan berbaring agar orang yang marah tidak melakukan tindakan-tindakan sembrono- sebagaimana yang biasa ia lakukan ktika berdiri yang akan membuatnya menyesal kemudian.

4. Selalu mengingat wasiat Rasulullah
Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwa ada seseorang yang berkata kepada Rasulullah. "Berilah aku nasehat!" Beliau pun bersabda, "Jangan marah!" Orang itu terus mengulang ucapannya kpada Rasulullah dan beliau tetap bersabda, "Jangan marah!"
   
5. Mengetahui adanya kedudukan tinggi dan keistimewaan yang disediakan bagi siapa saja yang mampu mengendalikan diri
Rasulullah bersabda, "Orang yang tangguh bukan yang jago gulat, tapi orang ang tangguh adalah orang yang mampu mengendalikan diri ketika marah" (HR. Ahmad). Dalam riwayat lain pun, Anas radhiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallampernah melewati sekumpulan orang yang sedang saling bergulat. Lalu beliau bertanya, "Ada apa ini?" Mereka pun menjawab, "Si Fulan pegulat yang tangguh. Setiap kali bergulat dengan orang lain, ia selalu memenangkannya." Beliau menimpali, "Maukah kalian aku tunjukkan pegulat yang lebih tangguh darinya, yaitu seorang yang didzalimi orang lain lalu mampu mengendalikan dirinya dan mengalahkan amarahnya, setannya dan setan orang yang mendzaliminya." 


6. Manajemen marah ala Rasulullah
Beliau adalah teladan dan panutan kita semua. Semua tergambar dalam berbagai hadits beliau. Sesuai petunjuk Rasulullah, bahwa kita hanya boleh marah hanya karena Allah, yaitu bila kemuliaan-kemuliaan Allah dinistakan. Rasulullah pun pernah marah saat ada seorang imam yang memanjangkan bacaannya dalam shalat dan membuat orang enggan shalat karenanya. Beliau pun pernah marah saat Aisyah memasang helaian kain penutup yang bergambar makhluk hidup. Beliau hanya marah untuk dan hanya karena Allah.

7. Menahan amarah sekuat tenaga
Orang yang bertakwa oleh Allah akan disediakan surga seluas langit dan bumi. Di antara sifat-sifat orang yang bertakwa adalah selalu berinfak baik saat dalam keadaan lapang maupun sempit, menahan amarah, mudah memaafkan orang lain, dan Allah cinta pada orang yang berbuat baik.

8. Langsung sadar bila diingatkan
Manusia memiliki sifat, tabiat untuk marah. Dan orang diciptakan berbeda-beda tabiat. Ada orang yang sangat sulit untuk marah dan adapula yang mudah marah. Tapi orang yang shiddiq bila marah dan diingatkan kepada Allah ia segera ingat dan berhenti marah. Semoga kita pula bisa menjadi orang yang mudah diingatkan.

9. Mengetahui dampak negatif marah
Marah memiliki dampak negatif yang sangat banyak. Salah satunya bisa menyakiti orang lain baik jiwa maupun raga. Marah pun bisa membuat tali persaudaraan putus, suami dan istri bercerai, dan lain sebagainya. Marah pun berdampak pada kesehatan, di antaranya hipertensi, serangan jantung, stroke, nafas tersengal-sengal dan lainnya. Mari kita memohon keselamatan kepada Allah.

10. Mengaca saat marah
Pernahkah kita melihat wajah kita saat marah? Pastinya kita sendiri tidak akan suka melihat penampilan kita saat marah. Wajah yang merah padam, mata melotot dan tingkah seperti orang gila. Dan sungguh menggelikan dan memalukan melihat wajah yang seperti itu.

11. Berdoa
"Doa adalah senjata orang mukmin", itulah kutipan dalam paragraf awal di poin 11 halaman 118 buku ini. Berdoa untuk dijauhkan dari segala kemarahan dan keburukan akibatnya. Semoga kita tidak terjerumus di dalam jurang kezaliman karena marah. Semoga Allah senantiasa melindungi kita dari kemarahan. Amin

Sekian pembahasan singkat Bab 5 Mudah Marah [Temperamen] pada buku 'Terapi Kecemasan' ini. Semoga apa-apa yang tertulis di postingan kali ini bermanfaat bagi diri pribadi dan orang lain. Amin. Jika kalian ingin membacanya lebih lengkap bisa mencari buku dengan judul buku yang telah saya sebutkan di atas.

Hima Rain

Cara Membuat Bunga Matahari dan Tangkainya dari Kain Flanel

Bismillah...


Apa kabar sobat blogger? Gimana? Kangen ma Hima Rain? Hehehe Lama tidak posting karena saya sedang sibuk menyelesaikan skripsi kawan. Postingan ini saja saya schedule dari jauh-jauh hari untuk menanti hari-hari sibuk seperti sekarang. Permintaan seorang kawan untuk posting tutorial karya di bawah ini. Kalau jadi, kalian bisa jadikan vas bunga.

 

 
...................................................

Nah, tidak berlama-lama:
1. Siapkan alat dan bahan: Lem Lilin, kawat (panjang sesuai keinginan), kain flanel yang telah dipotong dengan ukuran 30 cm x 1 cm

2. Potong kain flanel dengan bentuk daun seperti di bawah ini

3. Buat bunga mataharinya, caranya pernah saya posting di sini

4. Lilitkan flanel yang panjang tadi pada kawat, rekatkan dengan menggunakan lem lilin. Kemudian lilitkan pula daun pada tangkai. Begini hasilnya:

5. Untuk bagian kelopak bunga, rekatkan kelopak pada tangkai tadi dengan terlebih dahulu membuat lubang pada kelopak. Kemudian beri lem lilin. (lihat gambar)

6. Untuk cara selanjutnya, lihat pada gambar

7. Pada poin ini waktunya untuk menempelkan bunga pada tangkai, cek gambar

8. Begini hasilnya:

Begitulah, tutorial singkat membuat kreasi Bunga Matahari dengan tangkainya. Semoga kalian suka dan mengerti. Tidak mengerti?? Silakan menghubungi saya via ym. Akan kujawab semua pertanyaan kawan-kawan. 
\(^o^)/


Hima Rain

Cara Membuat Bunga Matahari dari Kain Flanel (Edisi Terbaru)


Bismillah... Hari ini hima mau membagikan tutorial lagi cara membuat bunga matahari dari flanel. Dulu saya buatnya kayak ginidan sekarang saya akan membuatnya dengan cara berikut. Lets cekidot

1. Persiapkan alat dan bahanmu, karena sunflower itu kuning jadi yang kita butuhkan adalah kain flanel kuning dan coklat untuk bagian tengah bunga. Jangan lupa gunting, jarum dan benang.


2. Buat pola di atas kain

3. Gunting pola tadi

4. Gunting juga kain yang coklat. Ukurannya lebih kecil daripada yang kuning

5. Gini nih penampakan hasilnya

6. Langkah selanjutnya lipat dua kain kuning bulat tadi 

 7. Gunting bagian tengahnya, tapi jangan sampai putus ya.... sedikit aja.

8. Ikuti gambar di bawah ini, setelah itu lipat lagi bagian yang tergunting itu kemudian gunting lagi bagian tengahnya seperti langkah 7

9. Setelah itu potong lagi menjadi 3 bagian..Hingga keseluruhannya berjumlah 12. Liat gambar

10. Setelah itu usahakan untuk membuat kelopak dengan rapi.

Liat bagian yang saya garis. Itu bagian yang harus digunting untuk membuat kelopak.

11. Jadinya bakal seperti ini, eh sisa guntingan itu jangan dibuang ya (ada gunanya diakhir)

12. Tumpuk kedua kelopak

13. Jahit dari bawah dahulu

14. Coba bikin seolah-olah ada titik di kelopak, jahit bagian titik. Liat gambar di bawah ini. Jahit jelujur ya, karena diakhir jahitan akan ditarik.

Jadinya akan seperti ini kalo jahitan telah ditarik
aksen kelopaknya terlihat bukan??!!

15. Waktunya menjahit bagian tengah bunga

Jahit jelujur sekeliling kain coklat bulat tadi. Kemudian tarik jahitan, isi dengan sisa guntingan kain tadi. Secukupnya aja. Liat gambar di bawah ini

16. Tempelkan di atas kelopak kuning dan kemudian jahit pinggir bagian bunga yang coklat tadi. Jahitnya tembus hingga ke kelopak kuning. 

..........................................................


Itulah keenam belas cara yang telah saya paparkan. Semoga anda mengerti hehehehe.. Tidak mengerti? Hubungi rumah sakit terdekat. Ah maaf bercanda. Hubungi saya via ym, saya akan menjawab semua pertanyaan anda. Sekian dari Hima, selamat mencoba........

Hima-Rain

Jumat, 22 Juni 2012

Shampo chan

Bismillah...

Shampo chan.. salah satu karakter  di komik 'Beauty Pop' karya Kiyoko Arai. Lucu karena namanya shampo, mungkin karena karakter majikan si kucing di komik ini adalah hair stylist. Ada-ada aja. Bagaimana kalau si kucing punya anak ya? Mungkin saja akan ada nama-nama aneh lainnya, creambath chan atau rebonding chan mungkin. hehehehe. 

shampo chan

By the way, ada yang tau bagian dalam pouch ini seperti apa? Share di komentar dong. Thanks


Hima Rain

Rabu, 20 Juni 2012

Giveaway Hima Rain Move ke Airin Handicrabby

Bismillah...

Mungkin ada yang bertanya, ke mana postingan giveaway Hima Rain yang ketiga itu ya? Hehe, kalau ada yang bertanya sih. Yah kalau tidak ada saya mau infokan saja kalau GAnya saya pindahkan atas alasan keamanan kawan-kawan yang memasang banner GA di blognya. Biasssaalah karena virus yang itu tuh. Saya pindahkan GAnya ke penyelenggara aslinya, yaitu Online Shopku sendiri, http://airinhandicrabby.blogspot.com/

Begitulah, saya langsung pindahkan rules dan daftar peserta di blog tersebut karena postingan 2012 Hima sudah hapus. Jadinya link-link yang mengarah ke postinganku itu tidak ada lagi. Silahkan bagi peserta GA yang telah terdaftar namanya untuk mengganti link ke airin handicrabby saja. Tapi jika terasa sulit dan sebagainya juga tidak apa-apa tidak diganti, karena syaratnya sudah terpenuhi sebelumnya kan. Itu saja penyampaian dariku. Tidak terasa sudah tanggal 20 Juni 2012. Tinggal 10 hari penyelenggaraan Give away ini berakhir, dan yang masih mau berpartisipasi silahkan langsung ke TEKAPE

enaknya


Hima Rain

Selasa, 19 Juni 2012

Perayaan Grafiti Rajutan atau Grafitti Knitting / Yarn bombing

Bismillah...


Copas dari fb Ekbess Wulandari


Halo teman-teman, Perayaan Grafiti Rajutan sebentar lagi, 
berikut jadwal acara selama Perayaan Grafiti Rajutan atau Grafitti Knitting / Yarn bombing dalam rangka Pra Event Festival Rajutan Indonesia, tanggal 23-24 Juni 2012 bertempat di Kampung Buku, Jalan Abdullah Dg. Sirua tepatnya di kompleks perumahan CV. Dewi no. 192 E (samping kantor lurah Pandang-Pandang)

Hari 1 : Sabtu, 23 Juni 2012
- 10.00-10.30 Pembukaan
- 10.30-11.30 Promosi Komunitas Crafter
- 11.30-12.45 Hiburan
- 12.45-14.00 Workshop Basic Knit oleh Qui-Qui
- 14.00-15.30 Workshop basic crochet oleh Qui-Qui
- 15.45-17.00 Workshop membuat bros dari kain oleh Diva Craft
- 17.00-18.00 Workshop membuat pocketbook oleh Camane Craft

Hari 2 : Minggu, 24 Juni 2012

- 09.00-10.30 Workshop Yubiami (rajut jari) oleh Qui-Qui (khusus ibu dan anak)
- 10.30-12.30 Diskusi Kesehatan Reproduksi oleh Knit for Women Right
- 12.30-12.45 Hiburan
- 14.00-15.30 Workshop Knit Lanjutan oleh Qui-Qui
- 15.30-15.45 Workshop Croche Lanjutan oleh Qui-Qui
- 15.45-17.00 Workshop Kreasi Cake dari kain felt/flanel oleh Airin Handycabby
- 17.00-17.30 Penutupan

*Semua workshop GRATIS, alat dan bahan disediakan panitia. Peserta dibatasi hanya 10 orang per-worksop. Yang berminat silahkan daftar melalui sms : NAMA, WORKSHOP YANG INGIN DIIKUTI kirim ke 08981826694

**Ada berbagai kuis yang disediakan panitia dengan berbagai hadiah menarik, datang di Pembukaan dan Penutupan juga yah ;)

***Pasar Craft juga ada, tertarik mengoleksi barang-barang handmade? Datang yah!



Ada Hima loh di sana beserta Airin Handicrabby....






Hima Rain

Cara Menghilangkan Malware di Blog

Bismillah...

Banyak dari teman-teman kemarin yang terkena imbas dari malware yang menyerang blogku. Hontou ni gomennasai. Singkat saja akan kupaparkan cara menghilangkan malware dari blog yang kudapat dua hari lalu dari blogger-blogger lain. Terima kasih solusinya. Ini rangkuman dari tulisan-tulisan mereka. 

  1. Jika terindikasi terkena malware segera buka google webmaster tools, di sini. Kalau belum buat akun, silahkan daftar terlebih dahulu dan ikuti proses selanjutnya. Setelah terdaftar, klik ADD SITE, add domain dan klik CONTINUE. Kalau memang terinfeksi malware akan ada message yang memperlihatkan critical issues di blog yang kamu. Nah, klik tanda panah merah kemudian klik deteksi malware. Akan diperlihatkan mana-mana saja yang terinfeksi malware.
  2. Kalau sudah seperti itu cobalah untuk menghapus semua link, script, atau widget-widget yang terindikasi malware. Biasanya penyebabnya adalah blog list, atau mungkin theme yang kamu pakai.  
  3. Coba scan kembali blogmu di situs ini.  http://www.unmaskparasites.com/ atau  http://sitecheck.sucuri.net/scanner/?scan=
  4. Setelah kamu merasa blogmu sudah bersih, cobalah kembali ke webmaster tools dan request review kembali di google. Pada  menu utama ( Home ) Google Webmasters Tools, pilih dan klik nama Domain yang didaftarkan tadi pada bagian "site, verification", maka akan tampil halaman Dashboard, setelah itu klik "link yang bertuliskan "More Detail" pada tulisan "This site may be distributing malware. More Details" (tulisan yang berlatar merah).
    Langkah selanjutnya, klik link yang bertuliskan "Request a review", kemudian contreng kotak kecil pada tulisan "I certify that I have removed badware or badware links from my site, according to  StopBadware.org's Security Tips For Websites". Pada kolom "Comments about the review request (Optional), isi dengan  "I hope to review this site again because I've cleaned this website and now free from malware issues" . Lalu klik tombol "Request a review".
  5. Tunggu selama 24 jam atau lebih. Setelah 24 jam coba untuk kembali mengeceknya di google webmaster tools. Jika masih terdeteksi malware cobalah untuk ke situs ini.  http://www.stopbadware.org/home/security. Di sana ada penjelasan-penjelasan mengenai cara mengatasi malware. Namun karena menurutku sulit jadinya saya tidak terlalu mengerti, tapi untuk orang yang mengerti script dan sebagainya cocok untuk membaca post tersebut. Atau bisa mengulangi kembali poin 1-5. 
  6. Saranku untuk selalu mencek kesehatan blog kamu secara berkala di google webmaster tools agar tidak terjadi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.
  7. Selamat mencoba. Banyak-banyak berdoa saja semoga blog kamu tidak terkena malware. 
Hima Rain

Senin, 18 Juni 2012

Pengalaman dan Malware

Bismillah...

Alhamdulillah, syukur atas KaruniaMu Rabb. Dua tahun menjadi pengguna blog tidak pernah terpikir olehku akan dipersulit selama dua hari ini. Tidak pernah terpikir juga bakal kena malware dan sebagainya. Saya menggunakan blog untuk senang-senang, senang menulis, senang ngecraft, senang silaturrahim dan sebagainya. Sering otak-atik blog, pasang ini pasang itu, pasang link, pasang script dan widget-widget kurang penting. Hehehe, itu bikin saya puas dan senang dan betah tinggal di blog sendiri. Menulis post tiap hari, berkomentar tiada henti dan sebagainya menjadi keseharianku. 

Ketika dua hari lalu buka blog nda sangka lo, yang biasa kudapat di situs atau blog orang lain malah menimpaku. Gambar-gambar warning dan report attack yang sering kulihat malah kena di blogku. Nda sangka. Kaget? Sangat dong, baru pertama kali sih. 

Hahaha, gara-gara ini saya malah kelimpungan sendiri, awalnya sih tidak kuperdulikan karena kupikir nanti bakal hilang sendiri. Eh, pas siangnya malah makin parah dan tidak bisa view home kalau tidak proceed anyway. Well, jadinya saya makin kelimpungan. Tanya sana-sini, tanya Ninis, tanya Una, dan teman-teman lain yang tau permasalahannya. Sayangnya tidak kudapatkan hasil. Blog dan situs yang kukunjungi tidak terlalu memuaskan caranya. Semalam kepala saya sedikit jernih dan menemukan blog-blog dan situs-situs keren yang menawarkan cara yang mudah dimengerti dan cukup ampuh. Kalau ingin tahu cari saja di google dan ketikkan keyword 'malware dan blog'. Awalnya pencarianku di google seputar 'penanganan malware, cara menghilangkan malware, dan sebagainya lah, tapi malah tidak kudapatkan hasil yang memuaskan. Alhamdulillah si penulis itu (terima kasih), tulisanmu sangat membantuku. Nice blogger!

Yah, walaupun pahit, ini pengalamanku yang sangat teringat seputar dunia blog. Semoga besok aman-aman saja. Eh, teman yang view blog dan tulisan ini sekarang, komentar dong. Apakah masih ada tulisan Report Attact atau sebagainya. Yah pokoknya tidak bisa diviewlah. Kalo masih ada akan kubersihkan lagi.

Jya, tsukaremashita............................... Arigatou Nhinis chan, Una chan, minna san..

Hima Rain

Rabu, 13 Juni 2012

Indonesia, Laut dan Semangat Melautnya

Bismillah...

Saya masih ingat ternyata ada postingan seperti ini di blogku. Aha, jadi teringat dengan pengalaman-pengalaman dan sejarah-sejarah yang diceritakan padaku sewaktu berada di Museum ini.


Dua bulan di tempat ini mengingatkan diriku kembali, bahwa "Indonesia adalah negara maritim". Negara kepulauan yang dikelilingi oleh air. Dan salah satu kebanggan yang pernah tergores adalah asal-usul dan sejarah pelayaran orang Bugis. Saya pun saat itu baru tahu mengenai sejarah ini lebih jauh. Soalnya saya yang keturunan blasteran (campuran banjar dan bugis-makassar) ini dicecoki oleh dua kebudayaan yang berbeda sehingga membuatku sulit untuk lebih intens pada salah satunya. Yah, yang kulakukan hanyalah bersikap lebih netral dengan mempelajari kedua kulit-kulit luarnya saja.

Nah, lanjut sis and bro. Pernah liat ini tidak?


Yang pernah ke museum La Galigo pasti familiar deh. Ini lukisan perahu pinisi yang sedang berlayar di tengah laut yang kalau dilihat lebih seksama cuacanya sedang tidak terlalu bagus dan sangat berombak kan. Menurut sejarah yang diceritakan Pak Sule (salah satu pegawai Museum) padaku, dulu orang Bugis adalah orang-orang yang pertama kali bisa mengarungi Samudera Hindia yang dikenal memiliki ombak besar dengan perahu buatan kayu. "Perahu ini dinamai Perahu Pinisi karena katanya dulu ini perahu merapat pertama kali di Venesia, karena lidahnya orang bugis tidak bisa bilang V, jadi disebutmi Pinisi", tutur Pak Sule kemudian sambil menunjuk-nunjuk replika perahu Pinisi. 

Ku alleangi tallanga na toalia 
Lebih baik tenggelam dari pada kembali 

Ini merupakan sebuah peribahasa yang menggambarkan betapa kukuhnya pelaut bugis yang tidak akan kembali ke asalnya sebelum tujuannya tercapai. Suku yang berasal dari Sulawesi Selatan ini terkenal memiliki keberanian yang sangat besar, mereka pun memiliki keahlian tersendiri dalam sejarah pelayaran. Sikap yang berani ini turun-temurun mengalir ke darah orang-orang Bugis zaman sekarang. Seperti yang kupaparkan di atas, beberapa abad silam orang Bugis mengarungi ribuan kilometer lautan dan samudera yang luas dari Indonesia hingga di Madagaskar, Afrika Selatan. Mereka memiliki kemampuan berlayar dan keberanian dalam mengarungi lautan dengan bermodalkan perahu layar tersebut. 
miniatur perahu pinisi

(Hebat sekali orang dulu yah. Saat mendengar cerita ini dari mulut Pak Sule saya hanya bisa ber-oh-ria dan manggut-manggut. Beliau bahkan menceritakan tentang peribahasa itu lebih detail daripada yang kutuliskan di atas. Namun saya agak lupa dengan poin-poin lainnya. Maklum saya pelupa.)

Menurut catatan lain pula, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara maritim yang terkuat. Tidak hanya di Sulawesi saja loh, kerajaan Sriwijaya pun pernah mencetak nama sebagai penguasa jalur perdagangan laut yaitu Selat Sunda dan Selat Malaka bahkan hingga ke Laut Cina Selatan. Ada pula kerajaan Majapahit yang juga terkenal akan armada dan penguasaan maritimnya. Wah, semangat melaut ini ternyata telah ditunjukkan sudah sejak lama. Ada lirik lagu yang mewakili hal ini. Liriknya masih kuingat sejak Tk hingga sekarang.

nenek moyangku orang pelaut
gemar mengarung luas samudra
menerjang ombak tiada takut
menempuh badai sudah biasa

angin bertiup layar terkembang
ombak berdebur di tepi pantai
pemuda b'rani bangkit sekarang
ke laut kita beramai-ramai

Kalian tau kawan, gara-gara lirik ini dulu saya mengira nenek moyang Indonesia itu kerjanya hanya melaut dan melaut saja. Haha, begitulah pikiran anak polos. Lirik lagu ini memang benar adanya, semangat melaut orang dahulu sungguh besar. Keinginan yang cukup besar untuk bisa mengarungi lautan dan mendapat penghidupan yang layak dan pengalaman-pengalaman di luar kebiasaan. Saya langsung ingat dengan kisah Malin Kundang, pada akhir kisah berlatar di sebuah kapal layar besar dan megah. Kapal milik Malin ini menyimbolkan sebuah kebanggaan dan status sosial pada zaman dulu. Sebuah hal yang bisa kutangkap adalah dahulu orang-orang pergi melaut dengan sebuah kebanggaan yang sangat tinggi, sedangkan bedanya sekarang adalah kudapati orang-orang melaut hanya untuk menutupi penghidupan ekonomi saja. Yah, mencari sesuap nasi.

Nah, jika dulu Indonesia adalah salah satu penguasa laut yang hebat dan ulung. Kalau sekarang bagaimana ya? 

Saat ini Indonesia masih memegang salah satu peringkat sebagai salah satu penghasil kekayaan laut terbesar dunia. Itu sebuah indikator kalau Indonesia masih memiliki gaung dan memiliki pengaruh besar akan faktor maritimnya. Jangan lupa kalau Indonesia punya sebutan negara maritim. Lautnya pun lebih luas daripada daratannya, kurang lebih 70 persen luas wilayah laut. Negara yang khas dengan laut dan pelautnya ini tidak hanya memiliki daratan dan sumber daya alam yang berlimpah ruah. 


Nah, Indonesia yang gemah ripah loh jinawi ini ternyata memiliki catatan bermakna di zaman dahulu. Kalau sekarang mungkin Indonesia dibatasi oleh batas laut teritorial dan sebagainya, namun tidak dapat dipungkiri semangat melaut orang-orang Indonesia itu masih ada. Dan sekarang tinggal bagaimana kita yang hanya bisa melihat dan tidak melaut ini turut membantu mereka dengan melestarikan dan menjaga laut kita secara baik dan benar. Tanpa menjadi pelaut pun kita bisa ikut andil dalam hal ini. 

Nenek moyang kita boleh pelaut, tapi kalau kitanya sendiri bukan pelaut, tugas kita sekarang adalah menjadi penjaga laut. Gimana? Bersedia menjadi penjaga laut negeri tercinta ini? Mulai dari diri sendiri dulu lah. Air dalam bejana pun akan bersih jika kita menjaganya dengan baik dan selalu memperhatikannya. 


Hima Rain

sumber: 
Pak Sule, salah satu pegawai Museum La Galigo
http://museumlagaligo.com/
http://digilib.itb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptitbpp-gdl-fajargilan-29743
http://www.crayonpedia.org/mw/Perubahan_Wilayah_Laut_Teritorial_di_Indonesia_6.1
http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia