TUTORIAL

Membuat Mainan Sayur Lokal dari Kain Flanel: Kangkung dan Bayam

Bismillah...

Assalamualaikum kawan Hima Rain lagiiiiii. Hari ini mau cerita-cerita di blog lagi ah. Dua bulan lalu abis bikin kreasi baru dari flanel nih. Sebelum liat kreasi flanel baru Hima yukk kita masuk intro dulu ahaha. Airin Handicrabby alias online shop Hima alhamdulillah masih berjalan dengan baik hingga saat ini. Setiap hari saya masi tetap disibukkan dengan keseharian membuat kreasi flanel berupa mainan anak. Tidak sangka sekarang inilah pekerjaan tetap saya setelah perjuangan lama belajar di Sastra Jepang fufufu. Walaupun dibilang beda jurusan beda kerjaan, daku mah cuek aja hehehe. Ada banyak sinkron kok hehehe, saya masi bisa bersua dengan para crafter Jepang yang kreasinya bertema sama dengan kreasiku. Setidaknya bahasa Jepangku yang secuil itu bisa saya gunakan untuk menyapa teman-teman atau sekadar translate tutorial craft yang berbahasa Jepang hehehe. Okke lanjut yuuuk.

Dua bulan lalu saya buat kreasi lucu lhooo. Hehehe berikut gambarnya, cekidot




Setelah sebelumnya sudah buat bermacam-macam buah lokal khas Indonesia, nah sekarang waktunya bikin sayur khas Indonesia. Kangkung dan bayam ini nih salah satunya. Idenya muncul saat bertamasya di pinterest.com. Waktu itu lagi cari gambar buah lokal eh ternyata muncul gambar sayur kangkung, Aha! Otak langsung on dan kepikiran buat versi flanelnya deh. Alhamdulillah awal September baru deh kesampaian hasratnya fufufufu.... Ini aku bikin saat lagi nonton ulang Dream High 1, drama favorit. Saya suka dream high karena bisa memacu semangat kembali untuk menggapai mimpi, selain itu juga ada Kim So Hyun di situ fufufufu. 

ada Kim So Hyun

detail daun kangkung

pasang daun ke batang kecilnya dulu

Eh gambarnya jadi mirip tutorial singkat yaak hehehe. Setidaknya bisa menjelaskan sedikit step penting saat membuat kangkung. Hummm buatnya mudah kok, bagian dijahitnya pun sedikit aja. Bisa dicek di gambar tapi walaupun dijahitnya sedikit tapiii dikali banyak hahahaha. Lumayan lah yaaw. 1 ikat kangkung itu isinya 5 tangkai, dan dari 1 tangkai itu isinya 5 daun. Hum total daun yang mesti dibuat untuk 1 mainan kangkung ini adalah 25 pcs daun. Alhamdulillah jahit festonnya gak terlalu banyak. Yang banyak malah kebanyakan ngelem-ngelemnya. Lem tangkainya mesti 30 kali. Lumayanlaaah yaa. Nah cara yang sama untuk proses buat bayam juga. Tapi bedanya pada jumlah tangkai aja sih. Ada juga perbedaan lain yaitu bagian ujung batang bayam yang saya tambahkan detail akar. Tidak lupa pula detail warna merah khas daun bayam yang kebanyakan di jual di Indonesia, khususnya Makassar yaa tempat tinggalku. 

Seperti itu deh cerita awal saya buat kangkung ma bayam ini. Alhamdulillah dikasi kelebihan oleh Allah untuk bisa membuat kerajinan seperti ini. Senang juga membuat mainan-mainan flanel ini. Banyak tantangannya dan juga kita bisa turut mencerdaskan anak bangsa khususnya sejak kecil. Oiya, selain kangkung dan bayam iniiii, ada pula lhooo kreasi baru Airin yaitu buah lokal yang baru. Ada yang penasaran gak yaaaah? Cekidot next insyaa Allah postingan selanjutnya yaaa.



Hima Rain

Komentar

Posting Komentar

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D

Postingan Populer