TUTORIAL

Mengatasi Tanaman Sayur yang Kutilang

Hari ini saya mau bagi tips mengatasi tanaman sayur yang kutilang. Kutilang artinya kurus,  tinggi,  dan langsing.  Istilah yang biasa digunakan di dunia berkebun. Kutilang adalah nama lain dari  etiolasi. Menurut wikipedia,  etiolasi adalah pertumbuhan tanaman yang sangat cepat di tempat gelap,  batang tidak kokoh dan warna daun pucat. Proses ini terjadi karena kurangnya tanaman terkena sinar matahari. Solusi paling utama adalah letakkan di tempat yang terkena sinar matahari.  



Tanaman atau bibit tanaman yang sudah disemai setelah tiga hari sudah boleh dijemur langsung di bawah sinar matahari full seharian. Kalau sudah seperti ini insyaa Allah etiolasi tidak akan terjadi. Oiya kembali ke topik paling pertama lagi. Bagaimana mengatasi tanaman yang sudah terlanjur kutilang?  Apakah sudah tidak bisa dipertahankan lagi? Jawabannya masih bisa. 

Lakukan beberapa langkah mengatasi tanaman kutilang berikut ini, kali ini contohnya adalah tanaman sawi. 

1. Bila tanaman sayur sudah terlanjur kutilang, hal pertama yang perlu dilakukan adalah pindahkan ke bawah sinar matahari.  Lakukan ini selama kurang lebih 1 pekan hingga daun yang kuning pucat menjadi hijau kembali. 

2. Setelah sepekan,  daun tanaman akan mulai terlihat hijau, batang akan mulai terlihat kokoh dan daun-daun pucuk akan mulai terlihat tumbuh. Tapi memang akan tetap tumbuh tinggi. 


3. Segera pindahkan semaian ke wadah yang lebih besar. Ingat gunakan media tanam yang gembur atau bisa langsung beli di toko bibit biasanya ada media tanah yang sudah jadi.  Satu bibit satu pot.  


Poin penting yang harus dilakukan di tahap ini.  Baca baik-baik yaa,  tanam seluruh batang yang kutilang ke dalam tanah (lihat gambar di atas).  Sisakan hingga batang yang ada daunnya saja yang muncul di permukaan. Nanti tidak lama akan menjadi akar.  

Beginilah hasilnya, daun akan mulai terlihat membesar dan makin banyak muncul daunnya. Tunggu sekitar 30 hari hingga bisa panen sawi. 


Nanti kapan-kapan saya fotokan lagi kelanjutan tanaman sawi yang kutilang ini. Sekarang tidak terlihat lagi kaan kalau ini kutilang.  Alhamdulillaah wa syukurillah. Saya lakukan cara ini juga pada selada yang kutilang dan alhamdulillah berhasil. Tapi yang bertahan hanya 1 polybag saja. Alhamdulillah. Semoga postingan kali ini bermanfaat, aamiin.  

Komentar

Postingan Populer