TUTORIAL

Rabu, 08 Mei 2013

Miso Shiru yang Fenomenal

Bismillah...

Ada yang pernah makan miso shiru? Miso shiru adalah salah satu hidangan Jepang yang berarti sup misu atau sup tauco (汁 shiru: sup ; 味噌 miso : tauco). Miso shiru ini enak lho, saya dan kawan-kawan di honobono pernah membuatnya saat peluncuran Nihon Suki. Rasanya seperti apa ya, kurang bisa kuungkapkan dengan kata-kata soalnya rasanya asing di lidahku. Tapi ENAK.

miso shiru
Miso shiru pernah jadi salah satu tugas fenomenal waktu kuliah dulu, tugas menerjemahkan resep miso shiru. Ampun, bahasa resep yang dipake itu susah sekali. Kira-kira ada beberapa kali saya dan ichi guruppu mengerjakan tugas ini bersama, padahal kami bertujuh tidak sekelompok saat itu. Tapi tak mengapa, biasanya kalo bersama tugas akan jadi lebih mudah (walaupun kadang tugasnya tidak jadi karena  kebanyakan cerita).

Kalo tidak salah pertama kali membahas resep ini di pondokannya Ninis. Waktu tugas itu diberikan, langsung kami berjalan beriringan menuju wilayah workshop unhas. Di sana kami cukup kompak. Ichi guruppu lengkap berkumpul dengan dipimpin oleh miss Ninis yang empunya kamar dan juga sebagai leader penerjemah. Hihihi. Banyak kepala bikin tugas ini bisa selesai separuhnya. 

jalanan menuju workshop
Kali kedua di rumahnya Ani, waktu itu kami hanya bertiga. Saya, Ninis dan Ani. Dari siang hingga malam tugas itu tak kunjung kelar. 3 kamus sudah digunakan. 

3 kamus wajib anak sasjep

resep asli miso shiru
Yah walaupun begitu kami berhasil menyelesaikannya walaupun ada terjemahan yang kurang sreg hasilnya. Menerjemahkan bahasa satu ke bahasa lain tidak mudah lho. Apalagi bahasa jepang ini ckck. Ada beberapa frase yang bikin terkecoh kami tapi waktu itu terbantu dengan laptop berbasis linux ninis, google, kamus-kamus, dan tentunya kepala-kepala kami.

Semenjak miso shiru ini ada, kami ichi guruppu makin kompak dan lagi setelah itu saya pun membeli Kenji Matsura, kamus fenomenal di sastra jepang. Soalnya kamus ini berat, tebal dan gede. Tapi kamus ini isinya mantap. Rekomendasi bagi anak sastra jepang.


Miso shiru memang fenomenal, dosen kami yang mengajar dan memberi tugas ini pun fenomenal. Mantap sekali caranya mengajarkan kami cara menerjemahkan dan terjemahan-terjemahan yang belum pernah kami liat. Kuliah terjemahan bikin kami sadar kalo banyak sekali kosa kata yang tidak kami ketahui. Setelah miso shiru, ada resep tamagodashi yang tidak kalah sulitnya. Tapi kuliah Terjemahan ini tanoshikatta.

Hima Rain

22 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) ;)) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!
  1. pesen miso shiru 1 porsi ya pake telor aja, GaPakeLama

    BalasHapus
    Balasan
    1. hum bukan indomi nih mas topek. biasane pake rumput laut atau tofu, dll sih :D

      Hapus
    2. pake itu juga boleh.. :D

      Hapus
  2. kalau sambal tauco saya pernah mencobanya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iye tauco banyak di mks, apalagi sambelnya

      Hapus
  3. saya juga pesen mbak .... yg spesial yaa

    BalasHapus
  4. gyaaabo, fenomenal!! rin, bikinkan ka miso shiru nah ^^ enak memang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih nda kutau may, waktu itu yg kubuat yg instan hehe

      Hapus
  5. Jiaaahh, matkul terjemahan, hehehe...
    Ah, dilidahku ga cocok dengan miso shiru >.<

    Masih enakan kapurung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, matkul fenomenal to. belumpi kusebut matkul pengajaran
      hum memang klo anak palopo kapurung xixixi

      Hapus
    2. Haha...matkul pengajaran, insiden diskusi yang tak terlupakan itu ??? xD

      Hapus
    3. sangat nis. kapan2 kuceritakan ttg ini

      Hapus
  6. apa itu di atas? kayak terong terapung :s

    BalasHapus
    Balasan
    1. terong? sekalian rakit terapung dil. tofu kyknya itu

      Hapus
  7. deh,,,mmg fenomenal skali i2 kamus kenji matsura... fenomenal dengan beratnya....isinya berbobot.

    BalasHapus
  8. wahh.. nmanya miso siru ya.. klo di bogor ada mknn yg nmanya toge goreng, bhnnya jga tauco plus mie... enak lho.. ha2X #jdilaper

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe mirip ya? toge goreng belum pernah coba

      Hapus
  9. hehehe tapi kalau jaman sekarang kan masih bisa ngintip google dan internet. Jaman aku dulu belum ada internet, ampuuuun deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe iya ya mbak beruntung kami saat ini ada internet.. :)

      Hapus

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D