TUTORIAL

Jumat, 10 Mei 2013

Pohon Pun Ladang Amal

Bismillah...

"....dan kami turunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik. "(terjemahan Al-Qur'an Surah Luqman ayat 10)

Tadi siang saya menonton liputan yang disiarkan oleh Liputan 6 tentang seorang tukang becak di Banjarmasin yang separuh waktu pekerjaannya digunakan untuk menanam pohon. Beliau bernama Syamsudin, kebiasaannya ini telah dilakukannya sejak 2002 silam. Bayangkan 10 tahun beliau melakukan penghijauan terhadap Kota Banjarmasin yang dulunya gersang dan panas. Di video liputan tadi kuliat memang betul adanya, Banjarmasin terlihat asri. Liputan lengkapnya bisa kalian lihat di portal liputan 6 berjudul Pak Syamsudin, Sang Pengayuh Becak yang Hijaukan Banjarmasin ini. 

Menonton liputan ini saya teringat postingan Mbak Enny Mamito yang belakangan ini kubaca, berjudul Yuk.. Menanam Pohon. Keduanya sama-sama mengajak kita menanam pohon. Cuma bedanya Mbak Enny Mamito memulainya dari tanaman yang kecil terlebih dahulu. Beliau menanam pohon palem, kamboja, dan tanaman mini lainnya di dalam pot. Tak ada area, pot pun jadi hehe. Kalau belum bisa menanam seperti halnya Pak Syamsudin, setidaknya bisa dimulai dari menanam di depan rumah dahulu. 

Hal yang baik dimulai dari hal kecil terlebih dahulu. Saya juga suka menanam pohon. Seperti Mbak Enny, di menanam di dalam pot. Ada sih tanah sedikit di samping rumah yang sudah ditanami beberapa pohon oleh mamaku, tapi itu tanah orang jadinya terbatas pohon yang ditanam. Sekarang aktif menanam dalam pot dan meletakkannya d balkon loteng. Balkon jadi makin sejuk. 



Nah, teman-teman. Membaca post ini, post syamsudin dan post mbak Enny tidak membuat kalian tertarik menanam pohon juga?? 


Menanam memang pekerjaan yang intinya sukarela, sukarela menghijaukan bumi kemudian sabar menunggunya ditumbuhkan oleh Allah. Harus dirawat baik-baik juga. Pohon itu banyak manfaatnya. Pohon dari akar sampai pucuk daun semua ada manfaatnya.

Imam Nawawi Rahimahullahu mencantumkan dalam kitabnya Riyadus Shalihin pada bab باين كثرت طرق الخير (penjelasan tentang banyaknya jalan-jalan kebaikan dalam islam) sebuah hadits sebagai berikut :
أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيمَةٌ إِلَّا كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ

Sahabat Anas bin Malik Radhiallahu anhu berkata, Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda: tidaklah seorang muslim menanam pohon atau menanam tetumbuhan kemudian burung, manusia, dan hewan ternak memakan buah-buahan dari pohon yang dia tanam kecuali hal tersebut terhitung sedekah baginya (HR Bukhari 2152) dalam riwayat imam muslim terdapat tambahan kalimat “dan buah-buahan yang dicuri dari pohon tersebut maka hal itu adalah sedekah baginya” dan juga tambahan “ maka hal tersebut adalah shodaqoh baginya sampai hari kiamat
(HR Muslim no 1552)



Subhanallah, pahala menanam pohon dan manfaatnya bagi makhluk lain terhitung sedekah. Menanam pohon pun kita bisa mendapatkan pahala. Saling mengasihi sesama makhluk dari hasil menanam pohon. Nah, yuk menanam pahala melalui pohon...

........................o0o........................

Enny Mamito, pernah melihat nama akun ini pada komentar di beberapa postingan blogger yang pernah kubaca. Akhir-akhir ini baru kubuka-buka blognya dan kufollow (salah satu faktor karena beliau mengadakan GA di blognya hehehe). Ternyata kesamaan menanam pohon dan menonton kartun juga hehehe. Blogwalking memang sesuatu. Blog ini didominasi postingan Zidan jika dilihat dari beberapa judul yang menceritakan Zidan di dalamnya dan beberapa di antaranya banyak juga tentang tanaman dan manfaatnya, serta postingan Islami yang menginspirasi. Request cara merawat bunga kamboja dong mbak, kok kambojanya bisa sesubur itu.

Ah, iya saya suka warna blognya saat ini. Biru adem. Hima punya beberapa saran untuk blog ini. Untuk header, pelangi kecil menghias header akan lebih membuat blog ini makin manis dan serasi :D. Sidebarnya sangat lengkap, kita bisa menemukan sisi lain di beberapa mini blog beliau melalui rekaman jejak facebook dan twitternya namun footer terlihat kosong, mungkin widget sosial media tersebut cocok menempati footer bersama dengan link blogger sehingga scroll down sidebar jadi lebih singkat. Hehehe demikian, "Sukses Selalu".



Hima Rain

27 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) ;)) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!
  1. oh iya ingat posting mbak Enny yang itu ..
    good luck ya Hima

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D iya mbak hehehe
      terima kasih

      Hapus
  2. trimakasih sdh ikutan GAku..
    btw aku suka blognya Hima..nice & nyaman bgt baca2nya :)

    Terdaftar..tengkyuu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh..gue ngakak bgt ya emoticonnya pdhl cm senyum lebar aja td mksdnya hihi..

      Hapus
    2. :D hore blogku disuka eh. hihihi
      terima kasih mbak Enny

      iya mbak emot senyum lebar itu D gede hehe

      Hapus
  3. Nenekku suka sekali bercocok tanam.
    Sampe-sampe keluarga yg lain selalu heran.
    Itu kalo "Opu Cenning" tanam sesuatu selalu saja tumbuh.
    "Kenapa kalo saya nda mau tumbuh", begitu kata nenekku yg lain.
    Opu cenning menjawab dengan senyum sambil berucap :
    "Itu kalo menanam sesuatu, diniatkan agar hasil tanaman itu bisa dmakan/dinikmati oleh orang banyak".
    Masya Allah sekali nenekku yang 1 itu :)
    Mungkin jg bisa jd inspirasi buat yg lain :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nis, niat dulu utama dih.nenekmu asiik sekali. :-bd
      kapan-kapan buat tulisanmu tentang nenekmu dong

      Hapus
  4. kalo di desa aku sering loh mbak ngambil buah yang ada di pinggir jalan, buah srikaya itu loh, jadi buahnya baru aku sadari banyak beramal ya ke aku.. hehehe... soalnya banyak sekali pohon buah yang tumbuh liar di kampungku mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya yak. pohon di pinggir jalan tak bertuan enak dipetik langsung.enak dong ya deb bisa makan buah gratis.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Eh ?? Ini ami sasjep unhas? Wah ada blognya juga nda ini??

      Hapus
    2. iya ami tawwa. ada ns bukami

      Hapus
    3. Go Green indonesia....
      Sekarang cuaca semakin Panas mungkin ozon sudah mulai menipis dan aku lihat berita di televisi es abadi yang ada di kutub utara dan selatan sudah mulai mencair tekanan air semakin meningkat lama - lama daratan juga akan menjadi lautan apabila es itu mencair.
      niche blog :)

      Hapus
    4. iya makanya perbanyak pohon lagi yuk dan banyak berdoa dan berusaha :)

      Hapus
  6. ada juga mba, yang orang medan, malah lebih bagus wah lagi cerita'a, yaitu menanam pohon sampai membuat gerakan ke seluruh penjuru indonesia :)

    BalasHapus
  7. Subhanallah iya, itu sedekah.Banyaknya bapakku tanam yang di pekarangan. Lihat toh Hima? Bapakku yang tanam semuanya. DI samping2 rumah juga ada. Masya ALlah, itu ladang amalnya bapakku ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iye, saya kira kita yang tanam. adem sekali rumahta, insya Allah jadi ladang amal, menyejukkan.

      Hapus
  8. sukses yak GAnya :D

    tapi emang bener sih, dari yang kecl2 dulu.
    nggak usah muluk2 mau menghijaukan hutan.
    diawalin dari rumah dulu.
    banyakin yang ijo2,
    maslah lahan bukan alasan, soalnya banyak di internet mgahas tentang hidroponik ataupun sejenisnya.
    salut dah sma postingan ini, suka banget yang namanya alam nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya lupa, ikutan komen disini yuk..
      ada kacamata gratis, mohon bantuannya yak :D

      Hapus
    2. iya sy mau coba yg hidroponik itu. untuk lahan sempit sepertinya tepat.

      hm kacamataku dah dua mas kempor, kushare linknya sj ya ke teman :D

      Hapus
  9. Kalau aku sulit menanam pohon, karena harus lihat jenis pohonnya dan musimnya. Lagipula aku tinggal di apartemen...paling-paling tanam herb aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah di apato mbak ada tanaman herbal? asiiik

      Hapus

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D