TUTORIAL

Kupasan Singkat Hikaru No Go

Bismillah...

Onaji toki wo ima ikiteru kiseki ga sugoku ureshii kara nee..
tsugi au hi mo kitto ne isshouni waratte iyou yo..

Karena aku sangat senang meskipun itu keajaiban berada di sini bersamamu
Mari kita tertawa bersama lagi di hari pertemuan berikutnya

Umm beberapa pekan ini mengenang masa lalu lagi dengan menontonnya kembali. Potongan kalimat di atas adalah lirik lagu penutup anime yang mengingatkan masa kecil dulu terkhusus masa SMP. Hikaru no Go, sebuah judul anime adaptasi manga Jepang karya Yumi Hota dan ilustrasi dari Takeshi Obata. Sejak menontonnya di TV7 (sekarang Trans7) dulu saya jadi suka sama anime satu ini. Shindou Hikaru, pelajar kelas 6 SD yang menemukan papan permainan Igo milik kakeknya yang ternyata dihantui oleh roh Fujiwara No Sai yang dulu merupakan pemain Igo di zaman Heian. Sejak saat itu hanya Hikaru yang bisa melihatnya dan Sai pun hidup dan hinggap di pikiran Hikaru serta membuat Hikaru bermain Igo mewakili dirinya. Hingga ia bertemu Touya Akira yang merupakan anak jenius dalam bermain igo yang membuat Hikaru pun tertarik ke dalam dunia Igo. 

Saya suka jenis cerita seperti Hikaru no Go ini, cerita tentang cita-cita dan tahapan hingga meraihnya. Makanya tidak jarang saya juga senang dengan anime sejenis baik itu tentang sepakbola, tamiya, dan lainnya. Apa ya banyak sekali moral yang diberikannya. 

Hikaru no Go
Hikaru no Go yang dalam Bahasa Indonesia berarti Permainan Igo Hikaru. Igo itu adalah catur Jepang. Saya tertarik sekali untuk tau lebih dalam tentang cara bermain Igo ini tapi sayang muzukashii. Sulit banget. Saya kurang mengerti detailnya  tapi beberapa ada yang kumengerti tentang penguasaan wilayah batu, nama-nama peletakan batu dan sedikit tentang jenis kayu untuk membuat papan Igo. Untuk lebih jelasnya ada penjelasan di Rules Igo di Wikipedia.

Menarik banget lho, saya bisa tau ini hanya dengan menonton anime ini hohoho. Soalnya di akhir episode selalu ada pengajaran singkat dari Yukari Sensei (pemain Igo professional tingkat 5). 

nama segmennya Go Go Igo fufufu..
Selain tentang Igo sendiri, penggambaran dan cara menampilkan karakter tokoh-tokohnya juga sangat kuat. Siapa saja yang menonton anime ini saya yakin akan berkata iya juga untuk yang satu ini. Cerita manga Jepang memang sungguh detil dan menarik. Oiya sebelum menjadi anime pun, manga Hikaru no Go ini sudah mendapat penghargaan Shogakukan Manga (ini penghargaan bergengsi untuk karya manga lho). Umm menyesal saya tidak menjadikan anime ini sebagai bahan objek skripsiku dulu (baru sadar sekarang). Ide ceritanya sangat menarik dan untuk dijadikan bahan penelitian pun bisa dikaji dari banyak sisi. Bisa analisis karakter tokoh, bisa juga ditilik dari bahasa contohnya gaya bahasa cowok ataupun analisis makna juga bisa, dan bagian paling menarik adalah tentang sejarah juga bisa (sejarah Igo). Banyak kan yang bisa dipelajari dari sebuah anime. Yah 5 bintang untuk anime yang satu ini.


Ceritanya itu menariiiiiiiik sekali (liat kan liat kan berapa biji huruf i yang kuketikkan jadi tau dong semenarik apa fufu). Saya suka sekali dan ini sudah kali ketiga saya menontonnya. Sugoku ureshii.. Bahasa Jepang jadi teringat kembali, semangat untuk berlatih dan belajar makin bangkit juga. Karakter Shindou Hikaru yang semangat dan ceria itu menginspirasi, karakter Touya Akira yang penuh tekad pun tidak kalah menginspirasi. Saya senang saat menontonnya di tengah turunnya semangatku akhir-akhir ini, kemarin saya mendapat satu inspirasi yang sangat besar untuk terus maju dan percaya diri sendiri. Perasaan yang kalut dan kacau saat itu hilang saat menonton salah satu scene anime ini (padahal ini bagian paling menyedihkan di anime ini). Salah satu adegan di mana Sai menghilang dan Hikaru kemudian mencari Sai ke sana kemari tapi tidak dia temukan juga. Di masa galaunya itu Hikaru mendapat jawaban bahwa ia tidak boleh berhenti dengan cita-cita dan kesenangannya bermain Igo, apapun yang terjadi dan apapun kata orang. Humm galauku langsung hilang! Mou gambarimasu..

Nani yori mo jibun wo shinji tachimukauo..
Saya akan percaya diri sendiri lebih dari apapun
Sekian deh sedikit kupasan anime Hikaru no Go ini. Walaupun sudah segede ini saya tetap suka dengan Hikaru no Go, ceritanya bagus sih. Ne.. ii desuyo.



Hima Rain


Gambar hasil capture dari yutub sih dan info sebagian sumber lain berikut
http://www.tv-tokyo.co.jp/anime/hikaru/
http://en.wikipedia.org/wiki/Rules_of_Go
http://en.wikipedia.org/wiki/Hikaru_no_Go

Komentar

Postingan Populer