TUTORIAL

Sabtu, 15 Juni 2013

Ramadhan sebentaaar lagi

Bismillah...


Lebaran sebentar lagi

Berpuasa sekeluarga
Sehari penuh yang sudah besar
Setengah hari yang masih kecil
Alangkah asyik pergi ke masjid
Shalat tarawih bersama-sama

itu potongan lirik yang kuingat dari lagu Lebaran Sebentar Lagi yang dipopulerkan beberapa tahun lalu oleh Bimbo. Lirik yang simpel, keasyikan dan kebersamaan dalam bulan Ramadhan. Ingat lirik ini langsung ingat momen-momen Ramadhan dan lebaran tahun-tahun yang sudah lewat. Kurang lebih sebulan lagi kita akan menghadapi bulan suci tersebut kalau Allah masih mengizinkan. 

Kira-kira apa yang harus kita persiapkan menjelang bulan Ramadhan ini. 

1. Diri
Menyiapkan diri mulai dari fisik hingga ruhiyah kita. Kalau fisik sebisa mungkin kita latihan berpuasa untuk menghadapi bulan puasa sebulan penuh pada Ramadhan nanti. Perbanyak makan-makanan sehat dan berolahraga. Yah, seperti hari-hari biasanya. Namun kita harus lebih menjaga kesehatan lagi. Bukankah kalo lebih baik dari hari ini adalah sebuah keuntungan?! Selain fisik ruhiyah kita pun patut kita beri makan. Makanan seperti apa yang dibutuhkan oleh ruhiyah kita? Yaitu makanan peng-upgrade-an keimanan. Sebisa mungkin setiap harinya kita mengupgrade keimanan kita dengan selalu mengingat Allah (ini yang paling penting), berdzikir, beribadah wajib dan sunnah, perbanyak membaca Al-Qur'an, dan senantiasa mengikuti kajian-kajian Islami guna menambah tsaqofah Islamiyah. 

2. Membuat jadwal kegiatan
Jadwal kegiatan seperti apa, kalian pasti bertanya-tanya. Mulai saat ini buatlah jadwal kegiatanmu mulai dari kegiatan sahurmu hingga tarawih. Sebisa mungkin semua waktumu bermanfaat di bulan Ramadhan nanti. Jangan sia-siakan waktumu di bulan Ramadhan dengan hal yang sia-sia.

3. Buat matrix pencapaian
Kira-kira kalau tahun lalu kamu punya bolong-bolong puasa atau tidak khattam Al-Qur'an, tahun ini kamu harus lebih lagi dari tahun lalu. Kalau bisa sih lebih banyak lagi hal-hal yang kita tambah untuk pencapaian-pencapaian lain di bulan Ramadhan nanti. Membuat matrix seperti ini akan lebih mengingatkanmu dan membuatmu lebih mengingat hal-hal yang akan kamu lakukan nantinya.

4. Jangan lupa ya, ganti puasa kamu yang belum terbayar waktu puasa tahun lalu bagi wanita khususnya nih.
Nah, itu saja kira-kira sedikit persiapan-persiapan dari hima yang semoga saja bermanfaat. Ramadhan sebentar lagi lo. hehehehe..

sumber gambar dari fb yusuf mansur network


Hima Rain

4 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) ;)) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!
  1. semangat ki bu :) ayo pigi penataran nanti Insya Allah!

    BalasHapus
  2. matriks pencapaian tahun ini, semoga bisa Khatam lagi setidaknya sekali klo bisa sih 2x *kayak waktu sekolah dulu masih bisa sampe berkali2 *secara ada libur2 jadi banyak waktu di rumah buat Tadarrusan.

    :) :)

    BalasHapus
  3. sdh wangi rasanya bau ramadhan..

    BalasHapus

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D