TUTORIAL

Kamis, 27 Juni 2013

Yuk, Tanam Kuaci Part 2

Bismillah...

Saya baru ingat pernah menanam bibit bunga matahari yang kubeli dari kaskuser. Tepatnya Agustus tahun lalu setelah ujian mejaku selesai. Refreshing dengan tanaman itu sesuatu. Sesuatu banget malah. Waktu itu saya cukup semangat menanam bibit tersebut. Saking senangnya saya melakukan sesuatu di luar kendali. 

Hari pertama menanam bibit bunga ini saya masi biasa-biasa saja karena memang ya baru ditanam juga. Nah, hari kedua ketiga tetap kusiram seperti biasa. Menurut petunjuk dari http://petanirumahan.wordpress.com/2012/07/17/menanam-bunga-matahari/, saat menanam bibit sunflo ini  awal-awalnya diletakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Kulakukan hal yang sama. Selain itu kita mesti tekun dan sabar. Sabar menanti tunas muncul. Di pekan pertama tersebut saya sangat rajin menyiram dan memperhatikan gelas tempat tanam bibit itu. Gelasnya transparan sehingga terlihat jelas ada akar kecil putih yang melintang di dalam tanah. Senang rasanya seakan-akan melihat pohon mangga yang berbuah lebat.

Sepekan lebih pun berlalu dan saya makin penasaran. Nah, di sini saya melakukan kesalahan fatal. Komitmenku untuk sabar dari awal ternyata patah di tengah jalan. Saking girangnya kali dengan adanya bibit tersebut saya jadi khilaf membongkar tanahnya hanya untuk melihat tunas yang tumbuh di dalam tanah. Kudapat sih bibit dan tangkai kecilnya beserta kulit kuaci. Dan setelah puas melihat kukembalikan semuanya ke dalam gelas itu. 

Beberapa hari kemudian saya mengamati gelas itu lagi, tidak ada lagi penampang akar yang kuliat sebelumnya. Hum dengan penuh debar dan keberanian lagi, saya gali lagi tanah tersebut dan tidak mendapatkan tunas apapun, yang ada hanyalah kulit kuaci yang kutemukan kemarin. Sungguh kecewanya saya saat itu. Padahal saya sudah memimpikan akan memiliki tanaman sunflower yang indah. 

Inti dari postingan ini adalah pentingnya kesabaran, bila tetap komitmen maka akan membuahkan hasil yang memuaskan, namun jika dilanda ketidaksabaran hanya memunculkan kekecewaan. Yah begitulah ceritaku menanam bibit sunflo. Akan kucoba lagi lain kali, dan insya Allah harus penuh dengan kesabaran. Ganbatte!

Hima Rain

18 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) ;)) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!
  1. jadi ngulang dari awal lagi? :D

    BalasHapus
  2. Masya Allah, semangat terus kak Hima.. ^^
    Aisyah ga begitu suka ngurus bunga, apalagi kalau masih dari bibit.. soalnya baru tumbuh dikit, diacak-acak sama adek-adek kecil di sekitar pondok.. apalagi kalau udah muncul bunganya, sehari kemudian sudah hilang.. :-w

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehe hindarkan dari tangan-tangan jail

      Hapus
  3. saya juga samaa..,pernah tanam bibit bunga matahari, seharusnya aer ny sedikit eh saya malah kebanyakan x_x

    BalasHapus
  4. saya pernah menanam bunga matahari, dan saat bunganya mekar..luarbiasa indahnya..subhanallah,
    yups..yang penting bisa sabaran kalo mau lihat tumbuh jadi bunga, bila tidak sabar..ya hanya kuacinya saja yang didapat...salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah nda sangka pak hari pernah tanam bunga ini? beli bibit di mana pak

      Hapus
  5. semangat ya kak, butuh proses dan kesabaran :

    BalasHapus
  6. senang rasanya kalo melihat perkembangan kehidupan makhluk ciptaan-Nya... kalo sya dlu mengamati ikan hias lewat akuarium mb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memelihara sesuatu itu menenangkan dan menyenangkan :)
      ikan hias juga seru, dulu keluargaku juga pernah pelihara tapi sayangnya mati satu persatu apalagi sering banjir waktu itu

      Hapus
  7. Aku baru-baru ini juga lagi nanam bunga matahari kak hima dan udah hampir seminggu, sekarang tinggi tanamannya udah sekitar 8 cm hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. woaaa kereeen. kemarin aku juga mesen bibit sunflow. fiuh semoga segera musim panas lagi dan bisa nanam juga.

      Hapus
  8. iyaaa kak semoga kali inj bisa tumbuh dgn subur dan sampai berbunga yaa

    BalasHapus
  9. direndam 2 jam dulu ngga mba bibitnya?
    saya juga pernah beli dari petani rumahan, tapi sekarang lebih percaya toko online sayuran pot. itu sunflowernya import dan berbagai jenis, ada yang giant, golden, atau yang biasa.

    BalasHapus

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D