TUTORIAL

Rabu, 22 Agustus 2012

Yuk, Tanam Kuaci

Bismillah...

Seperti bulan-bulan sebelumnya, rutinitas harianku kembali. Kali ini menanam bunga. Kira-kira dua pekan lalu saya membeli bibit dari penjual bibit online yang bikin iklan di kaskus. Paketnya tiba jumat lalu. Ini kali pertama saya membeli bibit dari internet. Saya kagum sama pembungkus bibitnya, pas liat isinya sedikit kaget sih. Ternyata isinya kuaci.



Baru sadar sih, saya kan beli bibit bunga matahari jadi pasti bibitnya yaa biji bunga matahari. It means kuaci. hehehe. Tadi pagi saya baru saja menanamnya. Saya menanam 4 bungkus dari 10 bungkus biji eceran yang kubeli. Itu berarti 12 biji. 3 bungkus kuberikan pada tante dan sisanya masih berpikir mau kasi siapa. 

Bibit ini jenisnya Sunflower Giant Single Kuning. Kira-kira kalo budidayaku berhasil akan menghasilkan bunga seperti yang ada pada sampul pembungkus bibit. Nah, bagaimana jadinya nanti ya, kita lihat saja beberapa bulan kemudian.  


Hima Rain

nb. saya membeli 10 bungkus dengan harga Rp 10.000. 
Ini tempatku membeli http://petanirumahan.wordpress.com/, yang ingin membeli bibit-bibit lain ada di sana juga kok 

31 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) ;)) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!
  1. Kalau kuaci yg untuk d makan yg ditanam, bisa tumbuh tdk kakak?? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. humm saya pernah mikir gitu juga. tp baru sadar kan udah dimasak kuacinya

      Hapus
  2. Tempatku juga udah jarang lihat bunga matahari. Ternyata ada yang jual bibitnya online ya sob.

    BalasHapus
  3. bisa dimakan itu ukh? haha *modelapar

    BalasHapus
  4. Agak seram sih saat mebayangkan banyaknya ulat di bagian tengah bunga matahari yang bermekaran itu. Hehe... #geli sama ulat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe eh ada ya mbak. berarti mbak juga menanam sunflower dong.. sharing donggg

      Hapus
  5. kalo dimakan tar tumbuh gak kuacinya

    BalasHapus
  6. mf baru sempat mampir...
    Taqabbalallahu minna wa minkum.
    Selamat 'Idul fitri 1433 H
    Mohon Maaf Lahir & batin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. taqabbal yaa karim
      maaf lahir batin dan selamat hari raya idul fitri yaa

      Hapus
  7. saya baru tau kalo kuwachi bisa ditanam slash bibit bunga matahari. padahal saya suka kalo ada yang ngasih rangkaian bunga matahari ^^

    mbak, mohon maaf lahir bathin kalo ada salah2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe sesuatu tuh kalo ada yang ngasi.
      maaf lahir batin juga aji-san. taqabbalallahu minna waminkum

      Hapus
  8. mba gmana bunga mataharinya tumbuh ga? ak jga mau coba tanam ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. tumbuh tunasnya sih cuma karena kupindahkan media tanamnya jadi tunasnya mati. saya lupa kalo tunas sunflo itu sensitif. coba tanam juga siapa tau dirimu berhasil. saya juga mau coba lagi :)

      Hapus
    2. jadi lebih baik ditanam permanen ya? ga boleh di pindah-pindah gt?
      kalau di pot bisa ga ya mba?

      mba, izin copas tutorial sunflo flanel ke blogku ya... boleh kan? :D

      Hapus
    3. hum pertama2 sih bagusnya di polybag dulu kalo udah agak tinggi tunasnya dan terlihat lebih kokok baru dipindahkan ke media pot. ada cara menanamnya di blog petanirumahan.wordpress.com itu. saya juga maumencoba lagi :)

      iya silakan sis rizqi, cantumkan sumber saja

      Hapus
  9. saya juga baru tanam kwaci,sudah 1 minggu...di tempat saya Rp.3000,- dapet 1ons hehehe,..(kwaci abal abal)tapi numbuuh juga kooq,.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiiiih muraaah. saya kok nda tumbuh2, ajar dong

      Hapus
    2. gak tau siih,..saya cuma asal nanam kooqqq,... :B
      beli kuacinya di tempat pakan hewan,..biasanya pakan hamster,..coz dulu saya pernah pliara hamster,..gak tau deh tar hasil bunganya gimana,...hehehe,.. :B
      saya nanam di kantong plastik,...tapi nanamnya salah,..satu plastik kecil saya penuhin kwaci,.. al hasil yg numbuh cuma 5 batang,...
      sampe skarang masih mencoba,...smoga berhasiill,..hehe,..
      dulu pernah coba tanam langsung di tanah,..tapi kesempatan tumbuhnya kecil bgt,...

      kalo masalah tunas sensitif kayaknya gak begitu masalah,.. coz kemaren saya mindah mindahhin tunas dari satu plastik ke plastik lain,..tetep aja tumbuh,..

      laa,.. mba sendiri nanamnya gimanaa??

      Hapus
    3. Mampir tempat saya mba',..beberapa karya sayaaa,.. :))


      http://www.youtube.com/watch?v=pWkLr1FJtWI&list=PLsibKkypDs8JqcjicBNMAu6RjoQ3n58HF

      maaf nyasaar,..sdikit promosii,.hehehe,.. :))

      Hapus
    4. ya saya tanam kayak yang kutulis di atas. mungkin saya terlalu over protektif kali ya ma kwacinya. hum mau kcoba lagi nanti

      Hapus
  10. Mampir tempat sayaa,... :)) http://jryan29jrs.blogspot.com/2013/09/menanam-kuaci-bunga-matahari.html

    BalasHapus
  11. Resepnya biar numbuh, biji kwaci dibuka dikit kulitnya trus ditanam tapi jgn dalem2 ya skitar stengah senti dari permukaan, tujuannya dibuka dikit kulitnya biar airnya masuk ke dlm inti bijinya. Hehehe sekian share nya, dirumah ada sekitar 10 bibit yg berhasil tumbuh. Semoga membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaaah makasih sarannya yaaa nanti kucoba juga cara itu *happy

      Hapus
  12. Mba, belinya dimana? Sy jg kepengen nyoba,kbetulan doyan bgt kuaci.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek lagi tulisanku deh sis, di akhir paragraf kan kucantumkan tempat saya beli hehehe

      Hapus
  13. sis gimana sekarang udah berapa generasi bunganya tumbuh??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhu kali ini gagal lagi.. :(

      Tapi tenang saya mau coba lagi yeey

      Hapus
    2. Huhuhu kali ini gagal lagi.. :(

      Tapi tenang saya mau coba lagi yeey

      Hapus

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D