TUTORIAL

Blog Review ~Kemilau Cahaya Emas~

Bismillah...


Nurmayanti Zain, 

salah satu putri cahaya yang kukenal. Banyak sekali teman-teman yang beridentitas sebagai cahaya. Nama Nur, berawalan nur atau langsung mengadopsi kata di bahasa Indonesianya 'cahaya' dan 'sinar'. Ternyata begitu banyak cahaya bergelimang di sekitarku. Lain kali saya akan bawa kacamata hitam untuk jaga-jaga kalau kesilauan.

Nama lengkapnya sama dengan yang tertera di kedua kata yang kubold pink itu. Saya mengenalnya di dunia maya saat penghujung tahun 2011, saat ia mengikuti giveaway pertama yang kuadakan. Anak Makassar yang bikin saya penasaran sampai-sampai ngebet cari info tentangnya di google. :D Pernah juga saya ubek-ubek blog cahaya ini untuk mencari tau, mencari selembar foto mungkin. Ternyata tidak ada satupun foto tentangnya. Hahaha ada- ada saja.

Ah, iya kami pernah bertemu atau kerennya disebut kopdar. Aih saya lebih suka menyebutnya 'budar' karena saat itu kami menyantap burasa bersama, jadinya BUrasa DARat hehehe. Itulah awal pertemuan singkatku dengan ヌルマヤンティ ザイン ini. 


Pink
Sepertinya dirimu sangat suka pink, blogmu, kata-kata dalam blogmu dan permintaan clover pink itu. Betul-betul girly yah. Kali ini baru saya liat orang yang begitu interest dengan pink kayak dirimu. Atau cuma dirimu. Hehehe.

  • Judul blog ini adalah "Kemilau Cahaya Emas" dengan tagline ~satu senti kebahagiaan kisahku~, penamaan blog ini tidak lain dan tidak bukan adalah namanya sendiri. Iya, Nurmayanti Zain bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti nama blognya itu. Pernah kubaca ceritanya di salah satu postingannya tentang 'nama'. Nama unik ini kemudian memiliki anak di dunia nyata berjudul sama. Buku "Kemilau Cahaya Emas". Wow wow sugoi. Domain blognya pun tidak segan-segan mengambil namanya sendiri juga, www.nurmayantizain.com. Intinya Maya ini orangnya terbuka dan apa adanya, tapi bikin penasaran juga eh :D 
  • Header, mari sejenak kita intip blognya dari atas bawah dan kanan kiri. Jangan lupa untuk melirik header pink yang akan pertama kali muncul ketika load. Header pink ini istimewa dan terlihat berkilau-kilau dikarenakan font nama blog dengan sentuhan effect glow dan berhiaskan mahkota putri, cling cling sesuatu ya. Ada pula gambar muslimah kecil di sudut kiri dan konektor yang menghubungkan dirinya dengan komputer bertuliskan 'blog' dengan huruf gede-gede. Ala blogger banget. 
  • Warna dari blog ini menurutku seimbang. Nyaman dilihat dan tidak menyakitkan mata. Pinky girl with the soft pinky blog. Menurut analisis statscrop.com warna themenya 62,5 % menunjukkan memang blog ini didominasi warna pink lembut berkode #F3A2A2 disertai paduan biru yang sedikit terang beserta warna kuning yang menyeimbangkan keduanya. Theme blog yang unyu-unyu ini diadopsi Maya dari ipietoon.com. 
  • Mengunjungi blog Maya seperti mendatangi sebuah taman penuh bunga, ada bunga-bunga dan serangga kecil menghiasinya. Mari melihat bagian paling bawah yang merupakan tempat footer, di bawah itu tidak diberi space untuk footer tetapi dihias dengan taman bunga mini yang menurutku keren. Dari segi layout sepertinya Maya memang suka hemat space dan jauh lebih menyukai laman navigasi ketimbang meletakkan widget berlebihan di sidebarnya. Widget di sidebar hanya 6, tidak seperti blogku ini yang punya widget cukup banyak darinya hehehe.. 

Alexa dan Pagerank Google
  • Kemilau Cahaya Emas. Ketika mengetikkan domain blog ini di Google, alhamdulillah ada 6690 hasil yang ditampilkan. "Wow Putri cahaya ini bercahaya juga di Google". Ehm, sempat juga tadi saya membuka alexa dan kembali mengetikkan blog ini di sana dan hasilnya bikin saya senyum-senyum walau kurang mengerti. Di ranah global, alexa rank dari blog ini 394.976 dan di Indonesia memperoleh ranking 13.071. Blog ini cukup banyak pengunjungnya dan meraih rank yang cukup tinggi juga di dunia dan Indonesia. Wow, 1096 visitor per hari itu sesuatu. Wah-wah Maya mengoptimasi blog ini dengan apik. Mari kita lihat juga pagerank yang ditunjukkan google, PR 2/10 dan SEO score 67,1 %. Mantap. 

Tulisan
Apakah kau pernah melihat air laut di pantai yang berombak menuju daratan? Seperti itu tulisanmu, bersuara ombak yang keras namun menenangkan, air laut yang menghantam batu yang keras dan perlahan tapi meresap dan meluluhkan batu, bergaya bahasa khas milikmu. Sungguh ajaib, tidak salah kau menjadi penulis handal. Semoga tulisanmu bermanfaat untuk ummat. Aamiin

Sekali lagi menurut statscrop, tulisan-tulisan di blog maya ini katanya lebih banyak diindeks oleh wanita. Memang sih tulisannya didominasi hal-hal tentang muslimah dan lekat motivasi di dalamnya. Dari segi tulisan pun, sudah tidak dipungkiri si blogger pinker satu ini cukup piawai mengolah kata hingga tidak sedikit tulisan-tulisannya yang saya favoritkan, dengan salah satu pembuktian sebagian tulisannya di blog ini telah dibukukan sesuai judul blog ini. Betul-betul putri cahaya satu ini, kakkoi.

Salah satu laman di navigasi blog yaitu Content Blog menunjukkan jumlah tulisan yang cukup banyak dan teratur sesuai dengan kategori tulisan. Liat deh, rapi sekali.


Itulah review tentang Maya dan Blognya dari kacamata seorang Hima Rain dan dibantu inspirasi dari tool-tool site lain dan yang pastinya Inspirasi tiada tara dari Sang Maha Pemberi Inspirasi. Yippi finally saya berhasil  membuat review sederhana ini. Alhamdulillah.... ^^


Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan

Hima Rain

Komentar

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. kirain mau review dorayaki kakak ini :D

    BalasHapus
  3. review balasannya gag kalah nih..

    sukses buat GA-nya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah huff beberapa hari kuanggurin di draft akhirnya hehe

      Hapus
  4. Manis sekali :) atashi wa suki desu ^^

    BalasHapus
  5. review blog kak hima dan kak maya sama-sama bagus, Masya Allah.. ^_^
    menurutku, secara umum kakak dan kak maya sangat feminin.. gak jauh dari pink dan bunga..

    BalasHapus
  6. Wiiiiiii, trnyta nama blognya adlh arti nama sang empunya blog tho? # tepokjidat.

    Eh, saya jg termasuk fans utk tulisannya maya lho?

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D

Postingan Populer