TUTORIAL

Jumat, 01 Februari 2013

Cara Merawat Kreasi Flanel

Bismillah...

Flanel adalah salah satu jenis kain yang cukup mudah untuk diolah menjadi apa saja. Dengan sedikit sentuhan imajinasi dan tangan bisa lahir kreasi macam-macam dari kain ini. Kain yang tak kaku-kaku amat ini mudah dibentuk menjadi apa saja. Bikin buah-buahan bisa, bikin kue-kuean bisa, bikin aplikasi kotak pun mantap. Warna pun menjadi daya tarik flanel yang paling kuat. Saya sukaa sekali liat kreasi flanel yang full color ataupun yang match color. Mata serasa sudah melihat pemandangan alam. Hehehehe.


Terkait flanel, saya akan memosting sedikit tentang cara perawatan kreasi flanel. Banyak yang menyukai kreasi flanel tapi kurang tahu cara merawatnya
.
1. Kreasi berbahan flanel ataupun aplikasi flanel bisa dibersihkan. Untuk membersihkan dari debu, ambil sikat halus atau itu tuh yang dipake buat pemerah pipi (aduh saya tidak tau namanya). Sapukan di permukaan flanel hingga debunya hilang. Ini untuk kreasi flanel yang dibuatnya menggunakan lem sehingga tidak bisa dicuci, contohnya bros.

2. Untuk kreasi flanel yang dibuatnya tidak menggunakan lem, bisa dicuci. Jika flanel jarang dibersihkan dari debu, lama kelamaan debu akan menempel di flanel dan menjadi kecoklatan, cara paling ampuh adalah mencucinya. Ambil deterjen dan larutkan ke dalam air. Masukkan flanel, rendam selama beberapa menit saja (10 menit pun cukup). Setelah itu remas rendaman flanel tadi hingga kotorannya hilang. Bilas dan kemudian peras kembali lalu dijemur. Ingat jangan disikat ya.

3. Khusus untuk gantungan kunci, sebelum mencucinya sebaiknya melepaskan gantungannya terlebih dahulu agar tidak berkarat dan mengotori flanelnya.

Itulah 3 cara sederhana merawat kain flanel. Sekiranya jika ada tips lain silakan sharea saja teman-teman. Terima kasih.

Hima Rain

18 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) ;)) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!
  1. hima, aku pernah liat kreasi kamu di fb sapa gitu, coba deh foto-foto kreasi-nya di kasih watermark biar ga sembarangan di comot orang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya, masa mbak ima, terima kasih ya sarannya. Insya Allah saya beri watermark ke depannya :D hehe

      Hapus
    2. iya tau, sayang tuh hak paten mu jeng :D

      Hapus
    3. iya mulai kasi satu-satu watermark.

      Hapus
  2. Waah makasih banyak mbak share nyaa :)

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. ah masaa kak, B-) polkadot stroberi dih

      Hapus
  4. kreasi flanelnya bagus-bagus ya .. ini di jual kah? tapi sebenarnya saya gak dong arti flanel .. mungkin saya punya bentuknya singa, buntutnya sudah putus. tapi itu gantungan kunci. bukan flanel :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya deb sy jual di osku. hum singamu itu dari kain juga ya . klo masi kain bisa juga kok dipraktekkan tipsna.

      Hapus
  5. udah lama gak nyentuh flanel, masih bisa gak ya ... #komeninimengandungnarsis

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoho pasti masih sangat bisa. sekali2 fotoin dong kreasinya om stumon :7

      Hapus
  6. aq aja belum bs bikin gituan ^^

    BalasHapus
  7. wah ternyata ada yang tidak bisa dicuci, jadi harus benar-benar menjaga kebersihannya agar tetap tampil seperti baru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bahkan tirai flanelku yang stroberi2 prnah gak kucuci sebulan dan setelah kucuci tampak seperti baru :D

      Hapus
  8. Caranya gitu ya sob. kalau dimasukkan mesin cuci rusak nggak ya?

    sob, pasang script apa sih kok muncul username dan password segala

    BalasHapus
    Balasan
    1. hum mesin cuci bisa sih asal dimasukkan ke kantong cucian. eh saya gak pasang script aneh2 kok. cuma widget kursor doang. betewe username password apaan yak

      Hapus

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D