TUTORIAL

Minggu, 16 Desember 2012

2 Crafters Makassar, Gedung Pinisi, dan Workshop Keren

Bismillah...

Bertemu langsung dengan orang yang sering kita lihat di internet ternyata tidak begitu menyeramkan. Buktinya kamis lalu 12 des, untuk kali pertama bertemu dengan dua orang crafter yang sering kusapa, sering kulike-like statusnya ataupun komen di blog mereka di internet. Mereka berdua ternyata sangat ramah. Plus mudah sekali berbicara dengan mereka. Kukira pertemuan kami kali ini akan kaku, tidak nyaman dan pikiran-pikiran aneh lainku. Ternyata tidak kawan, inilah pertemuan keduaku setelah sebelumnya kopdar dengan Maya si pemilik blog Kemilau Cahaya Emas.

http://www.smileycodes.info

Rabu, sehari sebelumnya saya ditelepon oleh pihak penyelenggara UKM Go Online, workshop pelatihan bisnis online yang diadakan oleh angingmammiri.org. Awalnya saya sedikit terkejut karena setauku workshop tersebut telah usai diselenggarakan seminggu sebelumnya, saya sampai kecewa karena mengira saya tidak terpilih untuk mengikuti kegiatan keren itu. Alhamdulillah, pucuk dicinta ulam pun tiba. Saya pun mengiyakan undangan dari Mbak Nanie selaku penyelenggara yang ternyata bakal menjadi pembicara juga di workshop itu.

Selain mendapat undangan untuk diri sendiri, Mbak Nanie pun menanyakan apakah masih ada teman atau relasi yang memiliki usaha untuk diikutkan di workshop tersebut esoknya. Saya masih berpikir dan memutuskan untuk menghubunginya nanti. Nyaris beberapa jam saya mikir, siapa ya teman yang punya usaha online. Akhirnya seseorang online di fb dan pilihanku jatuh padanya. Kak Ros, owner dari Megumi Flanel. Saya memberanikan diri untuk menawarkannya undangan workshop tersebut dan alhamdulillah beliau mengiyakan.

Kamis, 12 Des pukul 9 pagi kami saling bersmsan untuk menanyakan lokasi masing-masing. Ternyata beliau peserta paling awal. Taukah kalian, tempat workshop ini diadakan di Gedung Pinisi Unm. Setauku gedung tersebut masih dalam proses pembangungan. Kaget juga mengetahui itulah tempat diadakannya. Tiba di UNM saya langsung menengadah ke gedung pinisi itu. Megah sangat, keren betul arsitekturnya.

gambar ini saya pinjam dari blog ini. ya, persis seperti ini visualnya saat saya menengadah ke gedung ini. 
Tidak sulit menemukan tempat masuk gedung belum jadi ini. Ada seng-seng pembatas dan terbuka di salah satunya. Kulihat ada beberapa orang yang masuk dan sayapun mengikuti mereka. Samar-samar kudengar mereka menyebut kata workshop. Hehehe, betul. Ternyata mereka peserta juga. Alhamdulillah, pedelah saya memasuki tempat itu juga. Eh, saat masuk kami harus memperlihatkan ktp dan diberi tanda pengenal tamu.

hehe gambar dan tanda pengenalnya kak ros nih. punyaku no.33
Lantai 4. Wow cukup jauh naiknya juga. Liftnya masih belum bagus, sehingga keteguhan kaki dibutuhkan di sini. Tiba di tkp ternyata belum dimulai kegiatannya. Alhamdulillah, saya telat tapi tidak telat. Ada dua orang yang tersenyum padaku di pintu masuk ruangan saat saya masih ngos-ngosan menaiki tangga tadi. Kuterka salah satunya si Mbak berkerudung itulah Mbak Nanie dan tebakanku benar. Yippi..

itu Kak Ros, yang jilbab biru
Saat memasuki ruangan mataku celingak-celinguk mencari sosok berjilbab. Sempat salah sapa sih, ternyata Kak Ros duduk di depan. Kami bercipika-cipiki dan sempat berbicara basa-basi sedikit dan akhirnya mengalirlah pembicaraan kami tanpa ada rasa canggung. Alhamdulillah. Selang beberapa menit kemudian peserta datang satu persatu dan mataku terpaku pada satu sosok yang familiar dan sepertinya sering kulihat. Baru tersadar ternyata dia Dweedy, si owner Blog Honeysuckle yang wajahnya hanya kuliat di blognya. Dia tidak lain adalah juniorku di sastra Jepang juga. Waah, senang bertemu dengannya. Saya tidak menyangka kalau dia akan hadir juga di workshop ini juga. Kami sempat berbicara panjang lebar saat istirahat makan siang. Sama seperti halnya kak Ros, ternyata berbicara dengannya sangat-sangat-sangat menyenangkan. Aih, sayangnya kami lupa bertukar nomor handphone.

Workshop ini sangat berkesan bagiku (Walaupun di tulisan ini saya tidak mencantumkan detilnya apa-apa yang diajarkan di workshop ini). Selain ilmu-ilmu dari Mbak Nanie dan Om Taqdir Arsyad mengenai bisnis online dan sebagainya. Saya pun bisa bertemu dengan banyak pengusaha bisnis online lain di Makassar. Yang pastinya banyak ilmu yang kudapat dari workshop keren ini walaupun di sesi akhir yang dibawakan oleh Dentaq, sapaan akrab Om Taqdir, saya tidak terlalu fokus karena sakit kepala dan rasa dingin yang tidak tertahankan. Maaf kalo saya menjadi sangat tidak sopan saat itu karena tidak mengikuti instruksi-instruksi dari Dentaq. 

Kesanku hari itu; Seru, Manis, Asem, Asin. 
Karena kali pertama memasuki gedung yang belum jadi dan menggunakan fasilitas-fasilitas yang baru.
Kopdar pertama dengan Crafter Makassar. 
Mendapat website gratis untuk bisnis onlineku. Horeee. 
Mendapat rasa sakit kepala dan dinginnnn sangat. (diriku tidak bisa lama-lama di tempat ber-ac)

http://www.smileycodes.info

Terima kasih untuk Ekbess Wulandari yang menyarankanku untuk ikut workshop ini. Terima kasih pula untuk angingmammiri.org sebagai pihak penyelenggara. Arigatou Gozaimasu.
Kunjungi pula website baru Airin Handicrabby di www.airinhandicrabby.web.id


Promosi dikit tidak apa-apa kan? Panjang juga postingan ini, akhirnya selesai juga kan hehehe.

Hima Rain

2 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) ;)) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!
  1. waaaa.. asyikkk.... XD
    bakal ada lagi ga hima?
    pengen ikut workshop2 ma ketemu crafter, di mari agenda kek gitu jarang banget -,-
    Januari ada rencana ke makassar neh :3
    kopdaran yuk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoooookkkk..... nanti kukirim nomorku ke kak u yaa

      Hapus

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D