TUTORIAL

Jumat, 28 Desember 2012

My Cats and Habit


Bismillah.

Kucing memiliki kebiasaan-kebiasaan yang perlu kita ketahui. Tulisan ini bukan dari penelitian seorang ahli dalam bidang hewan tapi lebih tulisan seorang yang telah hidup bertahun-tahun dengan kucing.

Berikut kebiasaan-kebiasaan kucing yang kutahu:
1. Tidur dengan dua gaya, tidur dengan gaya asal saat hari sedang panas. Kucing akan membuka lebar badannya dan dengan santai. Tetapi saat udara dingin kucing akan tidur dengan tubuh yang melingkar dan menyembunyikan ekor di dalam lipatan tubuhnya. Yah kurang lebih seperti manusia.

2. Saat bangun tidur, kucing biasanya mencari tempat untuk buang air. Bukakan pintu segera untuknya. Hal ini mesti diketahui agar saat kucing kebelet dia tidak sembarangan buang air. Makanya kita harus lebih duluan bangun daripada kucing. Kucing biasanya akan gelisah dan lari-lari tidak keruan kalau sedang ingin buang air. Segera lakukan penyelamatan.

3. Mencakar-cakar benda. Kucing akan mencakar benda yang menurutnya bisa dicakar. Kebanyakan kucing akan mencari kayu ataupun benda-benda yang sedikit keras. Si kucing sedang mengasah kukunya. Sebisa mungkin kalau kamu punya sofa ataupun mebel mahal di rumah mending jauhin deh dari kucing kamu. Tapi kucingku juga sering mencakar kertas koran atau mencakar novelku kalau sedang saya baca. Kalau itu sih biasanya dia cari perhatian untuk main-main.

4. Mengeong sambil mendekatkan kepalanya ke arah kita itu tandanya dia mau makan. Biasanya kalau tidak kuladeni dia akan menggigit kakiku. Dasar. Kalau kucingku ingin minum dia akan duduk di kamar mandi sampai datang orang mengambilkan air untuknya. Pintar kan!

5. Menjilati tubuhnya. Kucing adalah makhluk pembersih, sering sekali membersihakn tubuhnya terkecuali saat sakit. Biasanya saat sesudah kupegang si kucing dia akan langsung menjilati tubuhnya. Menurut postingan yang pernah kubaca sih katanya si kucing menjilat tubuhnya setelah dipegang manusia untuk menghilangkan bau manusia tersebut. Entahlah saya juga tidak mengerti mengapa begitu.

6. Kucing sangat suka benda berbentuk bulat atau pipih dan benda-benda bergerak. Kalau mau bermain dengan kucing minimal siapkan bola bekel deh.

7. Jika kucing sakit, nah ini perlu perhatian ekstra. Karena penyakitnya susah diketahui. Saat si kucing meler-meler kagak jelas dan mengeluarkan keringat yang banyak, kamu harus selalu memberinya minum. Jika tidak mau minum harus paksakan air masuk ke mulutnya. Dan jangan lupa untuk memberikannya makanan yang telah dihancurkan terlebih dahulu kemudian dicampur air agar dia langsung menelannya. 

Minumkan pula obat antibiotik semacam asam mefenamat dan amoxicillin kira-kira seperdua belas dari bentuk obat. Minumkan dengan paksa karena saya yakin kucing gak mau minum obat. Jauhkan dari jangkauan kucing lainnya.

8. Satu teknik jika kamu ingin disukai kucing, kamu pegang bagian puncak kepalanya dan kemudian elus telinganya. Atau kamu gelitikin saja leher si kucing. Tapi biasanya kucing akan langsung jinak kalo kamu pegang belakang telinganya. Jangan sekali-kali pegang perut kucing jika baru pertama bertemu bisa saja kucingnya galak dan mencakar kamu. Kasian kan. 

Nah, itu beberapa kebiasaan kucing yang bisa kusimpulkan. Mau share tentang kucing kalian?! Yuk.. mari share di komentar di bawah.


Hima Rain

7 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) ;)) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!
  1. kucing dulu biasanya datang sok manja ketika butuh kehangatan... #hallagh bahasa lu chi =))

    saolnya kucingku rada ngeselin, pas ujan apa udah malem gitu sok2 manja ngelingker deket2... eh pas udah cuaca panas, dia di elus2 aja cuek langsung ninggalin. huh... #sebenernyagemes =))

    klo yg buat ngilangin bau manusia itu jg pernah baca, makanya klo sama kucingku kadang sengaja ku bikin kesel meluk2 erat biar bau 'manusia'ku susah ilangnya, bodo amat klo mukanya si mpus udah ngelengos gitu abis kupeluk =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaiks haha iya dih itu kucing klo adapi maunya baru dekat2ki kalo tidak endede 8-|

      Hapus
  2. dan ntahlah.. kenapa banyak kucing liar yang kesasar, trus menetap di rumah mbahku.. :haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. si kucingnya cium aroma ikan kali.. kayak di rumahku banyak kucing liar singgah karena mamaku jualan makanan jadi termasuk ikan.

      Hapus
  3. saya punya 5 ekor kucing dirumah

    2 besar, 3 masih balita.. :D

    paling nyaman kalo punya kucing, selain tidak ada tikus, pulang kerja paling enak ganggu kucing yang lagi mimik.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha pasti gangguin kucing kecil itu kan. wah hebat ya bisa merawat kucing balita.

      Hapus
  4. sy jg pnya kucing d rumah tp entah bgmn kbrnya skrng...heheh
    tp ad kucing 3 ekor dkosku kak...sombongnya minta ampun,,,nda mw ki dpgang. tkut ki sm manusia.

    BalasHapus

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D