TUTORIAL

Sabtu, 20 Oktober 2012

Be Honest

Bismillah...

Belajar.. belajar.. belajar. Everyday we have to learn something. Apapun itu, belajarlah dari segala apa yang kamu lihat, apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu peroleh. Hari ini saya belajar bahwa menjadi munafik dan berbohong itu sungguh sangat merugikan dan membuat perasaan menjadi sangat tidak enak.

Dari Nawwas bin Sam'an radhiyallahu anhu beliau berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam tentang perbuatan kebaikan dan perbuatan dosa maka beliau bersabda: "Kebaikan (al birru) adalah akhlak yang terpuji sedangkan dosa adalah apa-apa yang menyesakkan dadamu, dan engkau tidak senang jika kelakuanmu itu diketahui oleh manusia." (HR. Muslim)

Dan manakala saya berbohong, maka hari itu saya diliputi perasaan tidak enak dan betul-betul menyesakkan dada seharian itu. Memang saat kita manusia melakukan dosa, kita akan mudah mendeteksinya karena pada saat itu pula hidupmu berasa sangat tidak tenang. Implikasinya berarah pada mood dan pikiran-pikiran yang kemudian menjadi negatif dan negatif. Wah, suudzon begitu cepat datang kala kita melakukan dosa bahkan  keburukan pun akan saling panggil memanggil setelahnya. 

Terkadang pula sekali kita berbohong akan ada lagi kebohongan-kebohongan lain yang bermunculan tanpa disadari terucap dari mulut. Bahkan isi kepala ini akan lebih keras berpikir dan berpikir apalagi yang harus dipikirkan 'tuk menutupi kebohongan-kebohongan ini. Dan alhasil kita akan terjatuh ke pikiran tertekan atau istilah kerennya stress. Berbohong bisa bikin sakit lo. 

Maka dari itu, kejujuran semestinya disanjung tinggi-tinggi dan diletakkan di tempat hati yang paling tinggi. Semua yang berdasar pada kejujuran akan mendatangkan kebaikan dan keuntungan yang besar. Hal unggul yang muncul dari kejujuran adalah hidup kita lebih sehat dan jauh dari pikiran stress, senyum pun tampak lebih murni dari hati. Semoga ini menjadi nasehat besar pada diriku hari ini. Be Honest, would be Happier. 

Hima Rain

13 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) ;)) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!
  1. jujur ya?
    susah.... tapi tetep harus berusaha ^^

    BalasHapus
  2. Jujur itu tdk berbohong..tp jika tidak menceritakan sebuah aib kan malah dianjurkan tho?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi rasulullah mengajarkan untuk tidak berbohong dalam keadaan apapun.

      Hapus
  3. jujur..itu modal supaya orang lain percaya pada kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak monda. mulai saat ini gak mo bohong lagi. gak enak

      Hapus
  4. Hihi aku juga lagi berusaha untuk jujur nih mbak...~ lalalala

    BalasHapus
  5. ehm.. liat sikon juga sih... :D ^^ :eh

    BalasHapus
  6. "dosa adalah apa-apa yang menyesakkan dadamu, dan engkau tidak senang jika kelakuanmu itu diketahui oleh manusia" biasa lupa dengan ini.

    Makasih diingatkan ya

    Oya, insya Allah ada acaraku besok dengan teman2 IIDN (Jumat pukul 14-17) di gedung SME Telkom di samping bank Muamalat Ratulangi. Bisa ki' datang? Acara sharing ttg creative blogging

    BalasHapus

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D