TUTORIAL

Kamis, 25 Oktober 2012

Denka San #Masih tentang Skripsi

Bismillah...

Tanggal 25 Agustus 2012, sepekan setelah lebaran merupakan tanggal deadline pengerjaan revisi skripsiku. Sebelum lebaran ibu kajur alias ketua jurusan memberi kami pesan untuk menyelesaikan semua urusan revisi dan tinggal mengumpulkan skripsi yang sudah dijilid dengan rapi tanggal 27 Agustus tepat pada hari pertama kuliah dimulai kembali. Otomatis saya sedikit kelimpungan mengingat beberapa hari sebelumnya saya masih bersantai menikmati libur lebaran. Revisi skripsiku baru 50 persen dari semua poin yang harus diperbaiki. Malam itu saya lembur di depan laptop sambil bermain ameba pico

Poin terakhir dari perbaikan pembimbing kira-kira kelar pukul 11 lewat. Lega sih tapi belum bisa bersenang hati dulu, masih ada abstrak bahasa jepang yang belum sama sekali kukerjakan. Abstrak berbahasa Indonesia sebelumnya sudah kukerjakan, begitupula dengan versi bahasa Inggrisnya. Bahasa Jepangku yang payah membuatku menyelesaikan abstrak itu kira-kira sejam lamanya. 

Ameba pico ku masih menyala, kala itu saya menyusup di sana bukan untuk bermain. Sengaja saya log in dan kemudian langsung mengklik 'Japanese Park' dan berinteraksi dengan player-player orang jepang ameba pico demi skripsi tercintahh. 

Abstrakku sudah kelar, namun yang menjadi kendala apakah yang kususun itu benar-benar sudah tepat. Oleh karena itu saya harus mencari salah seorang pemain ameba Jepang untuk kutanyai kebenaran abstrakku itu. Setidaknya pengoreksian dari sisi grammar. Terkadang kami pembelajar bahasa Jepang masih sering mengalami kesalahan grammar dan kosa kata soalnya kami bukan penutur asli. Kira-kira 15 menit berlalu tidak juga kutemukan orang yang bersedia membantuku apalagi saat itu modemku terus saja disconnect tiada henti setiap berapa menit sekali. Sedihnya. Rata-rata orang Jepang tidak ingin diganggu sehingga sulit menemukan mereka yang benar-benar bersedia. 

Saat itu untung saja ada Ninis yang juga log in di ameba pico. Dia pun membantuku mencari orang yang sedang lowong dan sedang tidak ada kesibukan. Ninis menemukan satu orang yang cukup baik. Nick namenya itu denka, awalnya kuliat data personilnya itu berumur 76 tahun sehingga tidak kusapa dan kutanyai langsung eh ternyata umur aslinya 20 tahun. Alhamdulillah ninis pintar deh. Kami menemui orang itu dan kemudian sedikit berkenalan dan bercakap-cakap. Denka san saat ini kuliah di salah satu universitas di Jepang jurusan Hukum. Bahasa Inggrisnya pun lumayan bagus sehingga saya tidak terlalu kesulitan dalam berkomunikasi dengannya. 



Kami bertukaran email dan kukirimkan file abstrakku ke emailnya. Sekitar dua jam dia membantuku mengoreksinya. Katanya dia sedikit kerepotan dengan abstrakku, banyak yang tidak dia mengerti dari kalimat-kalimat yang kususun. Dengan baik hati dia mengganti yang salah kemudian memberitahu di mana letak kesalahanku. Dia bilang saya kebingungan dan sulit membedakan partikel-partikel dalam bahasa Jepang. Hehehe benar banget tuh, saya memang bingung membedakan partikel wo, ga, de, ni, dan wa itu. 

Walaupun usianya terpaut lebih muda dariku tapi dari cara bicaranya cukup dewasa dan pintar. Baik hati pula. Terima kasih Denka san, hingga pukul 1 dia menemaniku mengerjakan abstrak tersebut. Padahal di Jepang itu sudah pukul 2 lo. Jarang ketemu orang sebaik itu di dunia maya. ありがとうございます。



Hima Rain

8 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) ;)) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!
  1. aku doain semoga lancar ya sob..
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehe alhamdulillah skripsinya sudah kelar dari sebulan lalu.

      Hapus
  2. Bahasa Jepang? #pengsan...
    Jadi ingat dulu sempat belajar Jepang, sayang banget berhenti setelah beberapa kali meeteng. Maklum, gratis :D
    Semoga skripsinya lancar yaa :)

    BalasHapus
  3. SEMANGAT KAKAK!
    Mudah-mudahan dapet A ya :)

    BalasHapus
  4. Hihihi aku juga punya foto kayak gitu yang ada tulisan nama lengkapku lohhh *eh
    Ganteng gak mbak si Denka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh. saya gak pernah liat langsung muka si denka, penasaran juga sih

      Hapus

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D