TUTORIAL

Senin, 23 Juli 2012

Kue Cubit ala Hima

Bismillah...

Hari pertama puasaku adalah sabtu dan kebetulan kalau hari sabtu pasti banyak tuh berseliweran tayangan masak-masakan di tivi dan salah satunya tayangan masak ala chef farahqueen. Resep-resep orang ini selalu mudah dilihat. Pas edisi sabtu kemarin resep yang ditayangkan itu Kue Cubit dan Nasi Briyani. Saya tertarik dengan kue cubit-cubit itu. Soalnya namanya Cubit. Kue kok dicubit. Yo wes, saya nonton sambil pegang pulpen tuh. Segera menulis step membuat kue cubit ini. Kalo ada yang mo buat untuk berbuka nanti yuk cek resep berikut.

Resep Kue Cubit
Bahan
300 gr Tepung terigu
150 gr Gula pasir
2 sdt Baking powder
1/4 sdt Vanila
Sedikit garam
4 butir telur
500 cc susu cair
4 sdm margarin atau mentega leleh

Cara membuat
Campur 300 gr tepung terigu dengan 150 gr gula pasir dan 2 sdt baking powder. Aduk dan kemudian tambahkan 1/4 sdt vanila dan sedikit garam kemudian aduk kembali.

Tambahkan 4 butir telur dan 500 cc susu cair ke dalam campuran tepung tadi dan aduk hingga merata. Kemudian tambahkan 4 sdm margarin dan aduk merata kembali.

Siapkan loyang bulat-bulat yang biasa untuk menggoreng takoyaki. Seperti ini bentuknya

capture from  alatmasakmodern.com
Panaskan loyang dan beri sedikit minyak. 
Tuangkan adonan tadi kira-kira 2 sendok makan ke loyang dan beri topping sesuai selera dan jika loyang semuanya full maka segera tutup dan tunggu hingga 5 menit. Ingat gunakan api kecil.

Jika sudah matang matikan api dan segera sajikan di piring. Kamu bisa menyajikannya dengan vanilla sauce ala Chef Farah berikut.

Vanilla Sauce
Bahan
500 cc susu cair
75 cc susu kental manis
75 gr gula pasir
2 sdm maizena
1 kuning telur
sedikit vanila

Cara Membuat
Panaskan 500 cc susu cair, tambahkan 75 cc susu kental manis dan 75 gr gula pasir. Didihkan.
Larutkan maizena dengan sedikit susu cair dan masukkan vanila.
Siapkan wadah dan masukkan 1 kuning telur ke dalam wadah kemudian campurkan dengan didihan susu cair tadi dan aduk terus hingga tercampur rata. 
Panaskan kembali campuran telur dan susu tadi dan masukkan larutan maizena dan aduk hingga mengental.
Sajikan dengan kue cubit tadi.

Itu resep yang kucatat sabtu kemarin. Karena penasaran saya coba buat juga deh versiku sendiri. Saya buat setengah adonan saja dari resep takutnya gagal nanti. Vanilla kuganti dengan sirup jeruk abc dan toppingnya saya beli meses di toko tetangga. Hehehe. Kemudian saya cek loyang, ternyata loyang punya mamaku itu untuk buat pancake jadinya kue cubit buatanku lebar-lebar. Hari pertama dan kedua saya buat kue ini karena hari pertama berhasil jadinya 2 hari berturut-turut deh. 

saya kok liatnya ini pancake ya..
Itu tuh hasil buatan hari kedua. Gosong-gosong bawahnya soalnya tidak kujaga sih. Hum, saya tanyakan kue ini ke Una dan dia bilangnya sih kue cubit beda sama pancake. Tapi kok saya rasa seperti pancake. Kakakku bilang ini martabak manis. Aduh yang mana sih benarnya. Ato saya yang salah buat. Hahaha, entahlah. Eh, kawan-kawan di makassar ada yang tau gak apa versi nama lain dari kue cubit? Ato kue cubit cuma ada di jawa? Hummm..... 

Hima Rain

12 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) ;)) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!
  1. Hihi bukan loyang buat takoyaki tauuu :P
    Beda bentuknyaaa...
    Hahaha pancake sama kue cubit mah adonannya sama-sama aja, tapi bentuknya doang yang beda~ bagi donggg sini kirim ke Jakartaa, udah ada alamatku kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha asal-asala dong saya. kan mirip sama-sama teppannyaki
      yaaaah pancake.kirain beda. ah unaaa

      Hapus
  2. waaa keliatan nya enak tuh mau dongs ... !! xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha bikin mbak. sudah ada resepnya tuh

      Hapus
  3. mau dong cubitnya, hihihiy, kue cubit maksudnya ya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini kucubit. eh kue cubit maksudnya ;P

      Hapus
  4. sy tinggal n lhr d p. jawa tp bru tau kue cubit (pas nonton ala chef) gatau apa kurang gaul gt heu
    tp biasa'y sih di bilang'y kue terang bulan
    eh beda ga y ?_?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kayak terang bulan ya mbak. eh mbak nonton juga ternyata

      Hapus
  5. saya baru tahu nama cake kue cubit...hihihihi gak gaul dengan aneka cake

    BalasHapus
  6. wahh hima keren, udah langsung coba, apapun bentuk dan rasanya kalo chefnya bilang itu kue cubit ya kue cubit ala hima brarti hihihi.. aku juga udah catat, tapi belum nyoba hihii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tuh..itu kue cubit ala hima hihi.. ayo coba mbak Nop.

      Hapus

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D