TUTORIAL

Selasa, 20 Desember 2011

Ayo Ngeblog: Dan Jadilah Dirimu!

Kira-kira setahun sudah saya pulang-balik blogger.com. Terima kasih untuk blogger yang telah menyediakan tempat menyalurkan unek-unek dan tempat pameran *hehe kebiasaaan pamer-pamer karya di sini. Blog bukan hanya blogspot kok, masih ada beberapa tempat lain yang menyediakan wadah untuk menulis selain di sini. Ada wordpress, multiply, blog friendster dan tempat ngeblog lain yang tidak kuketahui urlnya. Saya sendiri memilih blogspot karena selain mudah settingannya, di blogspot juga ada kotak follower yang memudahkan diriku mencari teman. 

"Apa bagusnya ngeblog?"
Beberapa dari teman yang kuajak membuat blog akan menjawab seperti ini. Ini adalah tahun di mana jejaring sosial sedang booming-boomingnya. Dan hal itu juga yang membuat rata-rata teman-temanku lebih cenderung untuk berseluncur di sana ketimbang via blog. Namun ada juga segelintir kawan-kawan di luar sana yang kukenal telah mempunyai blog yang sungguh bagus dan keren. 

Di paragraph di bawah ini akan kuceritakan tentang keinginan awalku membuat blog. Kalian tau kawan? Awal pembuatan blog ini terinspirasi darimana? 

..................*nunggu jawaban
.......... tak ada reaksi??? 

yah sudahlah saya jawab sendiri.  

Tahun 2007 saya mulai intens bersentuhan dengan internet. Sebelum masa tersebut yang kutahu dari internet itu cuma yahoo mail lho. *Maaf saya gaptek waktu SMA. Awal keababilanku terhadap internet dimulai dari berselancar di yahoo messenger, mirc dan friendster. Sungguh masa-masa abg. Oke lanjut,  Kapan saya ngeblog?

Mau reka ulang dan sedikit bernostalgia dulu.
Saya mulai mengenal blog beberapa bulan setelah saya keluar dari Kafe Baca Bibilioholic. Saya pernah menjadi salah satu volunteer di Kafe Baca ini, salah satu kafe baca yang berisi banyak sekali teman-teman yang luar biasa. Saya mengenal sosok-sosok penulis mulai dari tempat ini. Hanya beberapa bulan saya menjadi volunteer di sana bersama Ekbess dan Diah. Banyak hal menarik di tempat itu.Wah, tempat yang tidak mungkin kulupakan.. Saya pun baru tahu pengertian blog saat berada di sini, maklum saya masih primitif. Insting penasaran pun mulai merasuki diriku. Kucoba-coba membuka akun di multiply. Akun saya di sana masih ada sampai sekarang, baru saja kubuka beberapa detik yang lalu.

Nah, readers kalian pernah baca Komik "I am Here"? Inilah komik yang menginspirasi diriku untuk intens di blog. Saya senang sekali dengan komik ini. Si tokoh utama yang membuat blog membuatku berkeinginan membuat blog lagi setelah gagal di multiply tahun 2008. *kurang ngerti settingannya. Hima-Rain saat ini bisa ada di hadapan kalian menyuguhkan postingan-postingan di blog hingga detik ini karena itu juga. Komik ini pun menjadi awal ketertarikanku terhadap Bunga Matahari.

Blog ini dulunya bernama Himawari Chu. Himawari artinya Bunga Matahari. Tetapi beberapa bulan selanjutnya saya putuskan untuk mengubah nama blog beserta URLnya. Ternyata pembaca komik "I am Here" banyak sekali sehingga banyak akun Himawari-himawari lain yang bertebaran di blog. Karena tak ingin sama dengan orang lain kuputuskan mengubah blog ini menjadi Hima Rain. Saya suka berbeda, sesuai dengan kutipan favoritku "What Make You Different Make You Special". 

Kutipan di atas mengajarkanku untuk selalu berbeda dari orang lain. Begitupun ngeblog. Saya ngeblog karena saya ingin berbeda dari orang lain di sekitarku. Orang-orang di sekitarku (red: teman kampus) lebih senang menghabiskan waktunya di Jejaring sosial. Dulu akupun begitu, tapi sekarang saya lebih menikmati untuk terus ngeblog. Saya intens ngeblog akhir tahun 2010. Walaupun saat itu teman-teman blogger saya masih belum terlalu banyak daripada sekarang. Tapi entah bisikan darimana saya selalu ingin membuat blog ini ramai dikunjungi orang, makanya saya selalu ingin membuat postingan bermanfaat buat para readers di luar sana. 

Postingan awalku menceritakan masa-masa kknku di Museum La Galigo, tentang pengalaman-pengalaman konyol bersama teman kuliahku ataupun tentang artikel-artikel copas dari situs-situs resmi. Awal ngeblog memang biasanya kurang semangat apalagi kalo newbie, saat itu pun saya terkadang merasa kecewa karena tak ada satupun komentar melayang di postinganku. Namun karena saya terus saja posting dan posting akhirnya ada juga yang ingin berteman dengan Hima-Rain. http://www.smileycodes.info Sejak saat itu saya jadi rajin blogwalking. Saya pun tahu mencari teman di blog bukan dengan cara menunggu tapi dengan mencari dan berani untuk say hi ke empunya blog. Dan tahun ini saya aktif di dunia handicraft oleh karena itu hal-hal berbau handicraft sedikit mempengaruhi postingan-postinganku tahun ini. 

Dulu saya meletakkan nama asli di info blog, tapi sekarang saya sengaja menyembunyikan nama asliku dan meletakkan nama penaku, Hima-Rain. Hima: nama kecil Himawari, Rain: keterobsesianku terhadap hujan. Menurutku menulis tanpa menunjukkan identitas itu menyenangkan. Walaupun ada beberapa orang yang tahu saya sebenarnya sih. Hehehe. Tidak apa-apa kan berbeda?? Walaupun tanpa nama asli, teman-teman lain tetap menghargaiku di dunia maya ini http://www.smileycodes.info.

Selain tentang isi postingan, saya pun suka mengutak-atik desain blog ini. Dulu saya sering gonta-ganti template hingga salah seorang teman sering komentar, "kok ganti mulu" hehehe. Namanya juga bosan. Tapi sekarang saya cukup puas dengan desain ini. Blog Hima-Rain yang ungu. Sekali lagi ciri khas, "what make you different make you special".

Tidak apa-apa kan berbeda?!! Ayo ngeblog dan be yourself ya!

http://www.smileycodes.info Salam

Hima-Rain

*Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Ayo Ngeblog: Saya Ngeblog, Kamu…??!! pada blog duniamuam 

19 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) ;)) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!
  1. Ooo...
    Sukses ya mbak kontesnya :D

    BalasHapus
  2. sukses ya ngontesnya !
    salam kenal dan salam persahabatan....!

    BalasHapus
  3. suksess yaaa buat kontesnya :)

    BalasHapus
  4. saya udah gak sempet buat utak atik template, yang penting isinya dulu lah. memang ya lebih baek jadi blogger apa adanya, jadi blogger diri sendiri, saya ogah ngeblog ikut2an narsisme seleblog atau blogger2 alay.

    BalasHapus
  5. to bensdoing: terima kasih dan salam persahabatan juga :)

    Normasari n Aisyah: arigatou gozaimashita :D :D

    Rusydi: iya, menjadi blogger apa adanya dan ada apanya :D :D blogger2 narsis atau alay itu yang seperti apa? aduh bukan saya kan?? :')

    BalasHapus
  6. ohhhh Himawari artinya Bunga Matahari.

    BalasHapus
  7. sukses ngontesnya ^^....
    salam kenal yah mb'...
    emang asyik kalau pakai nama pena :-)

    BalasHapus
  8. @Baha: iya baru tau yaa... :D terima kasih kunjungnnya :)
    @jiah: makasih dukungannya... hihihi.. betul saya lebih nyaman pake nama pena.. aduh berasa secret2 gimana gtu..

    BalasHapus
  9. ayo nge'blog...#saya belum bisa ikutan GAnya (sapa yg nanya ya?#

    BalasHapus
  10. ah, mba riri..sini aku yang tanya mbak.. mba ikut juga yuk..hehehe *itu nanya apa ngajak ya :))

    BalasHapus
  11. wah..panjang juga pengalaman bloggingnya yah..hehehehe...
    tetap semangat dan konsisten yah...
    postingan ini kami daftarkan sebagai peserta..
    terima kasih atas partisipasinya....

    BalasHapus
  12. sama-sama mas muammar..senang bisa ikut kontes ini. banyak teman2 n tulisan2 yang diposting bagus2..hehe..pengalaman blogging yang beragam. jadi pulang balik ke blognya hehe. happy blogging

    BalasHapus
  13. Sip, kisah ngeblognya sangat rinci. Sayapun dulu sering ganti nama blog, tetapi sekarang sudah mantep BlogCamp singkatan dari Blog campursari karena isinya memang campur.

    Semoga berjaya bersama saya.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  14. Dengan berbagai manfaat positif dari kegiatan blogging, semakin mantap saya menjadikan blogging sebagai kegiatan utama di dunia maya.

    Semoga kita sama-sama menang di kontes ini.

    BalasHapus
  15. Pakde Cholik, wah pakde singgah kemari..selamat datang pak. isi blog pakde beragam dan pastinya bermanfaat...salam juga dari makassar.

    Abi: iya, blogging membuat kita belajar, yang dulunya saya susah sekali mengungkapkan kata-kata pake tulisan sekarang lancar banget karena sudah kebiasaan.. ngeblog itu positif...Amin..mudah-mudahan kita bisa sama2 menang di kontes menarik ini

    BalasHapus

Jangan jadi Anonymous ya, susah nyebutnya. Ketik namamu and i'll be glad :D